Apa kelebihan dan kekurangan nama domain kata kunci EMD

kelebihan dan kekurangan nama doman kata kunci
Salah satu alasan orang memilih nama domain kata kunci EMD untuk website atau blog mereka adalah untuk memenangkan persaingan merebut posisi teratas untuk kata kunci tertentu. Namun anda perlu tahu apa kelebihan dan kekurangan nama domain kata kunci EMD. Ini perlu anda ketahui sebagai pertimbangan anda jika ingin pakai nama domain EMD.

Beberapa hari yang lalu di bulan oktober 2012 ini google mengeluarkan algoritma ranking yang menurunkan peringkat hasil pencarian untuk website dengan exact match domain (EMD).

EMD ini merujuk pada sebutan untuk nama domain yang sama dengan kata kunci yang ditargetkan, misalnya nama domain carabisnisonline.net yang menargetkan kata kunci “cara bisnis online”.

EMD yang mengalami penurunan peringkat adalah EMD yang dikategorikan tidak banyak memiliki konten yang berkualitas.  Masalah konten yang tidak berkualitas ini sendiri sulit mengartikannya, karena menilai sebuah konten itu berkualitas ataukah tidak bila dikaitkan dengan algoritma google menjadi sangat luas maknanya.

EMD yang terkena imbas dari penrurunan peringkat ini adalah EMD dengan konten tidak berkualitas. Jadi kalau blog EMD anda tidak mengalami penurunan peringkat berarti blog EMD anda dikategorikan berkualitas.

Apa kelebihan dan kekurangan nama domain kata kunci EMD

Todd Malicoat atau stuntdubl menulis sebuah artikel di situs Moz.com dengan judul the exact match domain playbook a guide and best practise for EMDs. Artikel tersebut sangat panjang dan menjelaskan panjang lebar tentang EMD, kelebihan dan kekurangan domain EMD dan tips memilih EMD yang baik jika dikaitkan dengan algoritma google baru-baru ini. Artikel yang saya tulis ini sebagian bersumber dari tulisan Todd Malicoat tersebut.

Kelebihan nama domain EMD

  1. Sangat bagus untuk pemula yang menargetkan long tail keywords yang relevan.
  2. Lebih mudah mendapatkan teks link yang tertarget. Karena umumnya EMD adalah kata yang banyak digunakan dalam artikel.
  3. Dapat mendominasi kata kunci yang sama dengan EMD.
  4. Bagus untuk menargetkan variasi prasa long tail keywords.
  5. Branding dan keyword menjadi satu kesatuan. meskipun demikian EMD tidak branding friendly.
  6. Sangat efektif untuk untuk menargetkan pencarian lokal. Jadi misalnya untuk kita di Palembang misalnya maka memilih nama domain rumahpalembang.com akan sangat efektif untuk menargetkan kata kunci “rumah palembang”

Kekurangan nama domain EMD

  1. Tidak cocok untuk branding, karena nama domain EMD tidak unik.
  2. Dapat membuat “brand yang membingungkan”. Karena itu SEOmoz.org lebih baik dari pada SEOweb.org misalnya. Kita tidak bisa mengakui sebuah kata kunci sebagai sebuah brand milik kita, dengan hak kepemilikan sebuah brand.
  3. Lagi-lagi tidak cocok untuk branding, karena itu kebanyakan situs menggabungkan separuh EMD dan separuhnya kata unik. Misalnya SEO dan moz jadilah SEOmoz, SEO dan book jadilah SEObook, cara bisnis online dan abdul menjadi CBOabdul misalnya.
  4. Jumlah EMD terbatas, karena itu EMD 1 kata dan EMD 2 kata umumnya sudah ada yang punya.
  5. Ini yang menarik, mungkin nantinya harga EMD akan menjadi mahal.
  6. Hampir tidak anda website besar yang pakai EMD kecuali EMD 1 kata atau 2 kata.

Melihat kekurangan nama domain EMD, tidak disarankan untuk digunakan sebagai nama domain website bisnis. Jika anda mau pilih nama domain untuk web bisnis sebaiknya baca artikel nama domain yang bagus untuk website bisnis online.

Saran dalam memilih EMD yang bagus

  1. Jangan takut membeli EMD. Blog saya carabisnisonline.net dan 2 dua buah website saya yang lainnya juga EMD. Dan sampai sekarang tidak mendapatkan penurunan ranking untuk kata kunci yang sama dengan nama domain.
  2. Pilih maksimal 3 hingga 4 kata untuk EMD ekstensi .com.
  3. Pilih maksimal 2 hingga 3 kata untuk EMD ekstensi .net/.org.
  4. Jangan pilih second level domain semisal .mobi/.travel/.info karena masih dianggap domain kelas dua.
  5. Jangan buat lebih dari satu tanda “-” pada nama domain, malah lebih baik hilangkan saja tanda “-” pada nama domain.
  6. Nama domain yang berisi nama lokal adalah pilihan terbaik. Maksudnya nama domain yang menargetkan pengunjung lokal.
  7. Hati-hati dengan over optimasi karena bila berlebihan maka situs EMD akan lebih cenderung dianggap over optimization.
  8. De-optimize untuk EMD yang peringkatnya merosot.
  9. De-link untuk EMD yang peringkatnya merosot.
  10. Jangan pakai nama domain EMD untuk membangun website  menjadi besar.

Poin nomor 8 dan 9 ini ditulis Todd malicoat sebagai pertimbangan untuk mangatasi masalah EMD. Faktanya blog carabisnisonline.net amat sangat sedikit mendapatkan link masuk. Menurut Alexa.com blog tersebut hanya mendapatkan link masuk 43 buah, dan amat sangat jarang saya optimasi.

Jumlah artikel blog ini tidak sampai 60 judul. Url yang saya gunakan untuk seluruh komentar yang saya berikan di blog orang lain selama 2 tahun lebih hingga hari ini tidak sampai 10 biji yang terarah ke blog ini. Namun demikian ia memiliki peringkat yang bagus untuk kata kunci “cara bisnis online”, dan beberapa kata kunci populer lainnya.

Ahirnya apa yang sebaiknya dilakukan untuk anda yang memiliki website atau blog dengan EMD. Sederhana saja, isilah blog anda dengan artikel yang berkualitas. Jangan tulis artikel dengan tofik yang relevan dengan tofik yang sudah anda tulis.

Sampai di sini mungkin anda sudah benar-benar paham tentang nama domain EMD. Selanjutnya anda mau bikin website. Sebelum bikin website klik dulu cara membuat website sendiri.

Atau malahan anda mau buat blog gratis yang tidak perlu beli nama domain sama sekali. Untuk itu anda bisa baca panduan super lengkap cara buat blog gratis. Silahkan klik cara membuat blog sendiri.

Tinggalkan Balasan