Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula

cara mendapatkan uang dari internet
Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet lebih mudah untuk pemula baik yang tidak punya blog atau website dan untuk anda yang sudah lama berkecimpung sebagai blogger. Namun meskipun mudah, cara yang saya tulis di artikel ini tetap menuntut anda harus tekun, telaten, rajin dan bersabar.

Mendapatkan uang dari internet itu akan menuntut anda menjalani proses yang barangkali akan membuat anda menjadi tidak sabar, karena waktu yang dihabiskan untuk sukses bervariasi untuk masing-masing orang. Tapi begitu sukses anda akan memiliki penghasilan tambahan dan mungin akan bisa anda andalkan untuk menopang keuangan anda atau modal berbisnis, bisa pula bikin anda menjadi kaya.

Salah satu cara mudah mendapatkan uang dari internet adalah dengan memanfaatkan blog atau website yang anda punyai. Ini dikenal pula dengan sebutan bisnis ONLINE. Klik cara bisnis online jika anda mau memulai bisnis online.

Cara ini sangat strategis dan anda bisa menggunakan sebuah website berbayar atau blog self hosting.

Meskipun demikian untuk anda yang tidak memiliki blog atau website sendiri anda masih bisa menerapkan metode cari duit di internet yang saya uraikan dalam artikel ini.

1. Cara mendapatkan uang dari internet pakai blog atau website sendiri

Darren Rowse, seorang blogger terkemuka dari Australia menulis bahwa ada setidaknya 37 metode atau cara untuk mendapatkan uang dari blog dan website. Beberapa diantara cara tersebut adalah:

  • Jual Service
  • Jual jasa Arvertising di blog
  • Affiliate marketing
  • Jual produk

Masing-masing cara tersebut terbagi lagi dalam beberapa cabang. Dalam artikel kita akan membahas beberapa saja cara menghasilkan uang dari rumah menggunakan website atau blog.

Berikut ini cara cari uang di internet melalui blog atau website sendiri:

1.a. Menyediakan space iklan PPC

PPC adalah singkatan dari “pay per click” atau anda akan mendapatkan uang kalau iklan yang terpasang di blog atau website anda diklik oleh pengunjung. Metode cari uang melalui PPC adalah cara mendapatkan uang tanpa modal.

Beberapa contoh program iklan PPC yang bisa anda ikuti sebagai cara cari uang di internet pakai website atau blog adalah:

  • PPC Google Adsense
  • PPC kliksaya.com
  • PPCSitti.co.id
  • PPC kumpulblogger.com
  • PPC Adsensecamp.com
Program Google Adsense

Cara cari uang yang paling terkenal dan sangat menarik bagi setiap blogger adalah ikut program Google Adsense. Google Adsense ini adalah layanan periklanan PPC milik Google yang bisa diikuti oleh blog atau website dari berbagai bahasa termasuk blog berbahasa Indonesia.

Tidak setiap blog bisa dipasang iklan google adsense.  Google hanya akan memasang iklan Google adsense di blog yang memenuhi syarat saja, salah satu syaratnya adalah relevansi suatu blog dengan iklan google.

Jadi untuk dapat lebih mudah diterima mengikuti program google adsense, maka blog anda sebaiknya memiliki tema dan konten yang jelas atau spesifik. Contoh: blog tokofashiononline.net milik saya yang adalah blog yang khusus menjual produk fashion. Meskipun blog tersebut hanya mendapatkan pengujung tidak sampai 50 pengunjung perhari, PageRank 0, domain authority rendah (DA 11).

Namun karena blog tersebut sangat relevan dengan produk fashion, maka blog tersebut bisa diterima google untuk dipasang iklan google adsense.

Artikel terkait: cara mendapatkan uang dari google adsense.

Anda akan dibayar dalam mata uang dollar Amerika Serikat (US$), Cara pembayaran yang anda terima bisa melalui western union dan pencairannya bisa anda lakukan di bank lebih mudah.

Pembayaran dalam dollar yang anda terima bisa anda tukar atau konversi kedalam mata uang rupiah sesuai dengan nilai kurs yang berlaku saat pencairan uang.

Program PPC Sitti.co.id

SITTI adalah program pemasangan iklan kontekstual yang cukup menarik  berdiri 3 tahun yang lalu. Ada banyak situs/blog berbahasa Indonesia yang bergabung dalam jaringan ini.

Seperti halnya Google Adsense, Siti juga juga akan menampilkan iklan sesuai dengan kata kunci yang diketik pengunjung. Jadi iklan yang terpasang dalam jaringan periklanan Siti ditargetkan agar relevan dengan apa kata kunci yang membawa pengunjung mendatangi sebuah blog atau website.

Bayaran per klik tergantung pemasang iklan, namun tidak berbeda jauh dengan kebanyakan program periklanan PPC lokal yaitu berkisar antara 350 rupiah dan tidak lebih dari 700 rupiah untuk setiap klik yang blog kita dapatkan. Iklan yang tampil berdasarkan kata kunci blog.  Saldo akan bisa dicairkan setelah mencapai jumlah sedikitnya 100 ribu rupiah.

PPC Kumpulblogger.com

Seperti halnya Sitti, KumpulBlogger.com juga menargekan Blogger Lokal dan Pemasang iklan dari Indonesia, dimana Blogger adalah publishernya dan Pemasang iklan yang menyediakan iklan yang akan dipasang dalam space iklan di blog peserta program.

Nilai klik yang akan didapatkan oleh blogger penyedia space iklan tidak jauh berbeda dari nilai klik dari program PPC lokal lainnya. Namun anda bisa segera dapat mencairkan saldo pendapatan anda meskipun baru mencapai jumlah 50 ribu kebawah, dan bisa dicairkan setiap minggu.

Iklan PPC Adsensecamp.com

Adsensecamp.com adalah layanan Periklanan yang sama dengan kumpul blogger dan Sitti, namun ada sistem referral.  Kalau kita bisa mengajak blogger lain bergabung di AdsenseCamp.com, maka teman yang kita ajak memasang iklan dari Adsensecamp akan menyumbang tambahan pendapatan kepada kita untuk setiap klik yang mereka terima, jumlah nilai yang akan disumbangkan dari klik di iklan referal kita Rp. 25,-, kecil memang bahkan lebih rendah dari uang logam rupiah terkecil saat ini.

CV. JOGJACAMP yang beralamat di Jl Perintis Kemerdekaan No 33 Yogyakarta, 55161 adalah penyedia layanan ini.

Kita akan mendapatkan pemasukan Rp.300,- untuk setiap klik iklan yang terpasang di blog kita. lumayan meskipun nilainya lebih kecil dari rupiah pecahan uang kertas untuk anda beli secangkir kopi. Uang Pembayaran akan ditransfer ke rekening bank kita secara tunai setelah mencapai jumlah minimal Rp.50.000,-.

Mengikuti program periklanan dari adsensecamp.com ini adalah cara mudah cari uang, karena ia tidak menuntut persyaratan yang sulit. Karena itu blogger pemula mudah sekali ikut program periklanan dari adsensecamp.com.

1.b. Mengikuti program affiliasi

Program affiliasi adalah program periklanan yang akan membayar anda hanya apabila produk yang diiklankan di blog anda diklik dan dibeli orang. Jadi anda tidak akan mendapatkan bayaran apapun kalau pengunjung hanya mengklik iklan tersebut, anda akan mendapatkan bayaran kalau pengunjung melakukan pembelian.

Pembayaran yang anda terima untuk setiap pembelian produk yang diiklankan di blog anda umumnya berkisar dari  20% hingga 80% dari harga produk.

Di dunia offline program ini dikenal dengan sebutan makelar atau perantara.  Contohnya anda menjadi perantara jual beli mobil dengan komisi yang anda terima sekian persen dari harga mobil yang laku terjual.

Program affiliasi ini menjanjikan pendapatan yang besar kepada blogger karena itu ia menjadi sangat menarik, karena itu ia menjadi salah satu cara mendapatkan uang tanpa modal yang sering diandalkan blogger.

Beberapa program affiliasi yang ada adalah: Amazon.com (https://affiliate-program.amazon.com/), Clickbank http://www.clickbank.com/monetize-your-audience/blogger/), Baliorange (http://www.baliorange.net/afiliasihostingindonesia.php) dan masih banyak lagi.

Umumnya metode mendapatkan uang melalui program affiliasi luar negeri mengharuskan anda punya akun paypal. Ada juga cara mendapatkan uang dari internet tanpa paypal yaitu ikut program affiliasi dalam negeri.

1.c. Menyediakan space iklan banner

Menyediakan space iklan banner ini adalah salah satu cara mendapatkan uang lewat internet yang lazim dilakukan oleh blogger atau webmaster.  Anda bisa menentukan sendiri berapa biaya yang harus dibayar pemasang iklan perbulan/pertahun untuk setiap iklan banner yang dipasang di blog/website anda.

Umumnya harga yang bisa anda tawarkan kepada pemasang iklan disesuaikan dengan jumlah traffik kunjungan ke blog atau website anda. Jadi kalau jumlah kunjungan ke situs anda masih sangat sedikit tentu saja akan tidak menarik minat pemasang iklan kalau anda menetapkan harga tinggi.

Anda bisa menawarkan pengiklan untuk memasang iklan di blog/website anda dengan bermacam ukuran dan posisi tertentu. Misalnya di bagian atas blog anda, di bagian sidebar, dibawah artikel, dsb.

Mengandalkan pendapatan dari menyediakan space iklan menjadi cara mendapatkan uang dengan mudah bila blog anda sudah mendapatkan banyak pengunjung.

1.d. Menjual barang dagangan

Anda bisa juga menjual barang dagangan menggunakan website atau blog anda, baik barang dagangan produk atau milik anda sendiri atau barang dagangan milik orang lain. Untuk itu anda sebaiknya buat website toko online atau blog blogspot dengan desain seperti toko online, kalau anda tidak bisa buat sendiri anda bisa pakai jasa pembuat blog atau toko online.

Ada banyak website yang menawarkan kepada blogger/webmasters untuk menjadi reseller produk yang mereka pasarkan.  Anda akan mendapatkan keuntungan yang bervariasi sesuai dengan ketentuan dari website produsen produk.

Cara paling populer untuk sistem ini adalah drop shipping.  Sistem drop shipping tidak mengharuskan anda stock barang, jadi ia adalah cara mendaptkan uang tanpa modal.  Anda hanya perlu menyiapkan website/blog toko online, dan memajang gambar produk dari produsen.  Jika ada pembeli memesan barang melalui toko online anda, barulah anda order dari produsen lalu meminta mereka kirimkan kepada pemesan.

Apa langkah-langkah untuk mendapatkan uang dari internet

Ada langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk mendapatkan uang dari internet. Tidak dianjurkan mengikuti program instant yang menjanjikan setiap membernya akan memperoleh penghasilan yang besar dengan kerja yang sedikit sekali. Apalagi berpikir menggunakan cara mendapatkan uang gaib.

Anda harus melewati tahapan-tahapan atau proses. Begitu anda sudah berhasil melewati tahapan tertentu dari proses menciptakan sumber penghasilan dari intenet maka semuanya menjadi lebih mudah.

Tanpa melakukan 2 hal yang berikut ini peluang sukses memperoleh penghasilan dari internet menjadi kecil sekali.

Berikut ini langkah-langkah mendapatkan uang dari internet halal.

Buat blog atau website dan datangkan pengunjung

Memiliki blog atau website sendiri adalah cara strategis dan terbaik bila anda hendak cari uang dari blog secara berkesinambungan.

Langkah-langkah membuat blog sudah saya tulis dalam sebuah artikel khusus atau klik saja  cara membuat blog di google.

Kenapa membuat blog blogspot atau blog di google?, tidak lain karena kebanyakan orang lebih suka yang gratis, meskipun blog yang berbayar biasanya lebih baik. Blog blogspot adalah pilihan gratis terbaik untuk pemula. Karena itu tanpa perlu banyak menimbang, tidak perlu juga berpikir yang macam-macam, segera saja buat blog. Kalau anda mengalami kesulitan membuat blog bisa hubungi saya.

Memiliki website sendiri adalah pilihan terbaik khususnya untuk anda yang ingin memperoleh penghasilan dengan jual produk.

Jika anda hendak menggunakan metode cari uang dengan periklanan maka membuat blog menjadi harus. Anda bisa pasang iklan PPC atau iklan banner di blog anda.

Sementara jika anda hendak mendapatkan penghasilan dengan menjual barang dagangan memiliki toko online menjadi pilihan terbaik. Anda bisa pilih buat toko online blogspot jika hanya bisnis jualan sistem dropshipping atau website toko online profesional untuk jualan produk buatan anda sendiri seperti www.tokofashiononline.net atau website ecommerce marketplace seperti bukalapak.

Tentang mengapa perlu memiliki website toko online untuk jual produk anda silahkan klik mengapa perlu buat website toko online untuk jualan produk.

Setelah anda membuat blog atau website, selanjutnya isi situs tersebut dengan tulisan dan gambar. Tulisan tentang apa yang harus anda buat ?. Tentu saja tentang sesuatu yang relevan dengan tema yang anda pilih untuk blog anda.

Jika ia website toko online maka isi toko online anda dengan gambar produk dan detil produk dan cara pembelian.

Selanjutnya anda harus mendatangkan pengunjung ke blog atau website jualan anda.

Bagaimana mendatangkan pengunjung ke blog anda ?. Ada banyak cara mendatangkan pengunjung ke blog. Beberapa diantaranya adalah:

  • Tampilkan blog di halaman pertama Google.
  • Umumkan blog anda di media sosial seperti facebook atau twitter, agar orang tau anda punya blog. Minta mereka berkunjung, mungkin beberapa orang dari mereka akan berkunjung ke blog anda.
  • Pajang nama blog anda di pinggir jalan protokol atau di baju yang dikenakan artis. Khusus poin nomor 3 ini anda harus punya anggaran periklanan lebih.
  • Tampilkan nama blog anda di website/blog yang ramai pengunjung melalui komentar yang anda berikan di website/blog tersebut.
  • Pasang iklan banner di blog yang ramai pengunjung.

Untuk poin nomor 1 dari cara mendatangkan pengunjung anda harus belajar SEO. SEO itu singkatan dari Search engine optimization, atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai cara agar blog tampil di peringkat terbaik di halaman Google untuk kata atau prasa kata kunci yang anda inginkan. Pengunjung yang datang dari google biasanya pengunjung yang paling mungkin membeli produk anda.

Nantinya setelah blog anda mendapatkan banyak pengunjung, baru anda akan lebih mudah mendapatkan uang dari blog atau website bisnis anda tersebut.

Terapkan metode cara mendapatkan uang yang anda sukai

Diatas telah kita bicarakan tentang beberapa cara mendapatkan uang dari internet dan kita diharuskan pula membuat blog atau website.

Selanjutnya pilih metode mana yang anda sukai memanfaatkan website atau blog anda untuk cari uang.

Apakah anda akan pakai metode periklanan seperti: pasang iklan google Adsense, ikut program PPC dari situs lain. Kalau cara cari uang ini yang anda gunakan maka anda gunakan blog saja.

Kalau anda punya produk sendiri atau punya pemasok maka gunakan website toko online anda untuk memajang gambar produk tersebut. Atau jika anda tidak punya produk sendiri atau tidak punya pemasok, maka anda bisa bisnis jualan sistem dropshipping.

2. Cara mendapatkan uang dari internet tanpa blog atau website sendiri

Beberapa cara cari uang dari internet tanpa harus punya blog atau website adalah:

2.a. Menjawab survey online

Salah satu cara mendapatkan uang dengan cepat yang tidak mengharuskan anda memiliki website/blog adalah dengan menjawab survey online. Ada banyak program survey online yang bisa anda ikuti. Kebanyakan website penyedia layanan keanggotaan survey online tidak memungut biaya alias gratis untuk pendaftaran.

Setiap menjawab survey anda akan mendapatkan poin yang ditetapkan oleh penyedia layanan survey. Setelah mencapai jumlah poin tertentu anda bisa menukar poin yang anda kumpulkan dengan hadiah atau uang. Beberapa diantara layanan survey online adalah: AIP survey online, gloabltestmarket.com.

2.b. Berjualan menggunakan akun google+ dan facebook atau media sosial lain

Anda pastilah punya akun media sosial online semisal google+ atau facebook.  Anda bisa manfaatkan akun facebook sebagai cara menghasilkan uang dari facebook dengan menawarkan barang dagangan/jasa anda, baik barang dagangan yang berupa produk/jasa orang lain maupun produk anda sendiri. Misalnya anda bisa menawarkan baju yang anda jual di toko samping rumah anda kepada teman-teman facebook anda.

Artikel terkait: bisnis online melalui facebook.

Cukup dengan update status berupa penawaran produk jualan anda, anda berpeluang mendapatkan pembeli.

Demikianlah beberapa cara mendapatkan uang dari internet lebih mudah.  Setiap sistem atau metode yang anda gunakan tidak menjanjikan anda akan segera menghasilkan uang dari internet dalam waktu cepat.  Anda perlu tekun dan sabar menjalani proses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *