Apa itu Algoritma Google Penguin

Algoritma google penguin adalah salah satu dari beberapa algoritma ranking google yang menentukan kualitas backlink yang dipunyai sebuah situs. Ia bertugas memfilter halaman hasil pencarian google dari situs yang memiliki bangunan link building yang menyalahi standar kualitas Google.

Ia berbeda dengan algoritma ranking google panda yang lebih melihat bagaimana bangunan fisik sebuah blog atau halaman sebuah blog. Google penguin mengamati bagaimana sebuah website/blog mendapatkan backlink. Bagaimana pula penggunaan kata kunci sebagai teks link sebuah backlink dan dari mana sumber backlink yang didapatkan oleh sebuah situs.

Apa yang menyebabkan blog menjadi target algoritma google penguin

 

  • Umumnya situs yang terkena dampak algoritma google penguin adalah situs yang melakukan spam link. Situs yang melakukan praktek menebar link di banyak tempat dengan menggunakan kata kunci yang relatif sama menuju halaman yang sama dengan tujuan untuk meningkatkan ranking di halaman hasil pencarian google.
  • Termasuk dalam target algoritma google penguin adalah situs yang melakukan tukar menukar link dengan format yang tidak benar, seperti membuat halaman link exchange, atau melakukan tukar menukar link yang ditempatkan di sidebar blog.  Menempatkan link di sidebar blog akan membuat sebuah link berada di seluruh halaman termasuk di halaman yang tidak relevan.
  • Mendapatkan backlink dari situs ladang link. Situs ladang link ini membuat link ekternal yang berlebihan jumlahnya ke banyak situs.
  • Memberikan komentar di blog dofollow menggunakan kata kunci yang sama, dengan jumlah berlebihan atau memiliki prosentase yang jauh lebih tinggi dari keyword lain yang digunakan dalam mendapatkan baclink secara keseluruhan. Misalnya anda menggunakan prasa keywords “cara membuat link” dalam banyak komentar anda di banyak situs dan jumlahnya jauh lebih dominan dari prasa keyword lain, maka untuk prasa keyword “cara membuat link” blog anda akan turun peringkat karena tidak disukai algoritma google penguin.
  • Pada prinsipnya mendapatkan banyak backlink dengan cara mudah dan cepat itu patut dicurigai , dan bila google penguin mencurigai ini sebagai praktek yang menyalahi aturannya, maka blog anda akan terkena dampak penurunan peringkat di halaman hasil pencarian google untuk prasa kata kunci tertentu.

 

Apa yang harus dilakukan bila blog terkena dampak algoritma google penguin

 

  1. Periksa bangunan backlink anda. Kurangi link yang mengarah ke situs anda yang menggunakan prasa keyword yang sama dengan jumlah yang berlebihan.
  2. Hapus semua link yang ada di situs ladang link.
  3. Jauhi praktek spam.
  4. Gunakan prasa keyword yang beragam dalam setiap komentar anda di situs orang lain.
  5. Gunakan prasa keyword yang relevan dalam setiap komentar anda di blog orang lain.
  6.  Hentikan praktek tukar menukar link secara massal.
  7. Pada prinsipnya mendapatkan backlink itu tidak mudah, jadi hindari menggunakan cara mudah mendapatkan backlink massal.
  8. Lakukan tukar menukar link dengan menempatkan link di halaman artikel yang relevan.
  9. Hindari membuat link internal di halaman blog anda dengan jumlah yang berlebihan.
  10. Minta blog teman tidak menempatkan link yang terarah ke blog anda di sidebar atau footer, karena link yang ditempatkan di sidebar atau footer sangat kecil nilainya.

Jadi berusahalah mendapatkan backlink yang berkualitas yang tidak menyalahi aturan google.  Kita tentu saja tidak bisa menghapus link yang dibuat di blog orang lain.. Jadi minta admin blog bersangkutan menghapusnya atau kalau tidak bisa masukkan link yang dicurigai tidak disukai algoritma google penguin ke dalam daftar disavow links.

Tinggalkan Balasan