Kesalahan dalam melakukan SEO blogger pemula

Ada beberapa kesalahan dalam melakukan SEO yang boleh jadi telah anda lakukan, lalu performa website anda tidak maksimal dan semua upaya SEO yang anda lakukan menjadi sia-sia. Kesalahan mendasar ini sering dilakukan oleh blogger pemula. Artikel ini akan mencoba menuliskan 5 kesalahan yang dilakukan oleh blogger pada blog mereka.

Berikut ini beberapa kesalahan dalam melakukan SEO

1. Tidak memastikan URL penting dalam situs dijelajah robot search engine

Ini kesalahan mendasar dan fatal sekali. Anda harus memastikan setiap halaman dan link di blog anda dijelajahi robot search engine, lalu kemudian terindex di google. Kita tidak bisa sekedar menerbitkan artikel, lalu kemudian membiarkan saja, tanpa melihat apakah ia beberapa menit kemudian, beberapa jam kemudian, atau beberapa hari kemudian terindex.

Tidak jarang artikel yang kita terbitkan tidak pernah terindex, jadi memastikan ia terindex adalah sebuah keharusan. Tidak itu saja cobalah kita lihat apakah link yang kita buat dalam artikel telah ditulis dengan benar dan tidak menuju halaman yang rusak.

2.  Kesalahan berikutnya adalah menargetkan kata kunci yang tidak dicari orang

Kalau Anda menulis sebuah artikel, Anda harus memastikan kata kunci keywords yang anda targetkan adalah keyword yang banyak diketik orang di kotak pencarian search engine.  Kalau keyword yang anda targetkan tidak ada pencarinya, maka kecil kemungkinan artikel anda dibaca orang, meskipun ia tampil di halaman pertama google.

Penting juga memuat variasi prasa keywords yang relevan dalam setiap artikel, agar lebih banyak prasa keyword yang bisa menjaring pengunjung. Hanya saja jangan terlalu banyak memuat prasa kata kunci yang sama, agar tidak dianggab google sebagai spam.

3. Tidak membuat judul yang tepat dan deskripsi yang benar

Kesalahan dalam melakukan SEO berikut nya adalah tidak memiliki judul dan deskripsi yang tepat. Ini biasanya dilakukan oleh blogger pemula yang baru belajar blogging. Padahal hal pertama yang paling penting dalam membuat blog/website adalah menentukan judul dan deskripsi yang tepat sesuai tofik bahasan, khususnya untuk halaman homepage atau deskripsi posting untuk blog.

Jadi kalau anda membuat blog pikirkan tentang apa blog yang anda buat, lalu tentukan judul untuk blog tersebut, selanjutnya buat deskripsi yang menggambarkan dengan jelas tentang apa blog.

Tidak hanya itu buat pula judul blog relevan dengan isi. Tentang cara membuat judul blog relevan dengan isi silahkan klik cara membuat judul artikel yang benar.

Contoh: web yang sedang anda baca ini saya maksudkan sebagai tempat belajar bisnis online pemula. Karena itu judul web ini adalah “tempat belajar bisnis online”. Selanjutnya untuk lebih menjelaskan dengan lebih jelas tentang website ini saya buat deskripsinya yang memuat kata kunci kursus bisnis online dan kata-kata lainnya.

Baik judul untuk halaman beranda maupun judul posting sebaiknya merupakan prasa keyword yang anda targetkan. Deskripsi penelusuran harus pula memuat prasa keyword yang sama dengan judul dan ditambahkan kalimat lain yang menjelaskan isi artikel secara singkat dan gunakan kata yang menarik minat baca pengunjung.

Membuat judul dan deskripsi blog blogspot jauh lebih mudah karena telah tersedia form isian di menu setting dashbooard blogger.com. Jadi pastikan anda mengisinya dengan benar.

Untuk blog blogspot anda bisa membuat deskripsi artikel posting anda pada saat akan menerbitkan posting. Blogspot sudah menyediakan form isian untuk mengisi deskripsi posting di samping kotak isian posting anda.

Sementara untuk blog atau website wordpress anda bisa gunakan plugin SEO Semisal Plugin Yoast SEO.

4. Terlalu fokus membangun link (link building)

Okelah anda bermaksud membangun link untuk memperkuat artikel posting agar lebih berbobot di mata search engine. Maksudnya disini adalah anda jangan terlalu fokus berburu backlink, lalu mengabaikan faktor lain yang harus juga dimiliki oleh sebuah website atau blog.

Prinsipnya begini: website/blog yang tampil di halaman pertama google belum tentu berisi konten yang benar-benar bisa menjadi panduan. Tidak jarang artikel yang tampil di halaman pertama malah berisi panduan yang menyesatkan. Bila pengunjung merasa tidak mendapatkan panduan yang benar dari kunjungan mereka ke blog anda, besar kemungkinan mereka tidak akan kembali berkunjung.

Jadi ketimbang hanya fokus mendapatkan backlink blog agar tampil di halaman pertama search engine, akan lebih baik juga memperhatikan seberapa bernilai konten yang kita muat di blog.

5. Tidak memanfaatkan tool google search console

Ini kesalahan yang juga sering dilakukan oleh blogger tingkat lanjut, maksudnya blogger yang sudah lama ngeblog. Anda harus mendaftarkan blog atau situs ke dalam akun google search console, gunanya untuk memonitor kesehatan situs anda. Melalui tool google webmasters (google.com/webmasters) anda bisa memonitor apakah ada artikel yang tidak terindex, apakah ada broken link, apakah ada duplikat konten dsb.

Jadi tidak menganalisa blog/website dengan tool google ini sama halnya dengan tidak pernah memeriksa kesehatan tubuh kita kepada seorang dokter.

6. Kesalahan yang sering dilakukan pemula adalah Sering ganti template atau theme

Setiap anda ganti template google menganggab blog anda belum selesai dan belum dipersiapkan dengan baik. Gonta-ganti template adalah hal yang lumrah kalau blog anda baru dibuat, namun jadi masalah kalau blog tersebut sudah lama eksis.

Mesikipun peringkat blog anda akan kembali membaik beberapa minggu atau bulan kemudian, tetapi akan tidak bisa lebih baik dari peringkat semula kalau template pengganti yang anda pilih tidak SE friendly. Tentang bahaya mengganti template ini yang bisa menurunkan peringkat anda bisa klik artikel ini.

Demikianlah 6 kesalahan dalam melakukan SEO yang biasa dilakukan setiap blogger pemula. Melakukan kesalahan seperti diatas bisa berakibat blog tidak berperingkat bagus di halaman hasil pencarian google.

Tinggalkan Balasan