Cara membuat judul artikel yang baik sesuai dengan isi

cara membuat judul artikel yang baik
Judul adalah bagian terpenting dari sebuah artikel, ia juga apa yang pertama kali dibaca pengunjung. Yang lebih penting dari semuanya adalah bagaimana cara membuat judul artikel yang baik, bagaimana agar judul artikel sesuai dengan isi.

Artikel yang menarik untuk dibaca biasanya diawali dengan Judul yang menarik. Artikel yang demikian tentu saja akan berpeluang lebih besar dibaca pengunjung. Tetapi walaupun menarik jika judul artikel tidak relevan dengan isi tidak akan memberi nilai yang baik bagi konten artikel secara keseluruhan. Sekaligus tidak memberi manfaat bagi pengunjung.

Kendala yang kebanyakan dihadapi oleh blogger dalam menulis artikel adalah membuat judul sesuai atau relevan dengan isi. Tidak hanya relevan dengan isi,  ia juga harus memuat kata kunci yang kita targetkan.

Menurut saya membuat judul yang sesuai dengan isi atau menulis isi yang sesuai dengan judul keduanya sama sulitnya. Di sini ada dua kebiasaan yang berbeda dalam proses pembuatan artikel yaitu menentukan judul terlebih dahulu baru kemudian menulis isi. Satunya lagi menulis isi terlebih dahulu membuat judul belakangan.

Dua macam kebiasaan tersebut sering kita lakukan.  Kalau menulis artikel di blog dan menargetkan kata kunci tertentu pastilah kita membuat judul terlebih dahulu, setelah itu barulah menulis konten yang diusahakan sebisa mungkin relevan judul. Namun seringkali ide menulis menggebu-gebu dan dipengaruhi pula oleh suasana hati jadilah isi artikel cenderung tidak relevan dengan judul.

Belum lagi jika menulis dikejar deadline, jadilah artikel diterbitkan tanpa terlebih dahulu dikoreksi dengan seksama, hasilnya terbitlah artikel yang tidak dioptimalisasi terlebih dahulu.

Jadi bagaimana cara membuat judul artikel yang baik dan relevan dengan isi

Langkah-langkah berikut ini semoga bisa menjadi masukan:

  1. Buatlah kerangka tulisan dengan berdasarkan pada kata kunci utama.
  2. Letakkan kata kunci variasi pada masing-masing sub judul.
  3. Muat prasa kata kunci yang anda targetkan dalam judul.
  4. Tuliskan kata kunci utama dalam rangkaian kalimat dalam artikel di beberapa alinea.
  5. Jangan terlalu sering menuliskan kalimat yang berisi semua kata dalam judul. Jadi misalnya dalam alinea pertama anda menulis semua kata persis seperti judul artikel anda. Namun di alinea lain anda muat variasi kata kunci yang relevan dengan kata kunci pada judul. Maksudnya jangan terjadi penulisan kalimat yang sama dengan judul secara berulang dan berlebihan.
  6. Buat sub judul yang memuat kata kunci utama yang ada pada judul namun jangan persis sama dengan judul. Misalnya buat sub judul yang hanya memuat dua kata yang merupakan kata kunci dalam judul, sementara di sub judul lainnya berisi satu kata atau dua, tiga kata lainnya yang adal dalam judul.
  7. Pastikan sebanyak mungkin kata kunci variasi dari kata kunci utama ada dalam rangkaian kalimat yang nampak alami.
  8. Terakhir pastikan hanya 1 kata kunci utama yang ditargetkan, lainnya adalah kata kunci variasi.

Demikianlah tips cara membuat judul yang baik yang sesuai isi. Semoga bisa menjadi masukan dalam menulis judul posting pada blog anda.

Artikel lain tentang penulisan artikel yang sebaiknya Anda baca tips menulis artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *