Cara mendapatkan uang dari blog

cara mendapatkan uang dari blog
Meskipun kita telah mempraktekkan cara mendapatkan uang dari blog dengan benar, tidak ada jaminan akan berhasil. Blog harus mendapatkan kunjungan dari pengunjung yang tepat. Tanpa itu kita tidak akan berhasil memperbesar peluang mendapatkan uang dari produk atau layanan yang kita tawarkan.

Meskipun semua traffik pengunjung itu baik, tapi semata-mata mendatangkan pengunjung blog yang tidak menjadi target, tidak memperbesar peluang kita untuk mendapatkan uang.

Ada perbedaan besar antara kunjungan yang ditargetkan dan tidak ditargetkan.  Perlu diingat bahwa kunci untuk memperbesar peluang mendapatkan uang dari blog adalah memahami kedua jenis pengunjung blog anda. Kemudian bagaimana hal itu mempengaruhi keuntungan bisnis kita.

Hal ini penting jika kita ingin cari uang ONLINE dari blog atau website.

Cara mendapatkan uang dari blog yang berpeluang sukses

1. Datangkan pengunjung dari search engine

Pengunjung yang paling mungkin mendatangkan uang untuk kita adalah pengunjung yang ditargetkan. Biasanya pengunjung yang datang dari klik URL yang tampil di hasil pencarian search engine. Pengunjung jenis ini umumnya terdiri dari orang-orang yang tertarik pada produk dan informasi yang kita promosikan. Mereka biasanya telah melakukan beberapa jenis tindakan yang mengarah pada upaya membeli produk atau jasa kita.

Untuk itu kita harus fokus menargetkan keyword yang paling bernilai uang.  Prasa keyword yang baik adalah prasa keyword yang paling bernilai profit. Maksudnya adalah prasa keyword yang biasanya mendatangkan pengunjung yang melakukan konvers. Konversi yang saya maksud seperti melakukan klik iklan PPC, Iklan affiliasi, dan link penawaran jasa yang kita tawarkan.

Untuk mendatangkan pengunjung jenis ini jelas blog kita harus tampil di halaman pertama google untuk kata kunci strategis tersebut. Kalau tidak tampil di halaman pertama, kita perlu menempatkan link menuju artikel kita di blog orang lain yang tampil di halaman pertama google.

Meskipun blog anda hanya memperoleh sedikit kunjungan, bila anda berhasil merebut posisi terbaik untuk prasa keyword bernilai uang, maka itu adalah cara mengubah pengunjung menjadi pembeli.

Perlu dipahami bahwa kita tidak sekedar mendatangkan pengunjung, melainkan pengunjung yang melakukan apa yang kita ingin. Apa yang kita inginkan yaitu konversi. Karena blog kita sepi pengunjung maka konversi menjadi sangat penting. Terkait dengan usaha meningkatkan konversi ini pula kita mengenal istilah landing page.

Landing page adalah halaman yang pertama kali dilihat pengunjung begitu mereka mengunjungi blog kita. Kebanyakan blogger menjadikan halaman beranda sebagai landing page dan anda juga bisa melakukan itu pada blog anda. Tentang landing page silahkan klik cara membuat landing page yang baik.

Pengunjung yang tidak ditargetkan adalah pengunjung yang dianggap tidak punya sebuah ketertarikan menggunakan produk yang kita.

Ini biasanya orang yang datang ke website anda melalui situs PTC, untuk mengklik jenis website atau blog di mana anggota hanya akan mengklik iklan anda untuk mendapatkan uang. Itu jelas tidak berarti bahwa mereka memiliki minat pada apa yang kita jual, atau tertarik pada informasi yang tersedia di website atau blog kita.

Bayangkan jika kita memiliki blog yang bertujuan menjual peralatan bulu tangkis. Pengunjung ke website kita sama sekali tidak tertarik dengan bulu tangkis, adakah kemungkinan bahwa salah satu dari pengunjung tersebut akan mungkin menjadi pelanggan?.

Saya pikir pasti akan jauh lebih baik mendapatkan 100 pengunjung yang mencari informasi di Google tentang produk peralatan bulu tangkis, daripada memiliki 1000 pengunjung yang dibayar untuk mengunjungi website kita.

Inilah sebabnya mengapa traffik kunjungan Google memiliki nilai tinggi. Alasannya adalah bahwa siapapun yang menjadi pengunjung blog kita pastilah melakukan beberapa penelitian di Google. Mereka terlebih dulu mencari informasi dan jenis produk atau layanan yang kita promosikan.

Karena itu sangat penting mengisi konten blog kita dengan konten yang baik. Kita perlu isi dengan informasi yang mungkin berguna untuk pengunjung yang menjadi target. Konten yang baik akan mereka bagikan dengan orang lain pada jaringan sosial seperti Twitter dan Facebook.  Ini untuk mendatangkan lebih banyak kunjungan langsung dan backlink ke website atau blog kita.

2. Pasang iklan teks atau banner di blog populer yang relevan

Pengunjung yang datang dari klik iklan yang kita pasang di blog orang lain atau dari iklan google adsense bisa juga termasuk pengunjung yang menjadi target. Karena itu jika kita memasang iklan di situs orang lain hendaklah iklan tersebut tampil di blog yang relevan dengan kata kunci yang kita targetkan.

Kata kunci yang kita targetkan dalam hal ini yang terkait dengan layanan atau produk yang kita tawarkan. Tentu tidak relevan memasang iklan banner tentang produk kosmetik di blog yang membahas tentang SEO.

Tak kalah penting pula memilih blog atau artikel di blog yang memiliiki peringkat tampilan halaman pertama untuk kata kunci populer. Kata kunci pencarian yang terkait dengan produk dan layanan yang kita tawarkan. Tidak akan efektif bila kita memasang iklan di blog yang sepi pengunjung.

Ada juga jenis iklan yang hanya ditampilkan di artikel yang terkait dan tidak ditampilkan di halaman statis atau halaman posting lain. Untuk itu kita harus memastikan bahwa peringkat SERP artikel tersebut selalu tampil di halaman pertama untuk kata kunci populer.

Pengunjung yang tidak menjadi target tidak akan memperbesar peluang mendapatkan uang dari blog kita. Alasannya adalah karena mereka tidak melihat adanya sesuatu produk atau informasi yang benar-benar mereka butuhkan. Mereka sebenarnya tidak tertarik pada postingan kita dan tidak akan membagikan link menuju blog kita kepada orang lain.

3. Jual produk yang benar-benar dibutuhkan pengunjung

Setelah blog kita didatangi pengunjung yang ktia targetkan selanjutnya adalah menyediakan produk yang mereka butuhkan. Baik produk digital maupun produk fisik.

Jadi kalau misalnya pengunjung datang dari prasa keyword “website profesional untuk perusahaan” maka akan lebih baik kalau kita juga menawarkan jasa pembuatan website profesional. Kalau artikel kita tampil di halaman pertama untuk prasa keyword “cara mendapatkan uang” maka tentu saja akan lebih bagus kalau kita juga menawarkan jualan ebook panduan cari uang di internet.

Menjual produk tidak berarti kita harus menjual produk buatan kita sendiri, atau produk yang kita stok. Lebih-lebih untuk toko online yang masih sedikit mendapatkan pengunjung, kita bisa menjual produk orang lain seperti sistem dropshipping.

System ini tidak mengharuskan kita stok barang, jadi tanpa resiko produk tidak laku terjual. Ada banyak produsen produk yang memiliki website yang juga memberikan kesempatan kepada kita untuk bergabung. Keuntungan bisnis jualan pakai system dropshipping ini memang kecil tapi tanpa resiko.

Baca juga: usaha modal kecil menguntungkan

4. Pastikan produk jualan anda mudah terlihat pengunjung

Tentu saja 2 langkah diatas mengharuskan anda menjual sesuatu di blog anda. Bisa produk jasa maupun produk non jasa. Lebih penting lagi buat apa yang anda tawarkan mudah terlihat pengunjung meskipun mereka hanya membaca sekilas apa yang anda tulis. Jadi perlu ditampilkan di posisi terbaik di halaman blog anda agar mudah terlihat pengunjung.

Memperhatikan 3 poin diatas perlu untuk meningkatkan peluang mendapatkan uang dari pengunjung blog. Anda tentu tidak ingin blog anda yang sudah ramai pengunjung malah gagal menghasilkan uang. Untuk mengetahui apa penyebab blog tidak menghasilkan uang silahkan klik apa sebab blog tidak menghasilkan uang.

5.  Pasang link affiliasi atau pasarkan produk anda dalam setiap artikel

Prisipnya adalah bagaimana agar setiap pengunjung yang datang mengetahui bahwa anda menjual produk atau layanan, tanpa mereka harus mencari tahu terlebih dulu. Jadi anda harus pasang gambar produk, link affiliasi dan kalimat pemasaran di posisi yang bisa terlihat oleh setiap pengunujung yang datang.

Meskipun nilai tiap klik iklan PPC kecil, namun bolehlah kita ikut program PPC Google. Memasang iklan PPC ini salah satu alternatif untuk kita yang belum mempunyai produk sendiri atau tidak punya link affiliasi.

Namun karena situs kita sepi pengunjung maka jangan berharap mempraktekkan cara mendapatkan uang dari blog ini akan banyak menghasilkan. Nilai untuk setiap klik iklan Google AdSense sekarang ini kecil sekali, kita tidak akan banyak menikmati pemasukan dari iklan PPC karena jumlah pengunjung yang sedikit.

Jadi untuk blog sepi pengunjung lebih baik pasang link affiliasi. Tentu saja affiliasi yang kita ikuti harus sesuai dengan tema blog kita. Pasang link affiliasi dengan format dofollow. Bisa pula berbentuk banner.

Anda perlu juga pasang gambar produk atau menyisipkan kalimat pemasaran untuk produk yang anda jual dalam setiap artikel yang anda terbitkan. Setidaknya pasang gambar produk di sidebar blog anda.

Demikianlah sedikit masukan untuk anda yang ingin tahu cara mendapatkan uang dari blog untuk setiap kunjungan. Khususnya jika blog anda masih belum banyak menerima pengunjung.

Lanjutkan baca ini juga strategi menjadikan blog sumber penghasilan.

Tinggalkan Balasan