Cara meningkatkan peringkat blog di google dan mempertahankannya

cara meningkatkan peringkat blog di google

 

Sangat penting terus menerus mempelajari cara meningkatkan peringkat blog di Google. Lebih dari pada itu anda perlu mengetahui cara mempertahankan peringkat. Artikel original yang anda tulis boleh jadi akan berperingkat baik di halaman pertama google sesaat setelah anda terbitkan. Namun perlahan-lahan seiring waktu peringkat artikel tersebut akan turun ke posisi bawah di halaman pertama. Bahkan beberapa minggu kemudian menghilang dari halaman pertama google.

Bagaimana cara meningkatkan peringkat blog di google. Bagaimana pula agar ranking blog selalu stabil di posisi terbaik atau ranking lebih baik. Tidak ada cara instan untuk mendongkrak peringkat artikel anda. Sebaiknya jangan gunakan cara optimasi yang berlebihan. Karena kalau google menangkap anda melakukan optimasi yang tidak alami atau berlebihan malah peringkatnya akan kian menurun.

Sebelum bicara lebih jauh tentang cara mempertahankan peringkat blog di google, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang mempengaruhi peringkat artikel di hasil pencarian google.

Apa yang mempengaruhi peringkat blog di hasil pencarian google

 

1. Kualitas artikel

Bicara tentang kualitas artikel barangkali agak subjektif, karena sudut pandang kita dalam melihat apakah sebuah artikel itu berkualitas mengikuti sudut pandang algoritma google.  Padahal tidak ada blogger yang mengetahui dengan pasti bagaimana algoritma google bekerja untuk menentukan apakah sebuah artikel itu berkualitas atau tidak.

Anda barangkali telah menulis artikel yang sangat berguna untuk membantu pembaca blog anda mengatasi masalah yang mereka hadapi. Karenanya dalam konteks manfaat artikel anda tersebut telah memenuhi syarat untuk dikatakan bermanfaat, tapi untuk dikatakan berkualitas menurut standar algoritma google nilai manfaat saja tidak cukup.

Jadi anda perlu mengetahui bagaimana menulis artikel anda yang bermanfaat tersebut agar mendekati standar kualitas menurut algoritma google. Ada poin-poin tertentu yang nampaknya harus ada pada sebuah artikel yang positif memberi sinyal kualitas kepada algoritma google.

2. Relevansi topik tulisan dengan tema utama blog anda

Kalau topik utama blog anda adalah ulasan tentang ponsel tentu tidak ada relevansinya dengan artikel tentang SEO. Karena itu artikel SEO yang ditulis di blog tersebut mungkin akan tampil di halaman pertama selama beberapa hari atau bulan, akan rentan turun peringkat bila mendapatkan pesaing dari artikel tentang SEO yang ditulis dengan struktur (bangunan artikel) yang baik di blog yang bertema tentang SEO.

Anda bisa mengetahui tentang apa sebuah blog dengan melihat url blog, judul blog dan apa deskripsi blog tersebut. Contoh: Kalau saya menulis artikel tentang review ponsel android terbaru misalnya maka akan tidak relevan dengan topik utama blog ini yaitu tentang bisnis online dan tips SEO. Maka walaupun untuk beberapa lama artikel saya tentang review ponsel tampil di halaman pertama karena bangunan artikel tersebut mungkin berkualitas, namun akan segera tergeser begitu mendapatkan saingan dari blog bertopik utama tentang review ponsel.

3. Backlink yang diperoleh oleh sebuah artikel

Setelah bangunan artikel yang baik, faktor berikutnya yang mempengaruhi stabilitas peringkat artikel adalah backlink.

Backlink itu ada 2 macam bila dilihat dari sumbernya yaitu backlink yang berasal dari situs yang sama (backlink internal) dan backlink dari situs lain (backlink external).

Backlink internal menentukan apa keyword yang ditargetkan untuk setiap posting dan page yang ada dalam WEBSITE Anda. Bangunan link internal ini adalah sinyal untuk menentukan apakah struktur website Anda baik atau tidak baik.

Namun tentu saja backlink yang berkualitas dari halaman artikel berkualitas yang relevan lebih positif mendongkrak peringkat. Untuk mengetahui apakah sebuah artikel atau blog itu berkualitas anda bisa melihat berapa nilai page authority dan nilai domain authority blog tersebut.

Bila anda berhasil mendapatkan backlink dari artikel bernilai page authority tinggi di blog bernilai domain authority tinggi, maka backlink tersebut akan sangat efektif mendongkrak peringkat artikel blog anda di google. Blog anda bisa ranking tinggi hanya dengan sedikit backlink.

4. Apa yang dilakukan Pesaing

Meskipun artikel anda telah memenuhi 3 faktor diatas belum menjamin artikel anda akan stabil di posisi terbaiknya bila pesaing anda melakukannya lebih baik dari anda, apalagi bila blog pesaing juga relevan dengan topik artikel dan memiliki nilai domain authority lebih tinggi.

Bagaimana cara meningkatkan peringkat blog di google dan mpertahankan peringkat selalu baik

 

1. Tulis artikel original dengan format penulisan standar akademik

Google menganggap sebuah tulisan itu bernilai dan layak tampil di halaman pertama bila ia unik, original, dan ditulis dengan format yang baik. Artikel yang unik maksudnya artikel yang berbeda dari yang pernah ada. Perbedaan itu bisa dilihat dari judul dan isinya.

Format penulisan yang baik itu akan memberi sinyal kedalaman bahasan kepada algoritma google. Bila algoritma google menilai artikel anda membahas sebuah topik dengan mendalam maka google akan memberi poin kualitas untuk artikel tersebut. Lalu karena itu ranking blog anda akan naik.

Bicara tentang format penulisan yang baik ini, anda bisa mencari masukan dari penulis berpengalaman atau dosen-dosen, karena saya sendiri meyakini format penulisan yang baik itu tidak jauh beda dengan format penulisan yang baik menurut penulis berpengalaman atau dosen di universitas tempat anda kuliah.

2. Perbanyak artikel yang relevan di blog anda dan buat link internal

Memperbanyak artikel yang relevan dengan topik utama blog anda tujuannya agar blog anda terlihat sebagai blog spesialis atau bukan blog multi tema. Kemudian buat link menuju artikel yang ingin anda tingkatkan peringkatnya, ini disebut link internal.  Link internal dari halaman relevan yang bernilai page authority tinggi akan mendongkrak peringkat artikel yang mendapatkannya.

Perlu diperhatikan agar tidak membuat link internal dofollow yang ditempatkan di sidebar atau footer. Link di footer atau di sidebar akan menjadikan halaman tujuan link mendapatkan backlink dari semua halaman dan itu tidak benar. Lain halnya jika ia ditempatkan di menubar.

Lebih penting lagi Anda harus memastikan Setiap keyword atau prasa keyword yang dipakai sebagai tekslink hanya menuju 1 halaman yang sama di manapun link tersebut diletakkan.

Baca ini juga: cara membuat Link internal yang baik

3.  Terus menerus dapatkan backlink berkualitas yang relevan

Backlink yang relevan akan sangat baik pengaruhnya untuk meningkatkan peringkat artikel blog anda di google, apalagi jika backlink tersebut berasal dari halaman dengan nilai page authority tinggi. Harap bersabar karena tidak serta merta begitu anda memberikan backlink kepada artikel yang mau anda tingkatkan peringkatnya anda akan melihat hasilnya dalam waktu singkat.

Informasi tentang cara mendapatkan backlink untuk meningkatkan ranking blog silahkan baca artikel cara mendapatkan backlink berkualitas.

4. Jangan terbitkan artikel copas di blog anda

Artikel copas akan memperburuk citra anda sebagai seorang blogger. Lebih buruk lagi melakukan copy dan paste artikel orang lain tanpa izin bisa terkena aduan pelanggaran hak cipta. Jika anda berkali-kali terkena pengaduan pelanggaran hak cipta maka blog anda akan turun peringkat keseluruhannya di google, bahkan lebih dari itu bisa dideindex sama sekali.

Selain dari itu jangan pula mendapatkan backlink dari artikel copas, dan tidak juga membuat link menuju artikel copas.

5. Buat link ekternal format nofollow

Link eksternal dofollow yang menggunakan kata kunci yang sama dengan kata kunci yang anda targetkan akan melemahkan optimasi artikel anda. Jadi buat format link ekternal nofollow agar tidak ditelusuri robot google.

Kalaupun anda hendak membuat link dofollow pastikan link tersebut menuju ke halaman dengan nilai page authority tinggi di blog dengan nilai domain authority tinggi, yang jauh lebih tinggi dari blog anda, dan jangan gunakan kata kunci yang anda targetkan.

5. Perbaiki ejaan kata dan kalimat

Ejaan kata yang tidak benar akan membuat artikel anda nampak tidak ditulis dengan profesional dan tidak terawat. Google juga tidak akan memberi nilai kata dalam artikel anda sebagai sebuh kata kunci bila ditulis dengan ejaan yang salah. Tingginya persentase kata yang salah eja akan benar-benar tidak bagus dimata pembaca blog anda dan di mata robot google.

6. Pastikan kata kunci diletakkan di posisi strategis

Posisi strategis itu adalah judul, paragraf pertama dan subjudul. Jadi bila judul artikel anda adalah h2 maka sub judul adalah h3 dan minor heading adalah h4. Masukkan kata kunci di judul, sub judul, dan minor heading.

Demikianlah cara meningkatkan peringkat blog di google dan bagaimana agar peringatnya stabil. Kalau anda ada tambahan silahkan tulis di komentar anda.

Tinggalkan Balasan