Bagaimana blog berkualitas standar algoritma google panda

Peringkat atas hasil pencarian Google hanya untuk blog berkualitas. Secara on page kualitas konten blog tersebut hendaklah sesuai standar google panda. Algoritma Google Panda menargetkan blog/website dan konten blog/website yang tidak berkualitas, untuk diturunkan peringkatnya di halaman hasil pencarian Google.

Jadi kalau artikel di blog/website anda tidak memenuhi standar kualitas google panda, maka artikel posting atau bahkan blog anda secara keseluruhan akan menghilang dari halaman pertama google, untuk banyak prasa kata kunci yang anda  targetkan.

Apa syarat blog berkualitas menurut algoritma google panda

Untuk bisa dikatakan situs anda cukup berkualitas atau sesuai dengan standar algoritma google panda blog atau website anda setidaknya harus memenuhi syarat berikut ini:

  1. Tidak terjadi duplikasi pada meta deskripsi atau deskripsi blog/website.
  2. Tidak terjadi duplikasi pada artikel/judul artikel. Maksudnya tidak ada lebih dari satu URL yang terindex dengan isi yang sama persis. Silahkan lihat status kesehatan blog anda di google search console.
  3. Tidak ada judul posting yang sama dalam sebuah blog/website meskipun berbeda isi.
  4. Tidak ada isi artikel yang sama meskipun berbeda judul.
  5. Artikel hendaklah unik bukan artikel copy paste.
  6. Artikel relevan dengan prasa kata kunci yang dibidik.
  7. Kepadatan kata kunci atau prasa kata kunci yang wajar.
  8. Paragraf, kalimat dan susunan kata terjalin dengan baik.
  9. Ejaan kata benar dan menggunakan kata yang baku.
  10. Artikel cukup panjang dan paling relevan dengan prasa kata kunci yang dibidik.
  11. Link internal dalam artikel menuju halaman yang relevan.
  12. Link eksternal yang dibuat menuju konten/situs yang relevan dan berkualitas.

Apa yang harus dilakukan agar blog memenuhi standar kualitas algoritma google panda

1. Pastikan blog anda sudah terdaftar di google search console

Sebelum melakukan apapun yang pertama mutlak harus anda pastikan adalah blog anda sudah terdaftar di akun google search console. Kalau blog anda belum ada di akun tool google seach console maka pekerjaan menjadi jauh lebih rumit.

Tapi kalau blog sudah ada dalam daftar akun tersebut silahkan anda login ke sana dan pastikan tidak terjadi error pada blog anda. Error terbesar yang sangat berdampak buruk bagi blog anda adalah bila terjadi duplikat pada deskripsi blog dan duplikat pada tag judul.

2.  Hapus duplikat deskripsi blog anda

Setiap menulis posting di blog blogspot kita sebaiknya menuliskan deskripsi penelusuran (meta description) untuk posting tersebut dan dalam setiap halaman (URL) blog seharusnya hanya tampil 1 kali deskripsi untuk halaman tersebut. Kalau sampai tampil 2 kali dalam sebuah halaman itu menunjukkan deskripsi halaman blog anda tergandakan.

Coba anda buka sebuah halaman blog anda di browser web misalnya Google Chrome dan lihat sumber atau tekan CTRL U, kemudian tekan CTRL F, lalu di kotak isian yang tampil di sudut kanan atas ketik deskripsi penelusuran untuk halaman tersebut. Anda akan melihat deskripsi penelusuran untuk halaman tersebut dan hanya boleh ditemukan 1 saja deskripsi penelusuran untuk setiap halaman.

blog berkualitas standar algoritma google panda

Contoh:  Anda bisa lihat gambar diatas deskripsi blog (home page) carabisnisonline.net adalah “cara bisnis online, cara membuat blog bisnis online, cara mendapatkan uang dari blog dengan bisnis online”. Kalimat yang sama persis dengan diskripsi blog saya seperti gambar diatas hanya ditemukan 1 buah, dan itu artinya tidak terjadi duplikasi pada deskripsi blog ini.

Artikel tentang cara menghapus duplikat deskripsi blog telah saya posting di blog ini beberapa waktu yang lalu. Silahkan anda baca.

3. Hapus duplikat tag judul di blog anda

Anda bisa mengetahui apakah ada duplikat tag judul artikel anda di google webmasters tool.  Untuk setiap judul posting di blog anda hanya boleh ada 1 URL yang terindex google. Misalnya seperti di blog ini saya menulis artikel dengan judul “cara seo yang disukai algoritma google” dengan URL yang terindex di halaman google untuk artikel tersebut adalah “http://www.carabisnisonline.net/2013/01/Bagaimana-cara-SEO-yang-disukai-algoritma-google.html”.

Maka tidak boleh ada satupun URL lain yang berbeda dan terindex google untuk artikel tersebut, meskipun perbedaannya hanya 1 karakter. Cara agar tidak lagi terjadi duplikat tag judul di blog anda akan saya tulis artikel lain nanti.

4. Tulis artikel yang relevan dengan prasa kata kunci yang ditargetkan

Ini langkah selanjutnya setelah 3 langkah diatas anda lakukan. Sebenarnya langkah keempat ini lebih merupakan bahasan tingkat lanjut untuk menampilkan artikel anda di halaman pertama google.

Untuk tampil di halaman pertama algoritma google menghendaki kita menulis artikel yang relevan dengan prasa kata kunci yang kita targetkan.  Algoritma google panda juga telah terintegrasi dengan hasil pencarian. Jadi artikel yang tidak memenuhi standar kualitas algoritma google panda akan tersingkir dari halaman pertama google.

5. Gunakan plugin SEO untuk website wordpress

Untuk website dengan flatform wordpress telah tersedia beberapa plugin SEO gratis yang bisa anda gunakan untuk mempermudah membuat deskripsi penelusuran yang bisa menghindari terjadi duplikat pada posting, halaman statis, dan halaman beranda. Salah satu plugin SEO gratis adalah Yoast SEO.

Demikianlah artikel tentang bagaimana blog berkualitas menurut standar google panda. Semoga bisa memberi masukan untuk anda blogger pemula, dan bila ada koreksi dan tambahan silahkan anda tulis di kotak komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *