9 penyebab peringkat blog turun di hasil pencarian google

peringkat blog turun di google
Blog anda boleh jadi memiliki konten yang berkualitas, namun beberapa masalah berikut ini adalah apa penyebab peringkat blog turun di google atau malah menghilang dari halaman google. Penyebab-penyebab ini benar-benar merusak performa website anda

Berikut ini apa penyebab peringkat blog turun di google

1.  Komentar spam

Tidak sedikit komentar yang diberikan pengujung bernada spam, dan karena itu anda sebaiknya memasang plugin anti komentar spam, atau lebih aman lagi semua komentar harus melalui persetujuan (moderasi) anda terlebih dahulu, sebelum ditampilkan di halaman artikel anda.

Beruntungnya, baik blog flatform wordpress maupun blogspot sudah terintegrasi dengan penangkal komentar spam.  Sering-sering cek komentar yang terjaring sebagai spam dah segera hapus.

2.  Kebanyakan iklan

Apakah blog anda menampilkan iklan banner atau iklan apa saja di bagian atas konten artikel anda. Berhati-hati karena algoritma google juga tidak menyukai iklan yang terpasang di bagian atas halaman blog anda, apalagi bila jumlahnya berlebihan. Tentang pengaruh buruk iklan yang tampil di bagian atas halaman anda bisa baca artikel algoritma layout halaman top heavy.

Silahkan anda kalkulasi seberapa besar uang yang dihasilkan oleh iklan yang terpasang di website atau blog anda, khususnya dibagian atas halaman blog anda.  Bila hasilnya tidak seberapa silahkan pindahkan iklan tersebut dibagian bawah atau sidebar blog anda.

3.  Link internal terlalu banyak

Coba anda lihat berapa banyak link internal yang ada di halaman blog anda.  Banyak ahli SEO menyarankan agar jumlah link internal di halaman blog tidak lebih dari 100 buah. Saya pikir 20 buah link internal dalam sebuah halaman di blog sudah cukup banyak. Ini tidak termasuk link pada menu. Hendaklah semua link yang ada relevan dengan halaman tersebut dan alami.

4.  Masalah penjelajahan robot search engine

Sering-sering periksa performa kesehatan blog anda melalui search console, boleh jadi robot search engine menemukan banyak halaman situs anda yang tidak ditemukan.  Masuk ke akun webmasters tool, kemudian klik judul situs anda, selanjutnya klik menu kesehatan.  Periksa pula tautan internal yang menuju halaman yang tidak ditemukan tersebut.  Segera hapus link yang menuju halaman yang tidak ditemukan.

Periksa pula kemungkinan adanya broken link di blog anda, mungkin broken link tersebut link yang anda buat menuju halaman di blog orang lain, hapus pula link yang rusak tersebut

5.  Duplikat konten

Duplikat title dan deskripsi meta.
Kembali anda harus  lebih sering cek search console untuk memeriksa kesehatan blog anda, lihat kemungkinan terjadi duplikasi judul artikel anda. Duplikasi mungkin terjadi juga pada deskripsi blog, deskripsi posting dan deskripsi halaman statis.

Login ke akun search console, klik judul blog anda, lalu klik pengoptimalan, selanjutnya klik penyempurnaan HTML.  Disana anda bisa melihat apakah ada deskirpsi meta ganda, title tag yang terduplikat.  Bila anda menemukan duplikasi deskripsi meta atau duplikasi tag judul, segera perbaiki.

URL kategori dan URL arsip.
Duplikasi lainnya bisa berupa terindexnya URL arsip atau URL kategori.  Ini bisa juga anda lihat melalui google search console, sama dengan poin nomor 5. Untuk mengatasi ini anda bisa gunakan file robot.txt. Sebenarnya selagi terindexnya URL kategori tidak menimbulkan duplikat deskripsi, maka tidak selalu berdampak buruk. Apalagi terindexnya URL kategori menjadi keuntungan bagi website toko online.

Untuk blog blogspot anda bisa menambahkan file robot.txt khusus di menu seting akun blogger yang berupa kode untuk meminta robot google tidak mengindex URL kategori dan URL arsip.

Google search console akan memberitahu kita jika ada error berupa duplikat deskripsi pada blog.

6. Kecepatan loading

Blog yang lambat loading tentu saja tidak menarik untuk dikunjungi, lebih buruk lagi lambat loading tidak disukai google.  Jadi pastikan blog anda loding lebih cepat, karena itu jangan terlalu banyak memuat gambar di halaman blog anda.  Temukan blog yang cepat loading dan bandingkan dengan blog anda.

7. Sumber pengunjung dan kata kunci penelusuran

Blog anda berbahasa Indonesia dan anda menargetkan pengunjung dari Indonesia, namun pengunjung yang datang kebanyakan dari china misalnya, ini menjadi tanda tanya.  Barangkali anda perlu manganalisa kejadian ini.  Apakah anda memang terkenal di negeri china yang mereka mengerti bahasan Indonesia, ataukah ada sesuatu yang aneh.   Mungkin anda perlu mempertimbangkan memblokir kunjungan dari negeri bukan target anda.

Kemudian apakah kata kunci penelusuran yang pengunjung gunakan masuk ke blog anda adalah kata kunci yang sesuai dengan konten situs anda.  Pernah pengunjung datang ke situs informasibisnis.net melalui kata kunci yang bernada parno, dan itu sangat aneh karena tidak satu pun konten yang saya buat di blog tersebut yang memuat konten yang dimaksud, jadi ada yang tidak beres.

Dalam kasus ini mungkin ada blog orang lain membuat link menuju blog saya menggunakan tekslink berupa kata parno tersebut. Lagi-lagi gunakan search console untuk mengetahui darimana backlink tersebut berasal.

8. Malware

Bila google menemukan malware dalam website atau blog anda, maka google akan mengirimkan pesan melalui akun search console.  Google juga akan mengirimkan pesan peringatan terkait dengan kesehatan situs anda secara keseluruhan dan ini perlu anda ambil tindakan perbaikan, jangan diabaikan.

9. Faktor eksternal

Ada banyak teknik untuk menjatuhkan peringkat situs orang lain dan google tidak bisa mencegahnya, bisa berupa taburan link spam yang mengarah ke situs anda, atau berupa konten blog anda dibajak orang lain atau disebut pula SEO untuk tujuan negatif. Untuk mengatasi ini anda perlu melindungi blog dari SEO negatif.

Konten anda yang dicopy paste juga bisa merusak peringkat hasil pencarian situs anda, karena itu sebaiknya usahakan semaksimal mungkin konten blog anda tidak bisa dicopy paste orang.  Konten artikel anda yang dicopy paste walaupun satu paragraf dan mereka menyertakan link lanjutan menuju artikel anda seringkali merusak peringkat artikel anda.  Ini pernah terjadi pada blog saya.

Baca selanjutnya belajar SEO untuk pemula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *