Mengatasi Google Penguin Menggunakan Tool Disavow Links

Tool disavow links yang baru saja diluncurkan google bisa disimpulkan sebagai bagian dari solusi mengatasi google penguin. Apa tiu Google Penguin?, Google penguin adalah Algoritma ranking Google yang menargetkan situs yang banyak mendapatkan link spam.  Google menyadari kita menemukan kesulitan atau tidak mungkin menghapus link spam yang datang dari situs eksternal, karena itu tool ini menjadi bagian dari solusi.

Menentukan link tidak berkualitas itu sulit

Ada banyak pendapat yang berkata bahwa keluarnya tool disavow links mengindikasikan google kesulitan menentukan kriteria apa itu link yang buruk. Lalu melalui tool ini goole bisa menjaring informasi tentang link buruk menurut versi webmasters atau blogger.

Padahal sebagai penguasa search engine sebenarnya google tidak perlu repot-repot mengeluarkan tool disavow links. Google bisa saja membuat kriteria sendiri tentang apa itu backlink berkualitas tinggi atau backlink tidak berkualitas sama sekali, lalu mengabaikan link-link tersebut.

Kita semua sulit menentukan apakah sebuah link itu buruk, karena harus mengikuti sudut pandang google. Kita sendiri meraba-raba bagaimana google menentukan sebuah link yang kita terima masuk kategori buruk atau baik.

Dikarenakan sulitnya memilah mana link yang baik dan mana link yang buruk, tool disavow links ini disarankan untuk digunakan dengan hati-hati.  Umumnya link yang kita dapatkan bagus untuk mendongkrak peringkat blog kita, hanya sedikit darinya link yang buruk.

Karena itu link yang anda minta untuk diabaikan oleh google boleh jadi adalah sebenarnya link yang baik, lalu karenanya mengabaikan link tersebut akan berakibat menurunkan peringkat serp blog anda.

Siapa yang perlu menggunakan tool disavow links untuk mengatasi google penguin

Tidak perlu juga terburu-buru menggunakan tool disavow links ini, karena boleh jadi sebenarnya anda belum perlu menggunakannya. Siapa yang perlu menggunakan tool disavow links ini adalah anda yang mendapatkan pesan dari google webmasters tentang link buruk atau link tidak alami yang mengarah ke situs anda.  Jadi jika anda belum mendapatkan pesan apa-apa anda belum perlu benar menggunakan tool disavow links ini.

Tool ini bisa juga anda gunakan untuk blog anda yang peringkatnya jatuh sejak keluarnya algoritma Google Penguin pada ahir April 2012 lalu.  Seperti kita ketahui penguin menargetkan link spam, boleh jadi jatuhnya peringkat blog anda karena ia mendapatkan banyak link spam. Link-link sampah tersebut bisa anda minta google untuk diabaikan melalui tool disavow links.

Mengapa google mengeluarkan tool disavow link

Banyak artikel dan komentar yang saya baca di situs luar mengatakan bahwa google mengeluarkan tool disavow links yang tujuannya secara halus untuk meminta webmasters memberitahu google link-link mana yang  masuk kriteria tidak bermutu.

Namun bisa saja link yang datang dari situs berkualitas baik dianggab buruk oleh blogger lain. Ini bisa terjadi karena sang penerima link tidak mengetahui dengan benar cara memilah link yang berkualitas dan buruk.  Atau yang lebih merana lagi adalah nasib situs kecil, yang paling mungkin dianggap pemberi sumbangan link buruk. Situs kecil dianggab kecil pula nilainya, yang bisa diangap situs tidak (belum) bermutu.

Jadi apa yang mungkin terjadi setelah google mengoleksi link-link buruk, google akan menjatuhkan peringkat situs yang link nya dianggab buruk oleh situs lain.  Jika blog anda terlanjur membuat link menuju situs lain, dan ternyata sang penerima link tidak menyukai link yang anda berikan, akibatnya blog anda akan jatuh peringkatnya di hasil pencarian google, tragis sekali.

Apa yang harus dilakukan adalah hapus semua link keluar yang ada di situs anda. Jangan lagi buat link apapun kesitus manapun, ini barangkali pilihan ekstrem. Saya tidak bermaksud buruk dengan menganjurkan anda tidak membuat link menuju situs manapun.

Logikanya kalau blog anda dilaporkan sebagai sumber link buruk atau link tidak bermutu, artinya blog anda tidak bermutu. Apakah masih mungkin blog anda yang divonis tidak bermutu tampil di halaman hasil pencarian google. Apalagi Google akan lebih cenderung menampilkan hasil pencarian bermutu dari blog bermutu.

Tinggalkan Balasan