Algoritma Layout halaman web Top Heavy 2

Beberapa bulan terakhir ini google banyak mengeluarkan algoritma ranking. Kini page layout algorithm atau algoritma layout halaman web, sering disebut Top Heavy 2.  Keluarnya update algoritma tampilan halaman ini diumumkan Matt Cutts di Twitter.

Blog google webmastes central pernah menerbitkan artikel pada bulan 1 2012 yang lalu yang berjudul page layout algorithm improvement.  Tulisannya yang saya terjemahkan lebih kurang begini “Kami telah mendapatkan komplain dari pengguna bahwa jika mereka klik pada URL yang tampil pada halaman hasil pencarian google sulit menemukan konten yang sebenarnya yang mereka inginkan”.

Ketimbang harus menggeser kursor kebawah melewati banyak iklan yang terpajang, mereka lebih suka langsung melihat konten yang mereka inginkan, tanpa harus menggeser kursor kebawah.  Jadi website yang untuk melihat konten artikelnya pengunjung harus menggerakkan kursor kebawah akan terkena dampak algoritma ini”.

Algoritma layout halaman web top heavy 2

Apa itu algoritma layout halaman web top heavy 2

Pada awal Oktober ini keluar kembali (refresh) algoritma tekait dengan tampilan halaman yang sering disebut “Top heavy 2”. Masih sama dengan Top heavy 1, yaitu menurunkan peringkat konten yang banyak iklan pada bagian atas posting.  Desain layout halaman web seperti ini akan memaksa pengunjung menggulirkan roda mouse kebawah untuk melihat judul posting.

Memang tidak menyenangkan kalau harus direpotkan dengan banyaknya taburan iklan di situs. Apalagi kalau iklan diletakkan dibagian atas halaman, dan tak jarang mendominasi sebuah halaman web atau blog.

Lalu bagaimana dengan iklan google adsense miliknya google, bukankah posisi dibagian atas sebuah halaman adalah posisi yang strategis. Sehingga pemilik web bisa menghasilkan uang dari google adsense lebih baik, dan artinya google lebih diuntungkan.  Ini barangkali akan menjadi pengecualian.

Google mengatakan di artikel tersebut bahwa “terlalu banyak iklan”. Jadi kalau satu iklan adsense mungkin tidak menjadi masalah. Entah kalau iklan yang tidak memberikan keuntungan untuk google.

Apa yang sebaiknya dilakukan adalah meniadakan teks iklan atau gambar pada bagian atasi judul posting. Jadi pastikan layout halaman web anda bersih dari iklan pada bagian atasnya.

Saya seringkali berkata dalam artikel yang saya terbitkan bahwa sebenarnya algoritma ranking google itu (sebaiknya) sesuai logika. Sesuai dengan keinginan mayoritas pengunjung bukan pemilik website/blog.  Tapi manakalah ia harus berhadapan dengan kepentingan bisnis sang google semuanya menjadi nomor dua.

Tinggalkan Balasan