Cara membangun link untuk berbagai level popularitas blog

cara membangun link blog

Apa yang mempengaruhi cara membangun link blog adalah nilai selebrity dan authority blog anda. Setiap blogger harus mengetahui bahwa strategi membangun link untuk blog mereka tidak sama dengan blog orang lain.

Terkait dengan strategi membangun link, saya sering merujuk pada beberapa situs luar negeri yang sering saya kunjungi, yang saya rasa banyak darinya memiliki kualitas yang sangat baik dalam urusan menerbitkan konten berkualitas.

Kali ini Searchengineland.com (sebagai rujukan) dalam artikelnya menulis tentang apa yang disebut dengan nilai selebriti dan nilai authority yang mempengaruhi strategi dalam membangun link.

Jadi anda membangun link blog dipengaruhi oleh nilai selebrity dan authority blog anda.

Apa yang dimaksud nilai Selebriti

Anda pasti kenal selebriti dalam negeri seperti penyanyi ternama, bintang film pujaan anda atau pemain sepakbola TimNas.  Mereka itulah disebut selebriti dan terkait dengan artikel ini yang dimaksud dengan selebriti adalah bagaimana anda atau brand anda dikenal orang.

Apakah situs anda adalah perwakilan dari brand ternama yang sudah melekat di benak oran, katakanlah perwakilan dari merek ternama semisal Sony, Samsung, Toshiba, dsb.

Terlepas dari apakah situs anda menerbitkan isi yang berkualitas atau tidak, blog anda akan tetap mendapatkan kunjungan karena faktor anda dan brand yang melekat di blog anda sebagai daya tarik.

Nilai Authority.

Ukuran menentukan nilai authority bisa dengan melihat nilai PageRank, DomainRank dari SEOmoz dan banyak alat ukur lainnya.

Kalau anda memasang plugin dari SEOmoz anda pasti akan bisa melihat nilai authority sebuah blog yang anda kunjungi tampil di layar browser mozilla anda.  Atau anda bisa mencari tahu nilai authority sebuah blog berdasarkan PageRank.

Blog dengan nilai authority domain yang tinggi akan lebih mudah menampilkan kontennya di halaman awal google untuk prasa kata kunci populer, tentu saja isi artikel di blog tersebut harus memenuhi kriteria kualitas minimal menurut google.

Terlepas dari apakah anda memiliki nilai selebriti atau situs anda memiliki nilai authority yang baik, kekuatan sebuah blog atau website sangat tercermin dengan seberapa banyak situs lain membuat link menuju blog anda.

Nilai selebrity dan authority adalah apa yang mempengaruhi cara membangun link blog

 

1. Authority tinggi, dan selebriti rendah

 

Blog anda sudah populer dalam tema tertentu, sementara boleh jadi anda bukan orang terkenal di dunia nyata. Itu artinya blog anda yang lebih dikenal orang ketimbang anda yang empunya.

Untuk blog jenis ini anda harus fokus pada menumbuhkan pembaca setia.  Hendaklah anda selalu menerbitkan konten yang menarik. Membuat hubungan dengan situs lain yang memiliki nilai authority tinggi, seperti menyumbang artikel atau tukar menukar promosi produk ebook dsb.

Cara lain yang cukup populer yang biasanya dilakukan blogger adalah dengan tukar menukar link.  Namun tukar menukar link cara lama menjadi tidak lagi berdampak positif sekarang ini, kecuali kalau anda membuat link dalam artikel menuju konten terkait di blog orang lain.

Jadi memasang link di sidebar seperti masa lalu tidak lagi dianjurkan.  Agar link anda yang terpasang di blog orang lain lebih bernilai hendaknya gunakan teks link yang merupakan kata kunci utama anda. Panduan tukar menukar link bisa anda baca artikel ini cara tukar link blog yang baik.

2. Authority tinggi dan selebriti tinggi

Anda orang ternama dibidang tertentu, blog anda berperingkat tinggi di mesin pencari dan tempat mencari jawaban untuk pertanyaan banyak pengunjung. Posisi ini harapan setiap blogger.

Apapun yang ditulis di blog jenis ini berpeluang untuk mendatangkan link masuk. Ini karena faktor anda yang orang ternama, atau faktor situs anda yang bernilai authority tinggi menurut alat ukur online.  Pertahankan blog atau website anda selalu online dan terbitkan artikel secara teratur.

Orang-orang yang suka dengan artikel anda akan dengan senang hati menautkan link menuju blog anda. Mereka membuat link menuju blog anda sebagai rujukan untuk pembaca blog mereka.

3. Authority rendah, selebriti rendah

Ini umumnya sebutan untuk blog usia muda yang dikelola oleh pemula. Karena blog anda masih kecil anda membutuhkan perjuangan panjang untuk mendapatkan authority yang tinggi, apalagi selebriti tinggi.

Jalan terbaik untuk anda dan situs jenis ini adalah selalu menerbitkan artikel original yang berkualitas yang disukai pembaca.  Selanjutnya selalu menjalin hubungan dengan blog lain yang memiliki topik yang sama, atau setidaknya sering-sering memberikan komentar di banyak blog ternama.

4. Authority rendah dan selebriti tinggi

Cara terbaiknya adalah menjadikan keterkenalan anda di dunia nyata sebagai daya tarik mendatangkan pengunjung ke situs anda. Terbitkan konten yang benar-benar dibutuhkan oleh orang, khususnya penggemar anda di dunia nyata.  Memajang halaman facebook di blog anda salah satu solusi terbaik.

Atau misalnya anda seorang penyanyi ternama, anda bisa menerbitkan konten lagu berisi suara asli anda tanpa musik sekalipun, dan buat file suara anda bisa didownload.

Kesimpulannya.

Jenis apakah anda dan blog anda. Jawaban atas pertanyaan tersebut menentukan strategi yang tepat untuk membangun link untuk blog anda.

Tinggalkan Balasan