Cara membuat link di blog

Cara membuat link di blog itu mudah, namun jika tujuan anda membuat link untuk meningkatkan peringkat hasil pencarian halaman yang dituju dan mengarahkan pembaca menuju artikel terkait untuk meningkatkan pageview, maka anda harus mengetahui cara yang benar membuat link di blog agar efektif dan berdampak positif.

Satu hal yang penting untuk diingat jangan berlebihan membuat link, link internal dari satu posting populer yang relevan sudah mencukupi. Artikel ini menjelaskan cara membuat link di blog dan beberapa kesalahan dalam membuat link yang berakibat tidak adanya pengaruh positif terhadap ranking hasil pencarian suatu halaman blog, malahan bisa merusak performa blog anda.

Cara membuat link di blog

Mungkin diantara pembaca artikel ini ada yang lupa arti dari link, link adalah kata atau frasa yang biasanya berwarna berbeda dari teks lainnya yang bila diklik akan terbuka halaman lain dari blog yang sama atau website lain. Bagaimana membuat link di blog ?. Mudah sekali anda login ke blogger.com kemudian buat entri baru/edit entry, selanjutnya anda sorot kata yang ada pada isi posting anda yang ingin anda buat link. Kemudian klik tulisan “link” yang ada dibagian atas kotak entri. Setelah anda klik akan tampil gambar seperti dibawah ini.

cara membuat link di blog blogspot

Pada gambar diatas saya hendak membuat link menuju halaman lain di blog ini tentang link yang relevan. Setelah saya sorot teks “link yang relevan” maka tampil kotak diatas. Pada link to: saya klik web address dan saya isi dengan link tujuan yang membahas tentang link yang relevan. Jangan lupa beri tanda pada kotak kecil disamping tulisan “open this link in new window” agar begitu link diklik akan terbuka tab baru. Kalau link yang anda buat menuju situs luar sebaiknya beri tanda pada kotak disamping tulisan “add rel=nofollow attribute”.

Berikut ini yang perlu anda pertimbangkan dalam membuat link di blog

  1. Buat link menuju artikel yang relevan.  Google menilai link yang relevan dengan topik sangat bernilai dan bisa mendongkrak peringkat halaman yang dituju, apalagi kalau link tersebut di tempatkan di posting yang memiliki peringkat yang bagus di hasil pencarian.
  2. Gunakan teks link yang merupakan kata kunci.  Teks link yang merupakan kata kunci artikel yang dituju memberikan penjelasan kepada google bahwa halaman yang dituju oleh link tersebut adalah tentang apa yang dimaksud oleh teks link.  Jadi kalau anda membuat link menuju artikel tentang membangun link maka buat link menggunakan teks link “membangun link”. Namun demikian ketimbang menggunakan kata kunci pendek akan lebih aman dari Google penguin bila pakai kata kunci panjang, misalnya kata kunci lebih dari 3 kata.
  3. Jangan buat lebih dari 1 teks link dalam satu posting menuju artikel yang sama.  Membuat lebih dari 1 teks link dalam satu artikel menuju artikel lain yang sama boleh jadi akan dianggab over optimasi. Meskipun masih banyak yang menggunakan teknik membuat lebih dari 1 buah link menuju posting yang sama, bahkan ada juga yang membuat link di sebuah artikel yang menuju artikel yang sama dimana link tersebut ditempatkan. Algoritma google sudah kian pintar, tidak tertutup kemungkinan cara buat link seperti itu dianggab over optimasi.
  4. Jangan buat link di sidebar dan footer.  Membuat link di sidebar dan footer akan mengakibatkan teks link tersebut ada di semua halaman, dan artinya link tersebut akan ada juga di halaman yang tidak relevan. Jadi akan lebih baik hanya membuat link terkait seperti yang ditempatkan di bawah artikel posting.  Anda bisa lihat di blog ini, saya tidak membuat satupun teks link di sidebar dan footer selain dari link yang tidak bisa dihindari seperti link iklan di sidebar, kemudian link member google friend connect, link alexa. Namun saya tidak satupun membuat link menuju artikel di blog ini di sidebar dan footer. Jadi maksud saya agar setiap halaman di blog ini benar-benar unik, dan hanya memiliki link yang relevan.
  5. Perhatikan link di komentar.  Link yang dibuat komentator yang menuju halaman blog sang komentator seringkali akan memberi nilai pada blog komentator sekaligus mengurangi kekuatan optimasi artikel kita, jadi lebih baik buat link komentator nofollow (rel=”nofollow”).

 

Beberapa kesalahan dalam membuat link di blog

 

  1. Tidak ada link internal.  Membuat link internal yang benar sangat penting untuk tujuan agar robot search engine menjelajahi seluruh halaman posting yang ada di blog anda. Setiap kata yang merupakan kata kunci untuk suatu halaman posting seharusnya anda manfaatkan untuk menempatkan link menuju halaman tersebut. Tidak memanfaatkan kata kunci yang ada pada halaman yang anda terbitkan berakibat pada tidak optimalnya usaha SEO anda terhadap keseluruhan halaman website atau blog. Tapi ingat buat link menuju posting yang relevan dan jangan berlebihan, cukup satu buah link dalam satu halaman yang menuju halaman lain yang relevan.  Kalau peringkat hasil pencarian suatu halaman blog sudah bagus di SERP lebih baik hentikan menempatkan link menuju halaman tersebut agar google tidak menganggab anda over optimasi, apalagi jika anda menggunakan teks link yang sama.
  2. Link eksternal terlalu banyak di satu posting.  Ini adalah cara termudah untuk menjatuhkan peringkat dalam website atau blog. Memiliki terlalu banyak link menuju situs luar pada posting (misalnya lebih dari 50) adalah seperti memiliki sebuah ember dengan 50 lubang di dalamnya. Terlepas dari berapa banyak air yang anda tuangkan ke dalamnya, semua air yang masih tersisa akan berakhir di lantai. Anda harus menentukan link eksternal yang benar-benar diperlukan. Lebih baik buat link ekternal dalam format nofollow (rel=”nofollow”).
  3. Menggunakan kata yang salah untuk teks hyperlink.  Ketika anda akan menghubungkan ke halaman lain pada blog anda hindarkan menggunakan kata generik seperti “klik di sini” atau kata lain yang bukan merupakan kata kunci yang tepat.  Bila anda menggunaka kata “peringkat hasil pencarian” sebagai hyperlink maka itu diartikan oleh search engine sebagai link menuju suatu halaman tentang peringkat hasil pencarian. Bayangkan kalau anda gunakan kata “klik disini”, kata “klik disini” bukan sebuah kata kunci untuk judul posting yang anda maksudkan. Kecuali kalau anda tidak bermaksud memberi bobot teks link tersebut.
  4. Berbeda teks hyperlink untuk halaman yang sama.  Kesalahan umum lainnya adalah membuat beberapa link internal dalam satu posting untuk satu halaman yang sama dengan menggunakan kata kunci yang berbeda. Tentukan kata kunci utama sebagai hyperlink untuk menuju halaman tertentu. Menempatkan lebih dari satu teks link menuju artikel yang sama dalam suatu posting bisa juga dianggab anda melakukan over optimasi.

Untuk keperluan membuat link internal anda sebaiknya mencatat semua judul posting anda dan kata kunci yang anda targetkan untuk masing masing judul posting. Kemudian catat juga diposting mana saja anda membuat link menuju suatu halaman. Misalnya anda memiliki artikel berjudul membuat link di blog, anda perlu mencatat di artikel mana saja anda membuat link yang menuju artikel tersebut, dan teks link apa saja yang anda gunakan. Gunanya untuk menghitung apakah anda telah berlebihan dalam membuat link menuju artikel tersebut.  Anda bisa juga gunakan google webmasters tool untuk melihat link internal di blog anda.

Artikel terkait dengan cara membuat link internal silahkan baca cara membuat link internal yang benar.

Perlu untuk diingat bahwa pasca keluarnya algoritma google panda dan google penguin anda harus berhati-hati untuk tidak berlebihan membuat link internal. Kalau banyak peringkat kata kunci blog anda merosot akan lebih baik meninjau kembali bangunan link internal blog anda untuk memastikan anda hanya membuat link menuju posting yang relevan.

Tinggalkan Balasan