Fasilitas browser feed reader bisa menurunkan peringkat blog.

Salah satu praktek menampilkan konten blog orang lain atau copy paste versi lain seperti yang dilakukan oleh feedreader.com melalui browser feed reader miliknya.  Apa yang diakukan feedreader.com dengan menampilkan konten blog saya ini berdampak menurunkan peringkat kata kunci yang saya targetkan untuk untuk konten tersebut.

Contoh untuk kata kunci “link yang tidak alami” yang semula untuk kata kunci tersebut blog ini menempati peringkat halaman pertama, namun beberapa bulan belakangan ini posisi tersebut direbut oleh browser feedreader.com (browse.feedreader.com) yang juga menampilkan konten yang sama dengan blog saya. Jadi kalau anda ketik frasa pencarian “link yang tidak alami” maka konten yang tampil di halaman pertama google salah satunya adalah konten blog saya dengan URL browse.feedreader.com. Padahal semula URL blog saya yang tampil di halaman pertama.

Browser Feedreader.com memang tidak melakukan copy paste seperti yang umumnya dilakukan blogger. Browser feedreader milik feedreader.com menampilkan keseluruhan tampilan blog ini, hanya saja link yang terlihat di address bar browser chrome saya adalah URL nya browse.feedreader.com.

Lihat gambar berikut ini:

hasil pencarian browser feed reader

Kalau anda klik link “hapus link yang tidak alami dari blog anda” yang terlihat di hasil pencarian browser feedreader.com seperti terlihat pada gambar diatas akan tampil konten dengan URL http://browse.feedreader.com/c/Gil_Scott_Heron/137945215.  Konten yang tampil tersebut terindex oleh google, lalu menempati peringkat halaman pertama untuk kata kunci “link yang tidak alami”.

Apa keuntungan yang saya dapat dari feedreader.com.

Konten blog saya mungkin akan berperingkat bagus di hasil pencarian google namun sayangnya blog saya berperingkat bagus dengan URL nya milik feedreader.com. Sementara saya sendiri lebih suka kalau blog ini berperingkat bagus untuk URL blog ini sendiri.

Keuntungan lainnya mungkin saya akan mendapatkan backlink dari feedreader.com meskipun sampai saat ini saya tidak melihat ada backlink yang saya dapatkan dari feedreader.com

Apa kerugian yang saya derita akibat praktek browser feed reader

Kerugian utama adalah peringkat blog saya untuk kata kunci yang saya targetkan jelas merosot. Kenapa merosot?, karena kalah bersaing dengan browser Feedreader.com yang adalah website dengan nilai page authority dan domain authority jauh lebih tinggi dari blog saya, karenanya ia lebih mungkin menang bersaing melawan blog ini.

Saya malah khawatir seandainya semua posting blog ini terindex dengan URL miliknya browser.feedreader.com tidakkah semua kata kunci yang saya targetkan akan menghilang dari halaman pertama.

Apa yang dilakukan oleh feedreader.com ini tidak bedanya dengan copy paste artikel. Bedanya kalau copy paste umumnya hanya menjiplak tulisan orang lalu menerbitkan di blog sendiri, sementara apa yang dilakukan feedreader.com melalui browser feedreadernya bahkan menampilkan semua pisik blog kita apa adanya.

Hanya saja google menganggap apa yang dilakukan oleh feedreader.com bukan sebuah bentuk praktek ilegal, karenanya konten yang ditampilkan di layar komputer anda melalui fasilitas browser feedreader milik feedeader.com ini seringkali langsung terindex google dan tampil pula di halaman pertama. Tragis sekali.

Cara mencegah penurunan peringkat blog terkait dengan fasilitas browser feed reader

Salah satu cara mengatasi penurunan peringkat akibat penyalahgunaan fasilitas feed adalah dengan menonaktifkan fasilitas berlangganan artikel blog kita, baik melalui feed burner dan sebagainya. Memang akan meniadakan pengiriman otomatis artikel kita yang baru kepada pelanggan feed blog kita, namun kehilangan peringkat yang bagus itu jauh lebih tidak enak.

Blog informasibisnis.net ini dahulu menyediakan form berlangganan artikel, sementara blog carabisnisonline.net tidak pernah menyediakan form berlangganan artikel, karena itu blog carabisnisonline.net tidak pernah dirugikan oleh praktek penyalahgunaan fasilitas berlangganan artikel.

Sejak kejadian penyalahgunaan fasilitas berlangganan artikel blog ini maka saya menonaktifkan fasilitas berlangganan artikel blog informasibisnis.net.

Kesimpulan.

Dari apa yang saya lihat pada praktek copy paste yang dilakukan browser feedreader.com saya tarik kesimpulan bahwa ada teknik lain menampilkan konten blog orang lain sekaligus menjatuhkan peringkat sang original. Ini sepertinya praktek legal menjatuhkan peringkat blog orang lain dengan cara lebih mudah.

Sekaligus memberikan masukan kepada saya bahwa sangat berbahaya sekali apa yang dilakukan feedreader.com melalui fasilitas browser feednya. Fasilitas browser feed milik feedreader.com ini bisa dimanfaatkan oleh siapapun untuk menjatuhkan peringkat kata kunci untuk artikel di blog orang lain.

Sebenarnya ada banyak website yang melakukan praktek mirip feedreader.com dan praktek seperti itu tidak ilegal, karena dalam kasus tersebut feedreader.com dan website sejenis hanya menyediakan fasilitas browsing dan analisa konten. Kalaulah ia terindex google sebenarnya feedreader.com dengan browser feednya dan website analisa konten blog semisal seorch.eu yang menganalisa seo on page suatu halaman blog tidak serta merta bisa disalahkan, karena yang melakukan adalah pengunjung yang memanfaatkan fasilitas yang disediakan website-website tersebut.

Hanya akan lebih bijak bila feedreader.com mencegah google mengindex konten yang tampil di hasil pencarian browser feedreader.com. dan terbuka di URL browse.feedreader.com

Tinggalkan Balasan