Mendesain tampilan blog untuk bisnis online agar menarik

mendesain tampilan blog

Mendesain tampilan blog untuk bisnis online tentu saja harus mempertimbangkan banyak faktor dikarenakan blog untuk bisnis online berbeda dengan blog pribadi.

Blog bisnis harus terlihat lebih indah, lebih menarik, lebih berkualitas dibandingkan dengan blog pribadi.

Namun kalau anda bermaksud agar pengunjung merasa nyaman berkunjung ke blog blogspot anda, maka anda harus mempercantik tampilan blog di blogger anda, terlepas dari apakah blog anda blog bisnis atau blog pribadi.

Pertimbangkan dalam mendesain tampilan blog untuk bisnis online

Sebenarnya anda tidak perlu repot mendesain tampilan blog anda, karena anda bisa gunakan template blogspot buatan orang yang banyak tersedia di internet. Sebagian dari template tersebut bisa membuat tampilan blog seperti website. Beruntungnya lagi banyak template bagus tersebut bisa anda download gratis.

Maka apa yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih desain blog adalah berikut ini

1.  Pilih template blog untuk bisnis online yang disesuaikan dengan jenis bisnis anda

Memperindah penampilan blog ditujukan untuk membuat blog menarik pengunjung dan betah berlama-lama di blog anda. Atau agar blog menarik untuk dibaca, sehingga nantinya pengunjung kembali berkunjung ke blog anda.

Anda perlu memiliki tampilan blog yang indah, baik dalam hal jumlah kolom, tampilan header dan footer, jumlah sidebar, warna background entri posting, warna bacgground sidebar, gambar header blog, warna background header blog, dsb. Pokoknya segala hal terkait tampilan blog anda hendaklah template yang cocok untuk blog bisnis online.

Anda bisa memilih template dua kolom, atau lebih baik lagi tiga kolom dan empat kolom disesuaikan dengan jenis blog anda apakah blog anda sekedar menampilkan informasi atau blog anda adalah blog bisnis jualan barang.

Kalau blog anda blog untuk jualan baju misalnya, anda pastilah akan memasang banyak gambar di halaman beranda, tentu template blog dengan banyak kolom akan lebih menarik.  Karena jarang tersedia template blog untuk jualan yang memungkinkan banyak gambar ditampilkan di halaman beranda blog.

Anda perlu melakukan sedikit edit atau penambahan kode pada html blog agar memungkinkan memasang gambar dalam jumlah banyak yang tersusun secara vertikal dan horizontal di home page blog.

Anda bisa menuliskan kode html tertentu untuk menampilkan banyak gambar yang tersusun secara vertikal dan horizontal pada saat menulis artikel posting.

Bacajuga: template blog toko online gratis responsive

2.  Gunakan jenis dan ukuran hurup yang mudah dibaca

Anda harus menggunakan jenis hurup yang mudah dibaca, seperti penggunaan hurup pada koran.  Gunakan warna hurup yang enak dilihat, mudah dibaca, tidak menyilaukan mata, gunakan warna hurup gelap diatas background terang dan gunakan warna hurup terang diatas background gelap.

Anda bisa memilih beragam warna untuk hurup anda disesuaikan dengan background.  Misalnya pada background artikel ini, dimana warna backgroundnya biru dan hurup yang saya gunakan berwarna putih agar lebih mudah dibaca.

Tidak harus terpaku pada warna hurup hitam dan putih anda bisa gunakan warna kuning, merah, biru, hijau, dsb disesuaikan dengan warna background.

3.  Pasang gambar yang indah dan pilih gambar ukuran kecil

Anda sebaiknya memasang gambar pada header blog bisnis anda, gambar apa saja disesuaikan dengan jenis blog bisnis anda.  Bila anda jualan sepatu tentu akan lebih baik anda memasang gambar sepatu. Usahakan membuat variasi tampilan dan tata letak yang menarik pada header blog.

Anda juga bisa memasang gambar pada sidebar. Anda bisa pasang beberapa buah gambar ukuran yang sesuai dengan lebar dan tinggi sidebar. Bisa pula anda jadikan background untuk sidebar.

Dan yang lebih penting jangan hanya memasang gambar yang indah untuk mempercantik tampilan blog. Anda harus memasang gambar dengan ukuran byte sekecil mungkin.  Tujuannya agar gambar yang anda pasang tidak kian menambah berat blog anda sehingga lambat loading.

Anda memang boleh memasang gambar yang terlihat sangat indah. Namun bila gambar indah yang anda pasang mengakibatkan blog anda lambat loading tentu menjadi tidak baik untuk blog bisnis anda. Ada banyak pengunjung yang menggunakan koneksi internet kecepatan lambat. Jadi selain gambar yang indah gambar tersebut harus pula berukuran byte terkecil.

Dalam hal ini anda perlu keterampilan mengelola gambar menggunakan software pengolah gambar seperti photoshop.

4.  Harmonisasi tampilan blog untuk bisnis online

Atur kombinasi penggunaan warna hurup, warna background, ukuran hurup, ukuran gambar, warna gambar, ukuran sidebar, agar satu sama lain terlihat harmonis, serasi dan nampak indah.  Tidak ada salahnya anda mencontoh tampilan blog atau website terkenal.

Demikianlah sedikit saran dalam mendesain tampilan blog dengan memilih template blog untuk bisnis online yang tepat. Semoga dapat membantu anda memilih, mendesain tampilan blog yang indah dan baik untuk bisnis online.

Bila anda ingin membuat blog blogspot untuk jualan atau blog toko online silahkan anda pilih template yang cocok untuk tampilan seperti toko online. Template seperti ini bisa anda temukan di internet dan download gratis.

Artikel panduan membuat blog  dan website yang jauh lebih lengkap bisa Anda baca di sini:

Tinggalkan Balasan