Cara meningkatkan nilai page authority halaman blog

Istilah page authority tidak begitu terkenal khususnya dikalangan blogger pemula, apalagi mengetahui cara meningkatkan nilai page authority halaman blog atau website.

Sangat sedikit blogger yang menulis tentang page authority.  Beda dengan PageRank, alexa rank atau ranking SERP yang adalah jenis pemeringkatan situs yang sudah pasti dikenal oleh sebagian terbesar blogger.

Apa itu page authority

 

cara meningkatkan nilai page authority halaman blog

Page authority adalah nilai sebuah halaman menurut alat ukur milik moz.com.  Nilai page authority dimulai dari angka 1 sampai angka 100.  Jadi setiap halaman di internet itu akan memiliki nilai page authority dari moz.com.

Page authority ini sesuai namanya ia berupa nilai untuk masing-masing halaman, jadi setiap halaman di blog anda memiliki nilai page authority berbeda-beda.  Umumnya artikel posting yang baru diterbitkan akan mendapatkan nilai page authority 1.

Nilai page authority sebuah halaman tidak selalu tetap dan tidak juga selalu meningkat, ia akan berfluktuasi dan dipengaruhi bangunan link dalam halaman tersebut dan berapa nilai backlink yang halaman tersebut dapatkan.  Halaman di blog anda yang mendapatkan link dari halaman lain yang memiliki nilai page authority tinggi, akan ikut terdongkrak nilai page authoritynya.

Bagaimana Moz.com memberi nilai page authority sebuah halaman ?.  Menjawab pertanyaan ini sama sulitnya dengan bagaimana memahami algoritma ranking google.  Namun pada pokoknya nilai page authority bisa didapatkan melalui link masuk. Jadi kalau halaman blog anda mendapatkan link dari sebuah halaman dengan nilai page authority 20, maka akan lebih baik dari pada link dari halaman dengan nilai page authority 15.  Jadi semakin tinggi nilai page authority sebuah halaman, semakin besar nilai link dari halaman tersebut.

Bagaimana cara meningkatkan nilai page authority halaman blog

Salah satu cara meningkatkan nilai page authority halaman blog adalah dengan memberi halaman tersebut backlink berkualitas bukan spam. Nilai kualitas sebuah halaman bisa anda lihat bagaimana nilai page authority halaman tersebut dan bagaimana rankingnya di hasil pencarian google.

Jadi anda harus berusaha mendapatkan backlink dari halaman dengan nilai page authority tinggi.  Anda tidak perlu banyak mendapatkan backlink untuk meningkatkan nilai page authority halaman anda.  Bahkan seringkali 1  backlink internal yang halaman di blog anda terima dari halaman lain di blog yang sama dengan page authority tinggi, bisa membuat halaman tersebut mendapatkan nilai page authority yang cukup signifikan.

Kalau anda memasang ekstensi Mozbar di google chrome anda, anda akan lebih mudah melihat nilai page authority sebuah halaman web/blog. Jangan heran meskipun halaman anda mendapatkan backlink ratusan, akan bisa memiliki nilai page authority yang sama dengan halaman yang hanya mendapatkan 1 buah backlink.

Nilai page authority sebuah halaman bisa menjadi sinyal apakah sebuah halaman tersebut mendapatkan backlink berkualitas, dan karena itu peringkat halaman tersebut akan bagus di hasil pencarian google. Umumnya peringkat halaman hasil pencarian google didominasi oleh halaman dengan nilai page authority tinggi.

Namun demikian tidak harus halaman dengan nilai page outhority tinggi berperingkat lebih baik dari halaman bernilai page authority rendah, karena metrik page authority adalah nilai kualitas sebuah halaman menurut alat ukur moz.com, sementara moz.com sendiri tidak ada keterkaitan dengan google.

Google sendiri menentukan halaman yang berhak tampil di halaman pertama hasil pencarian google untuk sebuah kata/prasa kata kunci berdasarkan algoritma ranking yang rumit, dan page authority yang merupakan nilai sebuah halaman berdasarkan backlink yang ia dapatkan hanya salah satu faktor dari banyak faktor yang menentukan apakah sebuah halaman layak tampil di halaman pertama google.

One thought on “Cara meningkatkan nilai page authority halaman blog

Tinggalkan Balasan