Cara memilih template blog bisnis online

cara memilih template blog bisnis online
Cara memilih template blog blogspot yang bagus itu disesuaikan dengan apa jenis bisnis yang hendak anda lakukan. Apakah anda hendak bisnis berupa jualan produk atau bisnis jualan jasa, atau sekedar mengonlinekan bisnis yang sudah anda punyai.

Apapun jenis bisnis yang hendak anda lakukan, memilih template blog yang cocok itu sebuah keharusan. Karena tanpa memiliki template yang cocok, maka blog anda tidak akan efektif untuk mendukung kesuksesan bisnis anda.

Bagaimana cara memilih template blog untuk bisnis

1. Memilih template blog blogspot untuk blog toko online

Template blog blogspot toko online atau template blog jualan online yang bagus biasanya berupa template empat kolom atau lebih. Kenapa harus empat kolom atau lebih. Blog dengan tampilan empat kolom atau lebih akan memungkinkan anda menampilkan banyak gambar produk jualan online anda.

Artikel terkait:
Template blogger toko online gratis

Biasanya blog untuk jualan online atau jualan produk di internet itu akan menampilkan banyak gambar produk. Tentu saja template blog biasa atau misalnya template 2 kolom akan tidak mendukung untuk memuat banyak gambar. Anda perlu pilih template minimal empat kolom. Jadi tiga kolom dari template tersebut adalah kolom untuk menampilkan gambar produk jualan online anda. Satu kolom sisanya berupa kolom bagian paling pinggir (sidebar) untuk menampilkan widget-widget penting semisal nomor kontak anda, gambar-gambar logo produk, link kategori produk dsb.

Contoh blog dengan banyak kolom adalah blog tokobelionline.blogspot.co.id yang memilik 3 kolom. 3 kolom untuk memajang gambar produk dan kolom bagian bawah untuk menampilkan kategori produk, nomor kontak yang bisa dihubungi konsumen, status online akun messegger, dsb.

2. Template blog blogspot untuk bisnis jualan jasa

Untuk membuat blog jualan jasa, biasanya anda tidak harus memajang banyak gambar di halaman blog anda, dan bahkan mungkin anda hanya akan memajang sangat sedikit gambar. Untuk blog jenis ini anda bisa pilih template 2 kolom atau cukup 3 kolom saja.

Kenapa tidak perlu template banyak kolom, karena biasanya blog jenis jualan jasa akan lebih banyak diisi oleh tulisan, jadi akan lebih bagus memilih template blog sedikit kolom kalau sekedar untuk memajang tulisan.

Ada banyak template blog blogspot gratisan yang bisa anda temukan di internet dan bisa anda download semau anda. Anda bisa pilih yang paling terlihat indah dan kaya warna. Tapi untuk blog yang baik tentu saja anda sebaiknya tidak pilih template yang semata-mata terlihat sangat indah, ada banyak faktor yang harus anda pertimbangkan dalam memilih template.

Apa yang perlu dipertimbangkan dalam memilih template blog

Blog untuk bisnis tentu saja akan menargetkan pengunjung yang berpeluang menjadi konsumen produk yang kita tawarkan. Sementara pengunjung yang paling mungkin menjadi konsumen kita adalah pengunjung yang mendatangi blog kita melalu klik judul blog atau judul artikel kita yang tampil di halaman pertama google.

Jadi untuk mendatangkan pengunjung tersebut kita hendaklah menampilkan artikel yang kita tulis yang terkait dengan bisnis kita di halaman pertama google. Setelah tampil di peringkat atas halaman google maka blog akan bisa efektif sebagai alat mencapai tujuan bisnis.

Untuk menampilkan blog di halaman pertama google bukan pekerjaan instan, ada banyak standar kualitas yang dituntut google pada suatu blog yang tampil di halaman pertama di hasil pencarian.

Salah satu yang paling penting adalah seberapa dekat template blog kita memenuhi standar google. Diantaranya apakah template blog kita memberikan kemudahan kepada robot google mengakses seluruh konten blog. Seberapa mudah robot google menelusuri seluruh isi halaman blog. Apakah template blog yang kita gunakan memuat kode-kode yang ditulis dengan benar. Apakah template blog cukup kecil ukuran bytenya, dsb. Singkatnya template yang baik untuk bisnis itu adalah template yang google friendly.

Salah satu template yang paling google friendly adalah template standar yang disediakan oleh blogger.com pada saat kita membuat blog. Template standar tersebut memang sangat sederhana, namun tampilan yang sederhana tersebut sengaja dibuat dengan mempertimbangkan agar lebih mudah diakses robot google dan berukuran byte yang kecil.

Kalau menurut anda tampilan blog anda tidak terlihat indah, anda bisa ubah tampilan template standar blogger tersebut dengan menggunakan perancang template blogger. Anda bisa ubah warna background, warna latar belakang sidebar, ukuran lebar kolom dsb. Semua itu hanya agar tampilan blog bisnis online anda menarik memenuhi selera anda.

Pilih template yang responsive

Menggunakan template responsive akan menjamin blog anda bisa dibuka di layar ponsel, tab sama baiknya dengan jika dibuka di layar komputer desktop atau notebook.

Perlu anda ketahui bahwa pengakses internet terbanyak adalah mereka yang pakai ponsel smartphone. Pengguna smartphone sudah lebih banyak dari pemakai laptop. Jadi memakai template responsive harus anda lakukan, jika anda ingin pengunjung betah melihat-lihat isi blog anda.

Kalau anda ingin tampilan blog anda lebih bagus untuk bisnis, sebaiknya anda beli template premium yang pasti akan membuat penampilan blog anda jauh lebih menarik. Template blogspot premium biasanya memiliki fitur shopping cart. Ada pula fitur notifikasi pesanan melalui email.

Jika mau lebih bagus lagi, saran saya buat website wordpress dan pakai theme premium. Bisnis anda akan benar-benar tampil profesional. Contoh toko online wordpress yang pakai theme premium adalah www.tokofashiononline.net. Tidak sampai Rp.500.000 anda sudah bisa memiliki toko online dengan fitur ecommerce lengkap seperti itu.

Jika anda mau buat blog yang baik anda baca dulu artikel paduan super lengkap  ini cara membuat blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *