Apa pengaruh link rusak terhadap peringkat hasil pencarian

Apa pengaruh link rusak terhadap peringkat google. Ada dua berita penting yang saya terima bulan Juli ini terkait dengan blogging, satu berita menggembirakan dan satunya lagi mengecewakan.  Berita gembiranya blog bisnis online saya yang lain naik peringkat dari semula pagerank 0 menjadi PR 1.

Sebuah bentuk penghargaan dari google atas jerih payah menerbitkan artikel secara rutin dan memiliki link masuk yang cukup banyak ke blog tersebut, baik link yang saya dapat dari situs yang artikelnya saya komentari, maupun link yang bersumber dari artikel saya yang diterbitkan di blog orang lain.

Sesungguhnya saya tidak tahu diantara link yang saya terima yang mana yang paling bernilai untuk memberikan blog tersebut PR 1.  Saya sebenarnya tidak begitu menggebu-gebu mencari backlink untuk menaikkan PR blog atau untuk meningkatkan ranking hasil pencarian untuk artikel yang saya terbitkan, baik untuk blog ini maupun untuk blog satunya.

Apa pengaruh link rusak terhadap peringkat hasil pencarian google

Adapun berita buruk yang saya terima adalah blog bisnis online ini hilang dari halaman pertama google untuk banyak kata kunci yang selama ini tampil di halaman pertama hasil pencarian google.  Sehingga pengunjungnya menurun sangat drastis dan bahkan nyaris tidak ada kunjungan yang datang dari search engine.

Semula jumlah kunjungan ke blog ini nyaris mengalahkan blog saya yang satunya, yang berusia lebih tua dan memiliki link masuk lebih dari 500 (kata alat ukur Moz), kontras dengan blog ini yang belum punya satupun link masuk.

Kejatuhan peringkat ini merisaukan hati saya dan timbul tanda tanya besar kenapa bisa ?.  Saya cari sendiri jawabannya dan hasilnya saya hanya bisa menebak, karena saya tidak tahu persis bagaimana algoritma google saat ini untuk menentukan peringkat hasil pencarian.

Namun ada beberapa hal yang saya simpulkan sebagai penyebab jatuhnya peringkat search engine blog ini, satu yang paling mungkin adalah: link rusak.

Ada banyak link di blog ini yang ternyata menjadi link yang rusak (broken link).  Jadi bila link tersebut diklik kita akan dibawah ke halaman penjelasan dari blogger bahwa “halaman yang anda tuju tidak ada”.

Penyebab rusaknya link tersebut bermula dari adanya artikel saya yang tampil dihalaman pertama untuk sebuah kata kunci yang sedikit populer dan ketika diklik halaman tersebut hanya menampilkan judul dan tidak sebarispun kalimat, alias kosong ompong, padahal saya tidak pernah membuat artikel yang hanya berupa judul tanpa isi.

Ada banyak dugaan yang timbul dibenak saya.  Hilangnya isi artikel tersebut mungkin dikarenakan terjadinya error di Blogger.com beberapa waktu lalu, atau mungkin ada tangan jahil yang melakukannya ( meskipun kecil kemungkinannya, karena blog ini masih bayi ), atau mungkin google team yang menghapusnya, karena artikel tersebut menyalahi aturan google.  Lalu karena tidak ingin nampak seolah menipu pengunjung artikel tersebut saya hapus.

Celakanya di beberapa artikel lain di blog ini telah saya pasang link menuju artikel yang dihapus tersebut dan link tersebut lupa saya hapus, jadilah ia broken link.  Saya baru menyadarinya setelah peristiwa jatuhnya peringkat blog ini.

Jika saja saya rutin berkunjung ke google webmaster tool atau tool analisa lainnya baik milik google atau milik situs apapun, mungkin saya akan segera mengetahui kondisi pisik blog ini, khususnya kemungkinan adanya link yang rusak atau link yang tidak ditemui oleh robot search engine google ketika melakukan penelusuran.

Itulah akibat dari kelalaian dan keceroboan.  Namun kejadian ini menjadi pelajaran berharga bagi saya dalam urusan teknik SEO google, terutama cara membuat link inernal  yang benar.  Apa boleh buat sekarang saya merasa seperti melakukan SEO untuk blog ini dari nol lagi, sebuah perjuangan yang akan melelahkan.

Semoga blog ini segera kembal pada kondisi semula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *