Cara membangun brand online agar dikenal orang banyak

cara membangun brand online
Setiap pebisnis perlu tahu cara membangun brand online agar nama atau brand image produk mereka terbentuk. Kemudian dikenal lebih luas dengan cepat. Brand awareness atau tertanam sebuah asosiasi produk kita sebagai sebuah brand merupakan hal yang penting.

Keberadaan di media sosial dan cerita positif tentang brand memberikan pebisnis kredibilitas sebagai cara menarik klien, rekan dan investor dengan cara menjadikan diri yang mengusung merek kita ada dan selalu muncul sebagai individu yang berpengalaman.

Meskipun membangun brand online bukan pekerjaan yang mudah dan butuh waktu yang relatif lama. Namun dengan mengetahui cara yang tepat seperti terus menerus menerbitkan artikel di media online yang relevan dengan brand dan menanamkan motivasi diri, seiring dengan perjalanan waktu bangunan brand kita akan kian nampak bentuknya. Ada beberapa tool yang tersedia yang bisa membawa kita pada track yang benar.

Beberapa cara membangun brand online dengan metode yang telah terbukti

1. Eksis di Media online

Tampil dan selalu dibicarakan orang di media online adalah cara terbaik yang memberikan keuntungan dalam usaha membangun brand di internet. Ada banyak cara yang dilakukan agar nama kita dibicarakan di internet, meskipun demikian ia butuh waktu dan usaha ekstra. Dan tentu saja harus dikenal dahulu dalam komunitas populer dan terlibat aktif dalam diskusi online.

Bisa juga dikenal secara off line dalam sebuah kegiatan penting yang melibatkan masyarakat penggiat media online itupun cara yang sangat baik dalam usaha agar kita lebih di kenal secara online.

Dalam hal ini punya website atau blog merupakan salah satu langkah membangun brand berupa memberikan alamat online kita. Dengan memiliki alamat online, orang lebih mudah menemukan kita dan layanan kita secara online. Untuk memiliki website silahkan baca artikel cara membuat website.

Blog juga sekaligus sebagai media kita untuk lebih mudah memperkenalkan diri atau brand pribadi melalui mendemonstrasikan kemampuan kita melalui tulisan dan gambar. Jika anda ingin memiliki blog sendiri silahkan baca artikel cara membuat blogspot.

Jika blog dikelola dengan baik ia akan menjadi sarana membangun brand yang sangat efektif. Anda bisa baca artikel cara mengelola blog dengan baik untuk mengetahui bagaimana agar blog anda selalu menjadi sarana efektif membangun brand.

Atau cara lainnya adalah membayar untuk ditulis dalam sebuah artikel di sebuah website atau blog yang memiliki komunitas terbanyak dan terkenal secara online.

2. Miliki situs dengan nama domain ( URL ) yang pendek

Memiliki nama URL (uniform resource locator) atau nama domain yang pendek dan gampang dieja adalah keharusan dalam strategi membangun brand online. Kita sebaiknya memilih nama domain yang bagus, sebaiknya memakai nama kita sendiri atau nama perusahaan kita.

Misalnya bila kita aktif dalam komunitas pergaulan di media sosial seperti facebook dan twitter, kita bisa memasukkan URL kita dalam teks percakapan kita di media sosial tersebut. Misalnya karena nama saya Abdul Majid, maka sebaiknya saya gunakan abdulmajid.com sebagai URL (nama ini tidak bisa saya gunakan karena sudah ada yang mendaftarkannya).

3. Bergabung dalam sebuah forum

Sharing pengetahuan kita di situs Forum adalah juga cara yang baik untuk membangun kredibilitas kita di lingkungan online. Ada banyak situs yang bisa dipilih baik situs dalam bahasa Indonesia maupun situs dalam bahasa Inggris.

Atau barangkali tertarik untuk memiliki akun di website dalam negeri di mana kita bisa menulis artikel di website tersebut. Bila tulisan kita menarik dan bernilai bisa jadi ia akan di rekomendasikan agar lebih banyak orang yang membacanya.

4. Buat Profile

Disamping aktif di pergaulan media sosial dan memiliki website atau blog, sebaiknya juga kita memasang widget atau tombol yang banyak disediakan oleh media sosial ternama semacam widget Facebook fans page, tombol Linkedin, google frofile (follower widget) dll. Tombol dan widget tersebut akan menjadi cara mudah kita menyebarkan informasi melalui internet di media sosial online

5. Tambahkan tanda tangan di footer Email

Buat tanda tangan di email yang kita kirim. Ini berguna bila kita sering berkirim email. Membuat link di email atau tulisan tertentu di footer email yang kita kirim akan memperindah penampilan email kita. Kita juga bisa memperkenalkan bisnis, website atau blog kita kepada orang yang kita kirimi email.

Tanda tangan di sini sama seperti kop surat dan berdampak sebagai iklan billboard mini.

Wisestamp adalah sebuah plugin pilihan yang bisa kita gunakan untuk membuat tanda tangan dengan icon media sosial, rssfeed dsb.

6. Menjadi penulis tamu

Menjadi penulis tamu atau menulis artikel di website atau blog orang lain. Pilih website atau blog yang terkenal dan memiliki komunitas yang banyak yang sesuai dengan bisnis kita. Penuhi persyaratan yang ditetapkan oleh admin situs tersebut. Ini juga cara yang memiliki efek yang sangat bagus terutama bila nantinya tulisan kita banyak dibaca pengunjung dan memperoleh banyak komentar.

Terus menerus monitor artikel tersebut dan settinglah agar setiap komentar yang masuk selalu kita ketahui sehingga akan membuat kita lebih cepat memberikan respon atas setiap komentar yang masuk.

7. Kirim Newsletter

Mengirim newsletter setiap bulan kepada orang yang berlangganan di situs kita atau kepada orang yang menurut kita memiliki ketertarikan tertentu terhadap sebuah informasi, layanan, produk adalah cara yang juga memungkinkan. Mengirimkan newsletter adalah juga apa yang sering dilakukan untuk membangun brand produk.

Tapi seringkali newsletter yang lebih bernada ajakan untuk membeli produk mungkin tidak begitu disukai.  Lebih baik kirim newsletter yang informatif dan itu adalah cara membangun brand image atau awareness produk, bisa pula dengan buat link menuju web atau blog kita. Didalamnya nanti kita bisa menyisipkan iklan produk dan layanan kita.

Beberapa layanan untuk newsletter seperti:
Mailchimp : flatform newsletter yang gratis distribusi hingga 2000 pelanggan.
Tiny letter : flatform newsletter sederhana untuk membuat dan mendistribusikan newsletter.
Aweber: layanan newsletter dengan beberapa pilihan bentuk dan desain newsletter kita.

Demikianlah beberapa cara pebisnis membangun brand online, semoga bermanfaat. Artikel super lengkap yang harus anda baca terkait dengan materi pemasaran di internet, silahkan anda baca dalam artikel tentang pengertian internet marketing dan cara melakukan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *