Kenapa gambar profil google saya tampil di halaman hasil pencarian

Cukup menghibur disaat banyak kata kunci blog informasibisnis.net saya tergelincir dari halaman hasil pencarian google, blog yang sedang anda baca ini nyaris tidak terkena dampak negatif keluarnya algoritma google penguin. Dan malahan hari ini hati saya benar-benar terhibur ketika membuka traffic source search engine di histats.com, lalu mengklik URL yang tampil.

Apa gerangan yang terjadi ?, tidak lain karena untuk pertama kalinya halaman SERP google untuk kata kunci seperti “cara bisnis online”, “cara business online”, “cara untuk online” dan banyak “…cara… online…” lainnya yang menampilkan judul “cara bisnis online” juga menampilkan gambar profil google saya yang keren, dan tidak untuk judul yang lain. Benar-benar menyenangkan setelah lebih dari satu tahun blog ini selalu tampil di halaman pertama untuk kata kunci “cara bisnis online”. Padahal tidak satupun usaha yang saya lakukan dengan sengaja agar gambar saya tampil di halaman google untuk kata kunci blog ini, bahkan blog carabisnisonline.net ini sama sekali tidak memajang gambar saya, tidak juga saya buat satupun link menuju akun google+, seperti yang saya lakukan pada blog satunya informasibisnis.net yang sengaja saya setel agar setiap artikel yang saya tulis yang urlnya tampil di halaman google juga menampilkan gambar profil google saya.

Terima kasih google atas penghargaan yang anda berikan, tapi akan lebih menyenangkan lagi bila saya mendapatkannya untuk kata kunci “bisnis online”, yang hingga hari ini peringkat SERP nya masih tetap menjauh dari halaman pertama.  Terlepas dari apapaun penilaian anda tentang blog ini yang sama sekali tidak populer, karena blog ini PR 0 dan ranking alexanya diatas 500.000 an, gambar profil google saya yang tampil seakan mengukuhkan posisi blog ini untuk kata kunci “cara bisnis online”. Namun sayangnya gambar profil tersebut masih sering timbul tenggelam alias kadang tampil dan seringpula tenggelam. Beda dengan blog informasibisnis.net yang lebih sering tampilnya.

Jadi kenapa bisa demikian ?, jangan tanya saya sebab saya sendiri tidak punya jawabannya.  Kalau saya boleh menebak barangkali karena akun Google+ saya memuat URL blog ini, begitupula dengan blog tokofashiononline.net saya yang juga menampilkan gambar profil google saya, yang juga URL blog tersebut saya muat di akun google+ saya, hanya bedanya blog tokofashiononline.net juga memiliki halaman “about me” yang memuat link menuju akun google+.

Jadi anda yang belum punya akun google+ sebaiknya segera buat, barangkali karena google berusaha menjadikan google+ sebagai sebuah situs jalinan pertemanan yang target jangka panjangnya adalah menjadikan pesaing Facebook, maka apapun yang terkait dan dikaitkan dengan google+  menjadi prioritas google.

Kalau anda punya analisa lain sebab tampilnya gambar profile di halaman google untuk hanya satu kata kunci blog ini silahkan sharing dikomentar anda.

Tinggalkan Balasan