Pemasaran online melalui facebook mengapa perlu

Ada banyak media online untuk pemasaran produk, salah satu yang paling baik adalah pemasaran online melalui facebook. Facebook adalah salah satu media sosial online yang mempunyai anggota paling banyak.

Pemasaran online melalui facebook menjadi sangat strategis karena facebook sudah sangat terkenal, khususnya dikalangan generasi muda. Umumnya mereka memiliki akun facebook, yang mereka gunakan sekedar media curhat, berbagi info, atau sekedar menyapa teman-teman online.

Kalau anda sesekali pernah melihat aktifitas facebook seseorang, anda pasti pernah dan  bahkan sering melihat sebuah produk dipromosikan secara gratis oleh pengguna facebook.

Saya sering melihat beberapa orang teman (wanita)  melihat beberapa gambar produk untuk wanita di layar akun facebook mereka. Mereka melihat dengan antusias. Tidak jarang dari mereka memutuskan akan membeli produk tersebut.

Tidak ada yang luar biasa dengan aktifitas yang mereka lakukan. Saya juga tidak tertarik dengan beberapa gambar yang mereka lihat, apalagi saya seorang lelaki dan pasti tidak tertarik untuk membeli, dan lagi pula saya tidak begitu pandai menilai kualitas sebuah produk hanya dengan melihat gambar.

Saya tipe orang yang lebih bisa menentukan kualitas sebuah produk setelah menyentuh.

Yang saya soroti adalah kenyataan bahwa gambar produk tersebut didapatkan dari sebuah situs toko online yang mereka share ke akun facebook mereka.  Tanpa mereka sadari mereka telah melakukan pemasaran online gratis terhadap produk tersebut.

Mereka mungkin sama sekali tidak ikut mendapatkan manfaat ekonomi dengan terlibatnya mereka pada pemasaran (secara tidak sengaja) produk tersebut.

Untuk anda yang populer di media facebook barangkali itu adalah peluang untuk anda memanfaatkan facebook. Anda bisa menghubungi pemilik situs yang menjual produk tersebut, untuk mencari tahu kemungkinkan untuk ikut melakukan pemasaran produk mereka. Anda bisa meminta bayaran untuk jasa pemasaran produk mereka.

Tapi memang pada kenyataannya kebanyakan pengguna facebook, yang jumlahnya sangat banyak hanya memanfaatkan akun facebook mereka untuk sekedar menulis beberapa kata yang sering tidak memiliki nilai apapun.  Tidak bedanya dengan say hallo, dan sepertinya bagi sebagian dari mereka memiliki akun facebook hanyalah sekedar ikut bergaul di dunia online.

Artikel terkait:
Tips sukses pemasaran produk

Peluang pemasaran online melalui facebook

Melihat fakta banyaknya dan mungkin hampir setiap remaja hingga dewasa memiliki akun facebook dan secara rutin membuka facebook, para pemasar online memanfaatkan facebook untuk media pemasaran produk. Pemasar online menyadari facebook dapat menjadi saluran untuk pemasaran online secara massal untuk produk yang mereka jual.

Bandingkan dengan blog, produk yang terpajang di blog tidak akan dilihat banyak orang bila blog tersebut tidak memiliki banyak pengunjung. Artinya peluang sukses pemasaran produk secara online melalu blog menjadi kecil.

Sebaliknya bila seorang pemilik akun  yang memiliki banyak teman dan memajang produk  di dinding facebooknya,  lalu membagikan kepada semua temannya hanya dengan beberapa klik, sang produk akan segera terlihat oleh semua teman facebooknya.

Bila saya memiliki 1000 teman di akun facebook saya, dan saya memiliki sebuah blog sebagai media pemasaran produk, peluang teman di akun facebook saya mengunjungi blog saya, dan melihat produk yang saya jual tidak akan sampai 500 orang atau mungkin hanya 100 orang.  Tapi hanya dengan membagikan gambar produk tersebut ke semua teman-teman facebook saya, maka seribu orang akan melihat produk tersebut

Itulah sebabnya pemasaran produk secara online melalui media sosial seperti facebook menjadi sangat penting.

Informasi lebih lengkap tentang pemasaran selain pemasaran melalui facebook bisa anda temukan dalam artikel panduan khusus cara internet marketing.  Silahkan klik belajar internet marketing.

Tinggalkan Balasan