Bisnis online melalui facebook

bisnis online facebook

Anda pengguna aktif facebook ?. Ada peluang besar yang terbuka untuk anda bisnis online facebook.  Sama seperti blog, akun facebook yang anda miliki juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis online.

Bagaimana bisnis online menggunakan facebook ?.  Artikel ini akan mencoba menjelaskan kepada anda bagaimana agar akun facebook yang anda miliki bisa dimanfaatkan untuk bisnis online, tidak semata-mata anda gunakan sekadar untuk curhat, sapa teman-teman, dan sepata dua kata tak membawa manfaat apa-apa.

Ada beberapa sebab bisnis online melalui facebook bisa sangat efektif selain menggunakan blog atau website yang selama ini sering dilakukan orang. Berikut ini alasan mengapa facebook media yang bagus untuk bisnis online.

  1. Facebook sangat populer. Jumlah member yang banyak. Mungkin anda mengetahui bahwa hampir semua orang yang mengetahui internet memiliki akun facebook, mulai dari anak SD hingga neneknya anak SD.
  2. Bisa anda bayangkan ada sangat banyak anak SD, siswa SMP, pelajar SMA, mahasiswa di negeri ini, belum lagi ditambah nenek kakeknya mereka. Mereka bisa menjadi target market untuk produk kita, baik produk digital, produk pisik, maupun produk jasa. Jadi dalam hal ini memiliki teman facebook yang banyak sebuah keharusan.  Untuk mengetahui bisnis online apa yang populer dilakukan orang bisa anda temukan dalam artikel macam-macam bisnis online.
  3. Sebagian besar dari mereka member aktif. Dengan jumlah teman yang ribuan dan sebagian dari mereka aktif facebookan setiap hari artinya setiap informasi yang kita upload akan terbaca setidaknya oleh kebanyakan dari mereka.
  4. Gratis. Membuat akun facebook gratis, update status gratis, menulis apa saja gratis, tentu saja anda hanya perlu keluar uang untuk beli pulsa internetan. Kalaupun produk yang anda tawarkan tidak ada yang beli, anda tidak rugi. Kecuali kalau anda pasang iklan di facebook menggunakan fasilitas periklanan berbayar milik facebook.
  5. Bisa hanya pakai ponsel.  Bisnis online pakai ponsel smartphone seringkali digunakan oleh pengguna facebook yang memanfaatkan facebook untuk cari uang.

Bagaimana bisnis online facebook

Bisnis online melalui facebook itu mudah dan tidak butuh keahlian khusus. Bisnis online menggunakan facebook termasuk cara bisnis online tanpa modal uang. Bagaimana cara bisnis online facebook ?. Ada beberapa yang harus anda lakukan:

1. Buat akun facebook dan rajin update status

Tentu saja ini harus anda miliki, dan saya yakin anda sudah punya akun facebook. Namun jika anda bisnis online facebook, punya akun facebook saja tidak cukup, anda harus rajin update status, agar keberadaan anda lebih dikenal setidaknya diantara teman-teman media sosial anda.

Anda sebaiknya jangan menulis yang tidak penting. Setiap update status anda sebaiknya menulis sesuatu yang berguna, berarti, namun dalam bahasa gaul tentu saja. Jangan pula asal menulis, artinya tidak setiap topik harus anda tulis, apalagi kalau bisa mengundang perdebatan, atau pandangan negatif tentang anda.

2. Perkenalkan diri anda sebagai seorang yang spesial

Saya tidak bermaksud menyarankan anda harus menjadi sesuatu atau seseoarang yang aneh. Spesial disini saya maksudkan anda tampilkan diri anda beserta apa yang anda mau tonjolkan pada diri anda. Tentu saja karena anda bertujuan untuk bisnis online, maka anda harus secara perlahan-lahan dan berkesinambungan memperkenalkan produk dan jasa yang anda tawarkan.  Kalau anda berbisnis jasa maka tampilkan diri anda beserta contoh hasil karya anda. Itu juga bagian dari proses membangun brand anda.

3. Jaga imaje

Tampilkan diri dan produk anda sebagai sebuah solusi bukan menjadi sebuah masalah. Jadi anda lebih baik tidak menulis sebuah keluhan, kegalauan, namun tawarkan sebuah solusi untuk setiap masalah atau keluhan yang anda baca, dengan berkomentar menggunakan kata-kata yang memotivasi.

4. Perkenalkan produk anda

Tentu saja dengan perlahan-lahan dan memanfaatkan timing yang tepat. Ada saat-saat dimana orang butuh sesuatu, dan pada saat itu produk kita tampil sebagai sebuah solusi untuk memenuhi kebutuhan mereka.

5. Buat halaman khusus tentang produk dan layanan anda

Facebook menyediakan fasilitas untuk membuat halaman khusus seperti halaman fans page. Halaman ini terpisah dari halaman pribadi anda. Anda bisa menampilkan semua gambar produk dan gambar contoh hasil karya anda.

Anda bisa memintah teman-teman anda untuk klik like halaman khsusus tentang produk dan jasa anda. Setiap teman yang like akan bisa melihat semua posting yang anda lakukan di halaman khusus tersebut, tentu saja setiap yang anda tulis di halaman fans page harus terkait dengan produk dan jasa anda.

Contoh halaman facebook yang saya miliki yang memfasilitasi komunitas pebisnis online adalah komunitas pebisnis online, dan ia terpisah dari halaman pribadi facebook saya. Anda bisa mempersilahkan sebanyak mungkin orang bergabung di halaman khusus tersebut.

Jika anda mau keluar uang tak ada salah kalau anda pasang iklan di facebook menggunakan fasilitas facebook ads.

6.  Tempatkan tautan halaman fans page di blog anda

Membuat fanfage facebook tidak sulit dan tentu saja anda harus juga membuat blog atau website bisnis anda. Membuat blog atau website adalah langkah strategis untuk serius bisnis online.

Jika anda serius ingin bisnis online, Anda bisa baca panduan lengkap langkah-langkah  memulai bisnis online dari awal silahkan anda klik cara bisnis online.

Anda memang bisa hanya mengandalkan facebook untuk bisnis online, namun untuk jangka panjang anda harus berpikir untuk memperjelas eksistensi anda sebagai pebisnis online, dan untuk itu membuat sebuah blog atau website adalah langkah strategis yang harus anda lakukan.

Setiap pebisnis online atau mereka yang serius untuk mendapatkan uang dari internet pasti memiliki sebuah atau beberapa buah blog/website, dan kalau anda ingin serius dalam bisnis online anda juga harus berbuat yang sama. Website online shop mereka dipromosikan pula di media sosial facebook dengan membuat fanfage toko online.

Membuat blog sangat mudah, tidak pake lama dan gratis. Untuk membuat blog dengan mudah silahkan klik cara membuat blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *