Tips sukses bisnis untuk pemula yang baru mulai usaha

tips sukses bisnis untuk pemula
Umumnya pemula dalam mengawali bisnis selalu disisipi rasa was-was takut gagal atau mungkin terlalu menggebu-gebu membayangkan kesuksesan. Takut gagal itu wajar, optimis itu harus, namun jika berlebihan itu tidak benar. Tips sukses bisnis untuk pemula dalam artikel ini setidaknya bisa membantu pemula memulai menjalankan bisnis mereka.

Kebanyakan pemula mempercayai bahwa yang mereka perlu lakukan saat mengawali bisnis adalah membuat akun twitter, akun facebook untuk bisnis mereka, menulis posting tentang sebuah penawaran khusus, dan menampilkan iklan, brosur dsb.

Dengan hanya menjadikan produk dan layanan kita terlihat tidak menjamin siapapun akan peduli pada brand kita. Orang-orang sudah terlalu banyak dijejali dengan beragam pesan pemasaran setiap hari, yang hal itu tentu saja sulit bagi pemilik bisnis kecil menarik perhatian konsumen dan mendorong mereka untuk membeli.

Dalam rangka agar bisnis kita sukses  menarik konsumen,  strategi dan taktik dalam pemasaran yang kita lakukan hendaklah kreatif, berupa pesan yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen pada situasi dan kondisi yang tepat.

Tips sukses bisnis untuk pemula

Berikut ini beberapa tips atau kiat sukses bisnis pemula yang baru mulai atau hendak memulai bisnis. Tips sukses bisnis untuk pemula ini bisa menjadi masukan untuk anda agar bisnis anda lebih berpeluang sukses. Karena anda baru mulai bisnis, anda butuh banyak masukan dari mereka yang sudah berpengalaman.

1. Menjalin hubungan dengan pebisnis lain

Untuk memperbesar peluang sukses bisnis kita perlu melakukan promosi bersama dengan pembuat produk lain. Misal kita pembuat pakaian, bukankah pakaian pasti dikenakan bersama dengan aksesoris pendukung, misalnya kita perlu melakukan kerjasama dengan produsen sepatu, aksesoris yang dikenakan di tangan, dll.

Kita perlu melakukan kampanye promosi untuk menyebarkan informasi tentang industri kita dan bekerja sama dengan bisnis lain untuk melakukan kerjasama promosi.

2. Ketahui apa yang konsumen kita butuhkan

Kita tidak hanya perlu melakukan sebuah aktifitas bisnis yang monoton dalam berinteraksi degan klien kita misalnya, mungkin ada banyak konsumen atau klien yang membutuhkan rasa lain dalam interaksi dengan kita. Misalnya pendekatan dan perlakuan personal dll.

3. Ambil manfaat dari topik yang sedang populer

Salah satu cara promosi bisnis untuk sukses mempopulerkan bisnis kita adalah dengan mengambil manfaat dari sebuah topik, kasus, kejadian yang sedang populer dibicarakan di masyarakat. Misalnya disaat sebuah layanan dari sebuah produsen lain mengecewakan banyak konsumen, kita tampilkan produk dan layanan kita sebagai sebuah solusi memenuhi kebutuhan konsumen dengan nilai kepuasan lebih.

Atau misalnya saat muncul figure baru yang sedang begitu populer, kita bisa membayarnya untuk menggunakan atau mengenakan produk kita dengan menonjolkan identitas atau brand yang melekat pada produk tersebut. Tanpa memberi kesan ia sebagai bintang iklan produk kita

Ketimbang menjadikan publik figur sebagai bintang iklan di media massa, akan lebih efektif bila sebuah produk terlihat langsung dikenakan oleh sang fublik figur. Sehingga terkesan sang figur menggunakan produk kita bukan karena dibayar melainkan secara alami mereka adalah konsumen produk kita (iklan terselubung).

4. Terbitkan sebuah video

Sebuah video yang akhirnya populer akan memberi dampak yang besar untuk produk dan layanan kita. Kita bisa membuat sebuah video yang padanya kita melekatkan brand kita. Dalam hal ini kita bisa memanfaatkan Youtube.

5. Mengadakan kontes dan kompetisi

Gunakan media sosial pertemanan misal twitter, facebook untuk mengadakan sebuah kontes untuk bisnis kita. Ajukan pertanyaan kepada pengunjung/konsumen, lalu undi jawaban-jawaban dari konsumen untuk mendapatkan pemenang. Bisa juga dengan mengadakan kompetisi menulis artikel tentang produk atau layanan kita. Pemenang mendapatkan hadiah atau diskon layanan kita.

Dengan cara ini, kita memiliki ratusan orang-orang berbicara tentang merek kita kepada publik, tapi kita hanya perlu untuk menghargai sangat sedikit pemenang. Melakukan kontes mingguan dan / atau bulanan adalah cara yang bagus untuk menyebarkan merek kita secara konsisten dan terus menerus kepada masyarakat.

6. Kirim produk kepada publik figur yang berpengaruh

Secepatnya kirim produk terbaru atau brand kita ke klien agar produk kita menjadi yang pertama yang mereka ketahui. Misalnya, jika kita menjual barang dapur, bersamaan dengan alat pembuat roti yang kita kirim sertakan juga roti yang masih segar hasil buatan menggunakan alat yang kita kirimkan.

7. Pasang iklan di tempat dan media yang memungkinkan dan berbiaya murah

Pikirkan tentang berapa banyak kita mengemudi selama seminggu dan berapa banyak orang yang melihat kendaraan kita saat melintas dan berada di lampu merah. Tempelkan tulisan pada mobil kita yang berupa pesan iklan sehingga ia menjadi iklan berjalan yang akan terlihat oleh banyak orang. Bahkan jika itu hanya berupa alamat website atau blog kita. Orang akan segera merekam dalam ingatan mereka, lalu akan mencari tahu tentang apa yang mereka lihat di body kendaraan kita.

Demikian beberapa tips sukses bisnis untuk pemula yang baru memulai menjual produk mereka. Menerapkan tips-tips sukses diatas menjamin produk anda akan lebih cepat dikenal dan berpeluang laku.

Artikel panduan lain yang sebaiknya anda baca agar sukses dalam bisnis silahkan klik marketing online untuk pemula.

Tinggalkan Balasan