Cara mendapatkan backlink berkualitas baik

cara mendapatkan backlink berkualitas

Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net

Anda perlu mengetahui cara mendapatkan backlink berkualitas untuk meningkatkan peringkat artikel di blog anda di halaman hasil pencarian Google, karena backlink berkualitas masih tetap dan selalu efektif untuk mendongkrak ranking blog.

Pasca keluarnya algoritma google penguin masalah link building atau usaha mendapatkan backlink menjadi sangat menarik untuk dibahas dan menjadi pokok perbincangan di kalangan penggiat SEO.  Ada banyak yang bilang backlink itu tidak lagi diperlukan, atau malah banyak yang bilang untuk menampilkan  artikel blog di halaman pertama google hanya perlu menulis artikel berkualitas, meskipun artikel tersebut tidak mendapatkan backlink sama sekali.

Asumsi tersebut tidak sepenuhnya salah, namun algoritma google menilai sebuah artikel itu berkualitas tidak hanya berdasarkan bagaimana dan dimana artikel tersebut ditulis, melainkan juga bagaimana ia mendapatkan dukungan dari artikel lain yang juga berkualitas, dukungan itu berupa apakah sebuah artikel itu mendapatkan backlink, dan dari mana backlink tersebut ia dapatkan.

Cara mendapatkan backlink berkualitas

 

1.  Dapatkan backlink secara alami

Ini cara terbaik dan biasanya backlink yang didapat dengan cara ini sangat berkualitas, apabila berasal dari situs yang bernilai authority tinggi dan ditempatkan dalam artikel yang relevan. Untuk mendapatkan link jenis ini, umumnya kita harus menerbitkan artikel yang berkualitas, sehingga orang akan tertarik membuat link menuju artikel kita di dalam artikel yang terbit di blog mereka.

Misalnya anda menulis artikel tentang SEO yang sangat membantu seorang blogger, maka tidak tertutup kemungkinan sang blogger yang merasa terbantu akan membuat artikel yang mirip, dengan narasi yang berbeda dan membuat link ke artikel  anda sebagai sebuah referensi.

Tapi tentu saja hanya link yang berasal dari situs yang sejenis dan bereputasi baik dan ditempatkan di dalam artikel yang relevan akan sangat membantu meningkatkan peringkat artikel kita.

2.  Meminta blogger lain membuat link di blog mereka menuju artikel anda

Anda bisa saja mengirim email kepada blogger lain untuk meminta mereka membuat link di blog mereka menuju artikel anda. Kemudian anda membalas mereka dengan membuat link di blog anda menuju situs mereka. Tapi tentu saja anda dan mereka hendaknya membuat link di blog yang relevan.

Untuk itu anda sebaiknya meminta tukar link dengan blog yang relevan dengan blog anda, dan link tersebut ditempatkan dalam artikel yang juga relevan dengan artikel anda. Misalnya topik utama blog anda tentang SEO, maka minta blog yang juga membahas tentang SEO membuat artikel dan membuat link menuju artikel anda yang relevan.

Anda sebaiknya jangan membeli link, karena anda tidak akan diberitahu dari mana sumber link yang anda dapatkan dan dimana link menuju blog anda ditempatkan. Jadi jangan heran jika anda melihat sebuah artikel yang mendapatkan backlink 10 buah, malah bisa tampil di posisi yang lebih baik dari artikel yang mendapatkan backlink 100 buah, karena 1 buah backlink dari konten yang relevan dan berperingkat bagus di google dan memiliki nilai page authority yang tinggi, lebih bernilai dari 100 backlink dari konten yang tidak relevan, apalagi kalau berperingkat rendah di google.

Untuk mengetahui lebih mudah nilai page authority sebuah blog anda bisa memasang tool Mozbar dari moz.com di perambah web komputer anda.

3.  Menempatkan link di blog orang lain melalui kotak komentar

Cara ketiga ini berbeda dengan cara pertama dan cara kedua.  Ini cara paling mudah mendapatkan backlink, sekaligus nilai backlink yang didapat dengan cara ketiga ini paling rendah.

Umumnya setiap blog menyediakan kotak komentar dimana setiap pengunjung bisa memberikan komentar dan menempatkan link menuju blog mereka, dan ini cara paling populer dan paling mudah mendapatkan backlink. Namun kebanyakan blog bereputasi baik menjadikan setiap link di komentar bersifat nofollow dengan tujuan untuk menjaga kualitas optimasi artikel mereka. Link nofollow yang anda buat di blog tersebut tidak memberi dampak meningkatkan peringkat blog di google.

Kalaupun link di komentar bersifat dofollow maka nilainya tetap mengecil kalau artikel dimana anda menempatkan link tidak relevan dengan blog anda. Yang lebih berbahaya lagi kalau anda terlalu banyak mendapatkan backlink dari komentar yang anda berikan dengan menggunakan teks link yang sama, maka lambat laun blog anda bisa terkena hukuman over optimasi.

4. Mendapatkan backlink dengan menulis posting di blog orang lain

Cara lain lagi mendapatkan link adalah dengan menerbitkan artikel di website direktori atau website/blog yang banyak membuat link keluar, atau dengan kata lain blog yang setiap artikel yang terbit selalu memiliki link keluar.

Kecuali blog direktory tersebut bereputasi sangat baik, menerbitkan link di blog direktori tidak besar pengaruhnya untuk meningkatkan ranking blog anda. Kenapa ?. Karena artikel yang  terlalu banyak memuat link eksternal yang bersifat dofollow akan menjadi lemah kualitas optimasinya, sekaligus link yang berasal dari blog atau web yang terlalu banyak memuat artikel yang memiliiki link menuju situs eksternal kecil sekali nilainya, dan malah dalam banyak kasus bisa jadi blog/website tersebut dianggab ladang link. Nah kalau anda mendapatkan backlink dari website ladang link malah blog anda akan mendapatkan hukuman.

Jadi ketimbang anda menerbitkan artikel di situs direktori masih lebih baik anda menjadi blogger tamu dimana anda bisa menerbitkan artikel anda di blog yang relevan.  Anda bisa pilih blog yang memiliki nilai domain authority yang bagus.

Anda pilih blog yang relevan dengan blog anda dan anda biasanya diperbolehkan membuat link menuju blog anda dalam artikel tersebut. Semakin bagus kualitas blog tempat anda menjadi blogger tamu, akan semakin bernilai pula backlink yang blog anda dapatkan.

Untuk bisa diterima menjadi blogger tamu, anda setidaknya harus menawarkan artikel yang belum pernah terbit di blog tersebut. Kualitas artikel juga mesti bagus, sekaligus anda hendaknya menulis dengan detil membahas tofik yang anda pilih. Salah satu tulisan saya tentang cara melaporkan pelanggaran hak cipta yang terbit di blogodolar.com mampu meningkatkan peringkat SERP Google untuk salah satu posting di blog informasibisnis.net (sekarang informasibisnis.net sudah tidak online).

Kesimpulan

 

  1. Anda tempatkan link menuju blog anda di blog berkualitas yang relevan. Perkara bagaimana menempatkan link di blog berkualitas ini tentu saja bukan pekerjaan mudah. Anda bisa gunakan cara pertama atau cara kedua dari 3 cara mendapatkan backlink diatas.
  2. Gunakan cara pertama mendapatkan backlink. Anda buat artikel yang sangat berkualitas dan sangat bermanfaat membantu blogger lain, dan tunggulah mereka membuat link menuju artikel anda bila mereka menulis artikel yang relevan dengan artikel anda.
  3. Gunakan cara kedua untuk mendapatkan backlink. Anda minta blogger lain untuk tukaran link dengan anda. Caranya anda meminta mereka menerbitkan artikel anda di blog mereka dan buat beberapa link yang relevan menuju halaman lain di blog anda dalam artikel tersebut.
  4. Anda gunakan teks link yang deskriptif, misalnya anda bermaksud membuat link menuju artikel tentang cara mendapatkan backlink maka gunakan teks “cara mendapatkan backlink” sebagat teks link.
  5. Lakukan tukar menukar link dengan cara satu arah. Misalnya link menuju blog anda ditempatkan di blog A, anda jangan buat link dari blog anda tersebut menuju blog A, gunakan blog anda yang lain yang juga relevan untuk menempatkan link menuju blog A. Jadi kalau anda ingin tukar menukar link yang efektif maka sebaiknya anda membuat sedikitnya 2 buah blog yang tidak memiliki hubungan link.
  6. Jangan terlalu banyak tukaran link dengan blog lain apalagi bila tidak relevan. Maksudnya kalau anda membuat pola tukaran link seperti yang saya jelaskan di atas maka anda sebaiknya batasi misalnya hanya tukar menukar link dengan 10 buah blog saja.
  7. Pasang tool mozbar dari seomoz.org untuk mempermudah anda memonitor nilai page authority dan domain authority blog apapun di hasil pencarian.
  8. Minta blogger lain untuk tidak menempatkan link menuju blog anda di sidebar atau footer karena posisi tersebut menjadikan link berkurang kualitasnya, malah sebaiknya jangan anda pasang link dofollow apapun di sidebar atau footer blog anda.
  9. Membuat link internal di blog yang sama menuju artikel anda yang lain adalah juga cara termudah mendaptkan backlink, namun harap berhati-hati jangan berlebihan membuat link internal. Buat link hanya di halaman yang relevan.

Demikianlah ulasan tentang bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas. Kata kunci dari cara mendapatkan backlink berkualitas adalah menempatkan backlink di blog berkualitas dan relevan. Kemudian jangan berharap anda mendapatkan backlink berkualitas secara instant misalnya dengan membeli ribuan backlink atau menempatkan link di ribuan situs dalam 1 bulan.

Tak kalah penting adalah backlink itu perkara urutan ke 3 setelah membuat template blog anda google friendly dan menulis artikel berkualitas. Tanpa melakukan 2 pekerjaan tersebut terlebih dahulu maka backlink berkualitas yang anda dapatkan akan sedikit sekali pengaruhnya untuk meningkatkan peringkat blog anda di halaman google.

Satu opini pada “Cara mendapatkan backlink berkualitas baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *