Cara mengubah video DVD menjadi 3GP

Cara mengubah video dvd menjadi 3GP sama seperti halnya mengubah video format apapun. Anda membutuhkan software konversi yang mudah dicari di internet dan bisa anda download gratis.

Biasanya dalam sebuah keping DVD Disk terdiri dari beberapa file yang masing-masing file saling mendukung. Berbeda dengan vcd yang hanya memiliki satu file video dalam tiap keping vcd.

Dalam artikel tentang cara mengubah video DVD menjadi 3GP ini saya memakai software freemake video converter. Software gratis download ini bisa mengubah beragam format file video menjadi beberapa format video seperti: AVI, MKV, APPLE, Android, DVD, Blue-ray, YouTube, MP4, WMV, SWF, FLV, MPEG, SONY PS, 3GP.

Artikel lainnya tentang Software freemake video converter telah saya terbitkan dengan judul posting “Cara membuat video pendek“.

Umumnya video DVD original yang dijual di pasaran ditulis di atas keping DVD Disk dengan teknik proteksi. Proteksi ini dilakukan dengan maksud agar tidak bisa dicopy ke harddisk komputer. Sehingga tidak bisa diperbanyak oleh pihak lain.  Di internet tersedia banyak software yang bisa digunakan untuk mengcopy video DVD terproteksi ke harddisk. Namun memperbanyak DVD tanpa izin dari pemegang lisensi adalah pekerjaan yang melanggar hukum.

Dalam contoh saya akan mengubah sebuah film video DVD yang ada di DVD Disk menjadi video 3GP.

Cara mengubah video DVD menjadi 3GP

Anda buka software freemake video converter, jika belum punya silahkan klik “unggah freemake video converter“. Masukkan DVD Disk yang hendak anda rubah kedalam DVD ROOM, kemudian klik icon “+dvd”, selanjutnya pilih file video yang hendak anda jadikan video 3gp. Klik “OK”.

cara mengubah video DVD menjadi 3GP

Selanjutnya di layar freemake video converter akan muncul file video dvd yang ada di keping DVD anda tersebut, seperti contoh gambar berikut ini:

cara mengubah video DVD menjadi 3GP

Pilih file video yang hendak anda rubah. Dalam contoh DVD disk saya berisi dua buah file yaitu “title 1” dengan durasi DVD 01:41:15 (hampir 1,5 jam) dan “title 2” dengan durasi 00:01:05. Saya memilih file Video DVD yang memiliki ukuran yang paling kecil, klik “OK”.

Akan tampil gambar seperti berikut ini yang memperlihatkan file video yang hendak anda rubah menjadi video 3gp.

cara mengubah video DVD menjadi video 3GP

Seandainya ukuran video yang anda pilih masih kebesaran, anda bisa potong menjadi bagian-bagian, untuk itu anda klik  gambar gunting yang ada di ujung nama file video DVD tersebut.

Anda juga bisa menggunakan software any video converter untuk membagi sebuah film video panjang menjadi beberapa bagian pendek.Selanjutnya klik ikon “to 3GP” yang terlihat di bagian bawah layar freemake video converter.

Akan tampil layar kecil pengaturan video output. Ukuran yang cocok untuk layar handphone adalah 320×240 pixel. Setting “save to” atau lokasi file hasil perubahan video 3GP di komputer anda. Layar kecil itu juga menunjukkan ukuran file output 3GP anda. (ukuran video output 3GP saya adalah 4MB).

Klik tombol  “convert” dan anda tunggu hingga proses selesai. Proses mengubah format DVD menjadi video 3GP untuk ukuran video 3GP 4 MB membutuhkan waktu 1 menit 13 detik.

Proses mengubah video DVD menjadi video 3GP selesai, silahkan lihat hasilnya. Anda kini memiliki file video 3GP degan gambar yang berkualitas sangat bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *