Cara memilih judul blog yang baik

Setelah bulan Maret lalu saya menuliskan panduan bikin blog, kali ini saya menuliskan lebih detil tentang cara memilih judul blog yang baik dan alamat blog blogspot yang tepat.

cara memilih judul blog yang baik untuk bisnis online

Alamat (URL) blog dan judul blog yang saya maksudkan adalah judul dan alamat untuk halaman beranda blog blogspot anda. Ini bukan tentang memilih judul dan URL posting.

Pemilihan URL dan judul blog yang tepat mempengaruhi tampilan blog anda di google dan dapat membentuk semacam image yang baik terhadap usaha bisnis online anda.

Berikut ini cara memilih judul blog yang baik dan alamat blog blogspot yang tepat

Pilih alamat blog (URL) yang menggambarkan jenis usaha anda

Kalau blog anda adalah showroom jualan baju, anda sebaiknya pilih kata yang memuat kata “baju” sebagai alamat blog (URL). Anda bisa pilih misalnya: “bajuberkualitas.blogspot.com”, “tokobajumurah.blogspot.com”, “bajuterbaik.blogspot.com”, dll.

Tujuannya agar alamat (URL) blog anda lebih mudah diingat oleh pengunjung. Karena itu anda pilih URL yang pendek dan menggambarkan tentang jenis usaha apa yang anda promosikan di blog anda.

Pilih judul blog yang memuat kata yang ada pada alamat blog (URL) anda

Memilih judul untuk blog blogspot disesuaikan dengan tema atau isi blog anda. Hal ini terkait juga dengan alamat blog anda.  Misalnya anda mau jualan baju di blog anda dan alamat(URL) blog anda adalah “tokobajumurah.blogspot.com”, maka anda sebaiknya pilih judul blog yang memuat kata “toko baju murah” misalnya “baju kaos murah mode terbaik, baju pesta murah dan modis”, “Toko baju murah bermutu tinggi,  dll.

Anda dapat membuat judul blog sepanjang mungkin sesuai dengan panjang kolom yang disediakan blogspot.com, namun judul yang pendek lebih baik.

Memilih judul yang tepat juga bertujuan agar blog anda berpeluang tampil di halaman awal google. Karena itu anda perlu memilih alamat blog (URL) dan judul blog yang memuat keyword atau prasa kata kunci yang populer. Tentu saja harus kata kunci terkait bisnis anda.

Misalnya blog anda adalah blog showroom jualan baju Muslim. Anda harus menganalisa kata kunci apa yang paling populer yang memuat kata “baju muslim”. Misalnya prasa kata “baju Muslim” itu sendiri prasa yang populer, dan anda analisa sampai kapan kalimat tersebut populer. Setelah anda mengetahuinya maka kalimat ” baju muslim” anda jadikan judul untuk blog anda dan tambahkan dengan kata lain.

Kenapa harus memilih kata yang populer ?. Memilih alamat blog (URL) dan judul dari kata yang populer berpeluang menjadikan blog mendapatkan banyak kunjungan.  Hal itu terjadi bila blog anda tampil di halaman awal google untuk kalimat populer yang diketik pengunjung.

Memberi judul yang tepat juga akan lebih mempermudah anda memahami tentang apa blog anda. Sehingga nantinya akan membantu anda menentukan apa yang nanti akan anda tulis untuk mengisi blog anda. Ini juga akan membantu anda agar lebih mudah menulis artikel di blog tersebut.

Artikel panduan lengkap terkait dengan blog blogspot bisa Anda baca di artikel cara buat blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *