Bagaimana cara membuat SEO di blog yang disukai algoritma google

cara membuat seo di blog
Mengetahui cara membuat seo di blog itu sangat penting agar blog lebih berpeluang tampil di halaman pertama google.  Pada Tahun 2012 yang baru saja berlalu Google sangat banyak mengeluarkan algoritma ranking yang tujuannya untuk menampilkan hasil pencarian yang paling relevan. 2 yang terkenal yaitu algoritma google panda dan algoritma google penguin.

Dampak keluarnya kedua algoritma google tersebut membuat banyak blogger menjerit. Banyak peringkat hasil pencarian blog merosot drastis. Ada yang bahkan kehilangan kunjungan sampai 90% seperti yang dialami oleh blog bisniskecilonline.blogspot.com.

Mengingat keluarnya algoritma google dikaitkan dengan tujuan google untuk menampilkan hasil pencarian yang paling relevan, maka cara SEO blog itu pada intinya adalah semua usaha untuk meningkatkan nilai relevansi antara kata kunci yang diketik pengunjung di Google search dengan konten di blog kita. Sinyal relevansi ini muncul sebagai akibat konten tersebut berkualitas dan juga mendapatkan backlink berkualitas.

Jadi kita masih terus diawasi oleh algoritma google penguin dan algoritma google panda. Kita kembali dan selalu harus fokus untuk menselaraskan gaya dan cara SEO blog kita dengan maunya algoritma google panda dan google penguin.

Cara membuat seo di blog yang tidak kontra dengan google panda

Sekedar mengingatkan kembali bahwa algoritma google panda adalah rumus yang digunakan oleh google untuk menentukan nilai kualitas konten sebuah situs. Artikel yang tidak lulus seleksi oleh algoritma panda ini dianggab tidak berkualitas dan akan tersingkir dari halaman awal google. Tidak tertutup kemungkinan bahkan akan menghilang sama sekali.

Saya sendiri berpendapat bahwa cara membuat seo di blog yang disukai panda itu mengharuskan blog kita hanya memiliki artikel yang unik. Artikel yang bisa memberi jawaban atas sebuah pertanyaan. Pertanyaan itu sendiri biasanya terlihat dari prasa pencarian yang diketik pengunjung.

Jadi Cara bikin SEO di blog yang tepat mengharuskan kita memiliki konten unik. Tidak hanya unik namun juga relevan dengan prasa keyword yang diketik pengunjung di kotak pencarian Google.

Kita harus menulis artikel dengan judul yang sesuai dengan isi. Kita harus benar-benar menulis isi artikel tersebut relevan dengan judul. Termasuk dalam pembahasan kita adalah poin-poin yang perlu dilakukan.

Bagaimana dengan google penguin

Kalau pola bangunan link anda yang menjadi penyebab merosotnya artikel anda di halaman hasil pencarian google, maka bisa dipastikan bangunan link untuk optimasi artikel anda tidak disukai algoritma google penguin.

Bangunan link yang dimaksud adalah link internal yang anda buat, yang menghubungkan antara satu artikel menuju artikel lainnya dalam satu blog. Kemudian link masuk dari situs luar menuju blog anda.

Jadi berhati-hati dengan bangunan link yang anda buat. Jangan berlebihan membuat link internal menuju sebuah posting apalagi bila link tersebut dibuat dalam artikel yang tidak relevan.

Berlebihan dalam membuat link internal menuju sebuah artikel lain apalagi menggunakan teks link yang sama akan dianggab anda melakukan over optimasi kata kunci.

Yang paling memusingkan bila jatuhnya peringkat blog anda karena link tidak berkualitas seperti taburan link spam yang datang dari situs luar. Link yang menggunakan teks link yang sama dan jumlahnya banyak menuju url yang sama di blog anda, akan dianggab spam. Link yang demikian akan menjatuhkan peringkat kata kunci anda.

Cara membuat SEO di blog yang disukai algoritma google

Tentu saja cara SEO yang efektif dan disukai google itu sesuai dengan maunya algoritma google panda maupun algoritma google penguin, dan algoritma google lainnya. Kita juga harus membuat konten yang memenuhi standar kedua algoritma terkenal tersebut.

Algoritma google kian hari kian pandai memilah yang mana artikel yang berkualitas dan  relevan dengan prasa pencarian yang diketik pengunjung. Kita harus fokus menyajikan konten original, unik dan berkualitas dan relevan dengan prasa keyword yang menjadi target.

Berikut ini cara SEO blog yang harus anda lakukan:

  • Tulis artikel original dan unik.
  • Buat judul yang relevan dengan isi.
  • Terbitkan artikel yang merupakan jawaban atas sebuah pertanyaan.
  • Format penulisan, ejaan kata dan susunan kalimat harus diperhatikan.
  • Buat sub judul yang relevan.
  • Buat link internal atau link eksternal menuju artikel yang relevan.

Yang harus tidak anda lakukan:

  • Jangan menerbitkan artikel yang sudah terbit di blog orang lain.
  • Jangan buat judul tidak relevan dengan isi.
  • Jangan buat link internal berlebihan menuju artikel yang sama meskipun di artikel yang relevan.
  • Jangan menggunakan teks lnk yang sama di banyak komentar anda.
  • Jangan menggunakan teks lnk yang sama yang menuju artikel yang sama di blog anda di banyak komentar anda.
  • Jangan menempatkan link di sidebar atau footer blog anda. Dalam banyak kasus ia bisa dianggab over optimasi, karena link yang diletakkan di sidebar atau footer akan ada di setiap halaman.

Bila perlu gunakan tool disavow links bila anda yakin blog anda menerima banyak link tidak berkualitas. Namun harap berhati-hati karena salah pilih link untuk dimasukkan dalam daftar disavow bisa berakibat merugikan anda.

Demikianlah cara membuat SEO di blog yang tidak bertentangan dengan Google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *