Apa itu backlink tidak berkualitas yang harus dihindari

 

apa itu backlink tidak berkualitas

Apa itu backlink tidak berkualitas dan apa ciri-ciri backlink tersebut termasuk kategori tidak berkualitas. Backlink tidak berkualitas adalah backlink yang tidak memberikan dampak meningkatkan nilai kualitas halaman, karena itu backlink tersebut tidak membantu meningkatkan peringkat sebuah halaman di Google atau search engine lain.

Namun menentukan apakah sebuah backlink itu tidak berkualitas dan mungkin berdampak buruk untuk peringkat blog kita di google tidak mudah.  Kita juga harus berhati-hati menggunakan tool disavow links, karena mengabaikan backlink yang tidak tepat akan berakibat buruk untuk ranking SERP blog.  Karena itu pengetahuan tentang apakah sebuah backlink itu tidak berkualitas atau baik menjadi sangat penting.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa backlink yang berasal dari situs bernilai domain authority rendah akan juga dianggab backlink berkualitas rendah.  Benarkah demikian,  menurut Adam J Thompson yang menulis artikel di moz.com berjudul Should Domain Authority Be Used To Determine Which Backlinks To Remove? pendapat itu tidak selalu benar.

Domain authority yang adalah alat ukur keluaran moz.com hanyalah mengukur berdasarkan seberapa banyak sebuah website mendapatkan backlink.  Sementara backlink yang bernilai itu adalah backlink yang relevan dan alami, meskipun ia berasal dari situs bernilai authority rendah, dan link yang paling mungkin akan dinilai buruk oleh google adalah link berbayar, link exchange, link yang berasal blog spammy, dan link yang berasal dari situs direktori yang berkualitas rendah.

Pengetahuan tentang backlink tidak berkualitas ini menjadi sangat penting, mengingat situs yang mempunyai persentase backlink yang banyak, menggunakan kata kunci yang sama, akan mungkin terkena hukuman google.  Begitupula situs yang mempunyai persentase backlink yang banyak, yang berasal dari konten yang tidak relevan juga akan terkena penalti google.

Jadi sebaiknya gunakan kata kunci yang berbeda-beda dalam banyak komentar anda, kemudian dapatkan backlink dari situs dan konten yang relevan dengan konten situs anda.

Contoh link yang berasal dari situs domain authority rendah namun berkualitas:

 

  • Link yang berasal dari situs yang berkualitas dan relevan dengan situs kita meskipun situs tersebut berusia mudah.
  • Link yang berasal dari situs EMD yang menargetkan kata kunci spesifik yang relevan dengan situs kita.
  • Link yang berasal dari blog personal yang dibuat oleh orang yang ahli dalam bidang yang sesuai dengan situs kita.
  • Link yang berasal dari situs lokal yang relevan.

Jadi link yang baik itu semuanya harus berasal dari situs yang relevan dengan situs kita, dengan menggunakan kata kunci yang bervariasi. Karena itu anchor text yang kita gunakan dalam komentar sebaiknya beragam,  jangan melulu menggunakan kata kunci yang sama.

Akan lebih bagus lagi mendapatkan backlink dari situs relevan yang juga berkualitas tinggi atau situs otoritas. Backlink dari website tersebut akan menjadi backlink berkualitas tinggi dan bisa membantu peringkat blog kita.

Berikut ini menurut Thomas J. Thomson apa itu backlink tidak berkualitas

 

  • Backlink yang hanya semata-mata untuk mendapatkan peringkat yang bagus di search engine, bukan untuk membantu pengunjung menemukan konten terkait.
  • Backlink tersebut berasal dari halaman atau situs yang tidak relevan dengan situs kita.
  • Backlink yang kita beli.
  • Berasal dari link yang ditempatkan di semua halaman, biasanya di sidebar atau footer.
  • Backlink tersebut berasal dari situs terpenalty google.
  • Backlink yang berasal dari jaringan situs yang berkualitas rendah.
  • Backlink yang berasal dari halaman konten berkualitas rendah atau konten duplikat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *