Apa itu Algoritma Google Panda

 

tentang algoritma google panda

Ada banyak algoritma ranking google, salah satunya adalah algoritma google panda. Apa itu Algoritma google panda dan apa fungsinya.

Google panda berfungsi untuk mencegah  konten yang tidak relevan dengan prasa keyword yang diketik pencari informasi di google pencarian tampil di peringkat atas halaman google.

Algoritma Google panda ini sangat dominan menjadi alat google untuk memilah konten-konten yang bertebaran di internet.  Ia akan memisahkan halaman yang memenuhi syarat dan halaman yang tidak penting.

Meskipun algoritma ranking google panda telah lama muncul namun masih banyak yang belum memahami dengan jelas algoritma ranking tersebut.  Pada artikel posting ini saya hanya akan membahas secara singkat tentang Algoritma google panda dan bagaimana menyesuaikan blog anda agar memenuhi standar google panda.

Apa itu Algoritma google panda

Algoritma google panda adalah sebuah rumus google dalam menentukan konten yang layak tampil di halaman google berdasarkan kualitas konten tersebut secara on page.

Kualitas disini sifatnya subjektif maksudnya seberapa dekat sebuah konten memenuhi standar google panda. Tentang blog berkualitas menurut standar google panda silahkan klik blog berkualitas standar google panda.

Jadi konten yang tidak sesuai dengan standar google panda akan tersingkir dari peringkat atas halaman google.

Bagaimana google panda memberi nilai sebuah halaman.

Google panda memberi nilai minus untuk halaman yang memiliki kondisi berikut ini:

  1. Halaman tersebut memiliiki deskripsi ganda (duplikat meta description).
  2. Halaman yang tergandakan (konten yang sama dimiliki oleh lebih dari 1 URL yang terindex di google).
  3. Halaman yang hanya berisi sedikit kalimat bahasan.
  4. Artikel yang tidak relevan dengan prasa keyword yang diketik pengunjung.
  5. Artikel yang tidak memiliki prasa keyword yang menonjol.
  6. Artikel yang panjang namun tidak relevan dengan prasa keyword yang ditargetkan.
  7. Halaman itu juga terbit di tempat lain, apalagi kalau terbit di blog bernilai authority lebih baik.

Google panda menilai plus untuk halaman berikut ini:

  1. Halaman yang bersih dari duplikat deskripsi dan tidak terduplikat (setiap konten hanya dimiliki oleh 1 URL terindex).
  2. Memiliki artikel yang cukup panjang dengan bahasan yang lebih mendetail, namun tetap relevan dengan prasa keyword yang ditargetkan.
  3. Meskipun memiliki sedikit kalimat asalkan sangat relevan dan bisa memberi jawaban atas sebuah pertanyaan maka halaman tersebut tetap bernilai.
  4. Halaman yang unik tidak ada duanya. Semakin halaman tersebut unik semakin ia bernilai menurut Panda.

Apa akibat yang akan menimpa blog anda bila tidak lolos standar google panda ?.  Blog anda akan kehilangan peringkat untuk banyak prasa keywords, seperti yang menimpa blog informasibisnis.net milik saya.

Apa yang harus dilakukan bila peringkat menurun terkait algoritma google panda.

Bila blog anda mengalami penurunan peringkat untuk banyak prasa keyword yang anda targetkan maka barangkali algoritma google panda yang menjadi penyebabnya.  Untuk itu langkah-langkah berikut ini harus anda lakukan:

  • Pastikan blog anda sudah terdaftar di Google search console.
  • Hapus halaman versi duplikat (gunakan google search console).
  • Pastikan tidak terjadi duplikat pada deskripsi halaman blog anda.
  • Perbaiki susunan kalimat dan bangunan artkel anda agar lebih relevan dengan prasa kata kunci yang dibidik.
  • Kirim ulang ke google halaman yang sudah anda perbaiki dan aman dari duplikat agar kembali terindex.
  • Dalam banyak kasus persentase keberhasilan untuk penyembuhan blog dari hukuman google panda sangat kecil.
  • Pastikan artikel anda tidak terbit di blog orang lain (copy paste). Contoh copy paste seperti yang dijelaskan dalam artikel tentang praktek copy paste.

Untuk mencega agar tidak terjadi duplikat deskripsi halaman blog blogspot anda silahkan anda baca artikel tentang cara mengatasi duplikat meta description blog blogspot.  Agar tidak terjadi lagi duplikat untuk halaman di blog anda pastikan kode ini:”<link href=’URL artikel anda‘rel=’canonical’/>” ada di halaman tersebut bila anda lihat kode sumber: “view-source:URL halaman blog anda”

Contoh untuk halaman posting blog ini yang berjudul “bagaimana blog berkualitas standar algoritma google panda” URL nya adalah: “http://www.carabisnisonline.net/2013/04/bagaimana-blog-berkualitas-standar-algoritma-google-panda.html“. Maka kalau anda lihat source code untuk halaman tersebut maka anda akan menemukan kode “<link href=’http://www.carabisnisonline.net/2013/04/bagaimana-blog-berkualitas-standar-algoritma-google-panda.html’ rel=’canonical’/>“.

Kalau kode seperti demikian tidak ditemukan di source code itu pertanda halaman tersebut sangat mungkin akan tergandakan.

Selain dengan memastikan code rel=”canonical” ada di source code halaman blog anda, anda perlu juga mencegah google mengindex konten posting yang sama dengan URL yang berbeda.  Untuk itu anda perlu modifikasi file robot.txt blog anda.  Jadi pastikan tidak ada konten yang sama dengan lebih dari 1 url yang berbeda yang terindex di google.

Contoh untuk mencegah agar tidak ada konten yang sama terindex dengan URL yang berbeda di blog ini saya modifikasi file robot.txt menjadi seperti ini: “# Blogger Sitemap generated on 2012.08.22
User-agent: *
Disallow: /search
Disallow: /*archive.html
Allow: /
Sitemap: http://www.carabisnisonline.net/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

File robot.txt tersebut saya maksudkan agar robot google tidak mengindex URL search dan URL archive apapun, karena URL search dan URL archive isi nya sama dengan URL posting.

Untuk melalukan modifikasi pada file robot.txt silahkan anda masuk ke menu setelan blogger dan klik “preferensi penelusuran”, klik “edit” pada robot.txt khusus.

Demikianlah penjelasan singkat namun padat tentang algoritma google panda, memahami algoritma google panda ini sangat penting karena ia sangat menentukan apakah blog anda layak tampil di halaman atas google atau tidak.  Fakta yang mengerikan juga adalah bahwa sangat susah untuk sembuh dari dampak algoritma google panda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *