Cara menghilangkan duplikat deskripsi blog

cara menghilangkan duplikat deskripsi blog

Jangan sampai lebih dari 1 posting blog anda memiliki deskripsi yang sama. Anda perlu mengetahui cara menghilangkan duplikat deskripsi blog anda. Google tidak suka blog yang memiliki deskripsi yang sama untuk lebih dari 1 halamannya.

Duplikat pada blog itu tidak hanya duplikat pada deskripsi, juga pada tag judul atau 1 posting punya 2 URL. Deskripsi ganda ini biasanya mempengaruhi ranking hasil pencarian sebuah blog. Itu juga yang menimpa blog bisniskecilonline.blogspot.com beberapa bulan lalu. Jadi menurut tool webmasters (google.com/webmasters/) ada banyak halaman blog tersebut dengan deskripsi meta ganda atau halaman dengan deskripsi blog yang dobel.

Duplikasi deskripsi meta atau duplikat deskripsi meta blog pada banyak halaman blog adalah salah satu dari banyak faktor yang membuat peringkat blog menurun drastis di hasil pencarian google. Jadi kalau dahulu anda lihat source kode beberapa halaman blog tersebut di layar chrome anda, anda akan melihat bahwa halaman-halaman tersebut menampilkan 2 buah deskripsi yang sama (pengulangan).

Apa itu deskripsi meta

Deskripsi meta ini sebutan untuk kode untuk menampilkan deskripsi blog anda. Jadi kalau anda membuat blog blogspot anda biasanya akan membuat deskripsi blog anda. Jadi deskripsi itu berupa keterangan singkat tentang apa blog anda. LIhat gambar berikut ini!.

deskripsi blog blogspot

Gambar diatas saya tangkap dari layar akun blogger saya, dan pada gambar anda bisa melihat bahwa judul blog informasibisnis.net adalah “Blog bisnis online, tips SEO”. Kemudian anda juga bisa melihat dengan jelas apa deskripsi blog tersebut.  Deskripsi itulah yang terduplikasi atau tergandakan yang bisa anda lihat di source code blog ini melalui menu browser web anda.

Membuat deskripsi sebuah blog itu sangat penting untuk mempermudah google mengklasifikasikan blog kita dan memberi kemudahan kepada pengunjung mengetahui tentang apa blog kita, atau blog kita menulis tentang apa.

Bagaimana mengetahui apakah ada duplikat deskripsi meta pada blog

Untuk mengetahui apakah telah terjadi penggandaan pada deskripsi meta (deskripsi blog) pada blog blogspot anda bisa dilihat di tool webmasters (google.com/webmasters), tentu saja dengan syarat anda telah menambahkan blog anda di akun google webmasters.  Anda login ke google.com/webmasters lalu klik judul blog anda, selanjutnya klik menu “pengoptimalan” – “penyempurnaan HTML”. Lihat gambar beriikut ini !.

cara menghilangkan duplikat deskripsi meta blog

Pada gambar anda bisa melihat kalau tidak ada lagi terjadi duplikasi deskripsi meta, dan tidak juga ada satupun penggandaan url konten blog tersebut. Ini setelah saya lakukan perbaikan. Padahal sebelumnya jumlah halaman yang memiliki duplikat deskripsi blog mencapai 150 halaman. Lalu bagaimana cara menghilangkan duplikat deskripsi meta blog.

Cara menghilangkan duplikat deskripsi blog blogspot

Pada awal pembuatan blog informasibisnis.net yaitu awal tahun 2010 lalu seorang teman yang pada saat itu telah memiliki blog PR 3 menyarankan kepada saya untuk menambahkan meta keywords, meta descpription, yang kode atau teks tersebut diletakkan dibagian atas kode HTML blog setelah kode “<head>”.

Padahal di menu setting dashboard blogger.com telah disediakan form isian untuk menuliskan judul dan deskpripsi blog (lihat kembali gambar diatas), karena itu sebenarnya tidak lagi diperlukan menulis deskripsi meta dan keywords di kode html blog blogspot.

Saya telah terlanjur menuliskan meta description dan meta keywords di kode html blog ini, dan menurut saya itu yang mengakibatkan banyak halaman blog ini memiliki deskripsi meta ganda, karena di menu setting dashboard blogger.com saya juga menuliskan judul dan deskripsi blog yang isinya persis seperti isi deskpripsi yang saya tulis di kode HTML.

Karena itu tag deskpripsi meta, keywords yang ada pada kode HTML blog saya hapus, dan hasilnya jumlah halaman dengan deskripsi meta ganda menjadi berkurang drastis.

Cara menghilangkan duplikat deskripsi blog atau website wordpress

Sejak awal membuat blog wordpress hosting bayar atau website wordpress, anda sebaiknya gunakan plugin SEO seperti Plugin SEO milik Yoast.

Plugin ini akan mempermudah anda membuat deskripsi untuk halaman beranda, halaman statis, halaman posting. Plugin tersebut juga memiliki fungsi SEO on page lain yang sangat diperlukan dalam pengelolaan website anda.

Plugin SEO akan memastikan masing-masing jenis halaman di blog atau website anda terhindar dari memiliki deskripsi yang sama. Plugin ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan duplikat deskripsi pada blog atau website anda.

3 thoughts on “Cara menghilangkan duplikat deskripsi blog

  • Sangat membantu sekali gan artikelnya.
    Saya sekarang jadi lebih mengerti tentang hal duplikat meta deskripsi.
    Oh iya.. kalau di setting dashboard blogger kita isi tapi beda dengan meta tag deskripsi apa masih bisa terjadi duplikat meta deskripsi?

    Terima kasih

    • Pada menu dashboard blogger ada pilihan “Settings>search preferences>”, itu hanya untuk membuat deskripsi halaman beranda blog blogspot. Kalimat yang kita tuliskan pada pilihan “description” adalah apa yang akan menjadi dekripsi penelusuran beranda blog blogspot kita.

      Namun agar deskripsi tersebut tidak juga otomatis menjadi deskripsi untuk posting yang mengakibatkan terjadi duplikat deskripsi, kita harus membuat deskripsi penelusuran untuk setiap posting.

Tinggalkan Balasan