Cara menulis artikel berkualitas baik dan benar

cara menulis artikel berkualitas
Bagaimana cara menulis artikel berkualitas baik dan benar. Untuk diketahui Google sangat efektif dan pandai memilah yang mana dari banyak konten artikel yang beredar di internet yang paling berkualitas, karena itu pantas tampil di halaman pertama google.

Menjadi lebih penting lagi kalau anda menulis artikel dibayar atau pesanan orang lain. Jadi meskipun artikel kita informatif dan benar-benar bisa membantu pengunjung menyelesaikan masalah yang pengunjung hadapi, belum tentu artikel kita akan tampil di halaman pertama google, bila tidak sesuai dengan standar kualitas google.

Masalah kualitas itu relatif untuk setiap orang. Boleh jadi apa yang menurut anda baik dan berkualitas, belum tentu memenuhi keinginan orang lain. Jadi teknik atau cara menulis artikel yang berkualitas baik itu harus dipelajari. Namun saya berpendapat tips menulis artikel berikut ini patut anda praktekkan.

  • Tulis artikel untuk memberikan solusi atas sebuah permasalahan secara tuntas.
  • Terbitkan artikel yang enak dan mudah dibaca.
  • Menggunakan kalimat yang mudah dimengerti oleh pembaca yang ditargetkan.
  • Artikel hendaklah memuat kalimat yang terangkai sambung menyambung dengan kalimat berikutnya hingga akhir.
  • Akhirnya artikel tersebut memenuhi selera pembaca dan membantu pengunjung.

Jadi dengan menulis artikel yang baik dan memenuhi standar diatas, maka diharapkan apa yang kita tulis bisa dianggab berkualitas secara umum dan disukai pengunjung, sehingga nantinya pengunjung akan kembali berkunjung ke blog kita, untuk menemukan artikel baru yang barangkali kembali bisa memberi masukan yang bermanfaat bagi mereka

Bagaimana cara menulis artikel berkualitas agar memenuhi  standar google

Berikut ini beberapa poin yang merupakan teknik menulis artikel yang perlu diterapkan, agar bisa memenuhi standar google, khususnya google panda.

1. Miliki topik yang jelas untuk setiap artikel posting blog

Ini syarat utama untuk dikatakan kita telah menulis artikel yang bermutu baik. Jangan sampai pembaca bertanya “tulisan ini bercerita tentang apa sih?”.  Topik yang jelas juga sebaiknya tidak keluar dari tema umum blog.  Jadi kalau tema utama blog tentang SEO, jangan menulis artikel tentang tips kecantikan. Memiliki satu topik yang jelas untuk setiap posting akan lebih memperkuat bobot artikel tersebut.

2. Pahami siapa pembaca blog anda

Sering kita tergoda untuk menulis sesuai mau kita, tanpa mempertimbangkan siapa target pembaca blog. Menulis artikel tanpa mempertimbangkan siapa pembaca blog akan membuat blog menjemukan dan membosankan, atau memusingkan.  Jika target pembaca blog anda adalah pemula, jangan mulai menulis artikel yang memerlukan tingkat pemahaman yang lebih tinggi.

Karena itu kita perlu menentukan segmen pembaca blog kita.  Kalau blog kita tentang panduan untuk pemula, maka tulislah selalu panduan khusus untuk pemula.  Ataupun kalau hendak menulis artikel yang sulit dipahami oleh pemula, maka beri penjelasan bahwa artikel tersebut ditargetkan untuk pembaca tingkat lanjut.

Kalau kita menargetkan pembaca awam maka tulislah artikel yang mudah dipahami oleh jenis pembaca tersebut. Gunanya agar rasa ingin tahu mereka terpenuhi, sekaligus juga memperbesar peluang mereka klik halaman lain di blog kita.  Kalau pengunjung juga membaca halaman lain di blog kita, maka nilai pageview akan membaik, ini akan memberikan sinyal kepada google bahwa artikel kita berkualitas.

3. Tulis artikel yang mudah dipahami

Menulis artikel yang mudah dipahami itu adalah langkah selanjutnya setelah kita mengetahui siapa pengunjung blog kita. Sehingga apa yang kita tulis mudah mereka pahami, untuk lebih mudah diambil inti atau pokok bahasannya, bahkan jika pengunjung hanya membaca sekilas untuk mendapatkan poin terbaik.

Namun jika target pengunjung adalah mereka yang berlatang belakang pendidikan tinggi, tentu anda boleh saya menulis artikel ilmiah, karena biasanya mereka akan bisa mencerna isi artikel anda.

4. Tampilkan kata cetak tebal, miring, dan kata-kata bergaris bawah dalam isi posting

Ini akan membantu mengarahkan perhatian pembaca ke bagian posting yang paling penting. Tapi tidak lagi seperti dulu, memberikan penekanan seperti cetak tebal, garis bawah tidak lagi memberi pengaruh meningkatkan peringkat, malahan dalam banyak kasus bahwa memberikan penekanan pada kata kunci yang anda targetkan adalah cara optimasi yang tidak disukai google.

Jadi pastikan anda memberikan penekanan pada kata atau kalimat semata-mata untuk mengarahkan fokus perhatian pengunjung.

5. Gunakan sub judul dalam artikel posting

Susunan artikel yang baik itu biasanya diawali dengan bagian pembuka yang berisi latar belakang masalah, kemudian bagian isi yang membahas pemecahan masalah yang lebih mendalam. Bagian isi ini lebih banyak memuat kalimat. Karena itu sebaiknya bagian isi dibagi kedalam beberapa sub judul. Selain agar lebih mudah diambil intisari tulisan, juga agar terkesan artikel anda mendalam.

Artikel yang memiliki bahasan yang lebih mendalam adalah salah satu kriteria artikel berkualitas. Sub judul salah satu tanda penting bahwa artikel kita memiliki bahasan yang mendalam.  Jadi kalaupun artikel kita sudah informatif dan memiliki jumlah kata yang banyak dengan kepadatan kata kunci yang wajar, tanpa dinilai sebagai artikel yang memiliki bahasan yang mendalam, maka artikel tersebut dianggab tidak berkualitas menurut standar google.

Namun yang penting dipahami sub judul harus relevan dengan topik artikel, dan isi dari konten dibawah subjudul hendaklah relevan dengan sub judul.  Jangan buat sub judul yang kesannya dipaksakan hanya semata-mata agar dianggab memiliki bahasan yang mendalam, jadi kesannya kita mengakali search engine.

6. Sisipkan gambar ke dalam artikel posting blog

Gambar memberikan pembaca blog dengan tampilan visual dari apa yang kita coba katakan.  Tapi berhati-hati agar tidak memuat gambar yang malahan menjadikan blog anda lambat loading.

Pilih gambar yang perlu saja, dan gunakan gambar yang tajam dengan ukuran sekecil mungkin agar blog tidak lambat loading. Berikan attribut Alt dengan kalimat yang relevan dengan target kata kunci pada setiap gambar agar menambah nilai pada aritkel dan bisa terindex search engine.

Teks alt juga harus berupa kata deskriptip sesuai topik blog anda, misalnya anda menulis artikel tentang tips menulis artikel berkualitas, maka teks alt harus pula berupa kalimat tips menulis artikel yang bekualitas atau kalimat yang mirip.

7. Tulis posting dengan paragraf pendek

Umumnya pengunjung akan malas membaca paragraf yang panjang, dan anda mungkin seperti itu juga. Jadi, bagilah paragraf panjang anda menjadi lebih pendek.

Menulis artikel dengan paragraf pendek tidak berarti anda membatasi jumlah keseluruhan kata dalam artikel. Sebagian besar blog yang tampil di posisi halaman pertama adalah blog dengan posting yang punya jumlah kata diatas 1000. Selain itu juga dengan menulis kata lebih banyak, maka peluang mendapatkan pengunjung dari beragam kata kunci juga besar.

Kalau anda lihat artikel di koran, umumnya setiap paragraf rata-rata tidak lebih dari 10 baris. Padahal setiap baris hanya berisi maksimal 32 karakter, jauh lebih pendek dari artikel posting media online. Karena itu membaca koran, tidak mudah bosan.

8. Pastikan artikel anda unik

Google panda sangat menyukai artikel unik. Bukan hanya isi artikel harus unik, bahkan judul artikel juga harus berbeda dari artikel lain di blog anda dan di blog orang lain. Meskipun demikian cukup sulit menulis artikel yang benar-benar lain dari yang pernah ada di internet, tapi setidaknya dengan menerbitkan artikel tulisan kita sendiri maka kesan unik akan tetap muncul.

Artikel lain tentang penulisan artikel:

Kesimpulan

Artikel berkualitas itu adalah artikel yang mudah dipahami pembaca, bisa memberikan solusi secara tuntas atas sebuah masalah yang mereka temui. Artikel tersebut juga hendaknya enak dibaca dengan sususnan kata dan kalimat yang baik dan sambung menyambung membentuk satu kesatuan topik bahasan.

Bila bicara kualitas menurut standar google tentu saja akan lebih luas lagi kriterianya, namun setidaknya sebuah artikel hendaklah ditulis dengan standar akademik dan disukai pengunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *