Bisnis Online Menggunakan Ponsel smartphone

bisnis online menggunakan ponsel
Bisnis online menggunakan ponsel bisakah ?. Jawabannya adalah bisa, tentu saja dengan batasan-batasan tertentu. Tapi sebelum kita membahas lebih jauh tentang bisnis online melalui ponsel terlebih dahulu kita pahami dulu apa itu yang dimaksud bisnis online ?.

Kebanyakan internet marketer mengartikan bisnis online sebagai setiap kegiatan memasarkan/menjual produk melalui media blog atau website. Jadi anda pajang tulisan penawaran jasa atau gambar produk barang jualan anda di sebuah blog atau website. Itu adalah bagian dari rangkaian proses bisnis online.

Bisnis online itu hanya terjadi bila pembeli dan penjual terkoneksi oleh jaringan internet, plus tanpa koneksi internet sebuah proses bisnis online tidak jalan.

Lalu untuk menjawab pertanyaan bisakah bisnis online menggunakan ponsel. Kita kembali pada definisi Bisnis Online diatas yang mensyaratkan keberadaan koneksi internet. Jadi bila ponsel anda bisa terkoneksi dengan jaringan internet maka anda bisa bisnis online melalui ponsel. Namun tentu saja tidak setiap ponsel bisa leluasa digunakan untuk Bisnis Online.

Informasi super lengkap dan panduan langkah-langkah memulai bisnis online dari awal bisa anda temukan dalam artikel langkah-langkah memulai bisnis online.

Ponsel yang bisa digunakan untuk bisnis online

Karena bisnis online melibatkan keberadaan blog atau website maka ponsel yang anda gunakan hendaklah mudah dipakai membuka blog atau website. Jenis ponsel yang bisa digunakan untuk membuka blog atau website lebih baik adalah ponsel pintar atau smartphone.

Semua vendor ponsel ternama sudah sejak lama memproduksi ponsel pintar. Nokia dengan smartphone ber-operating sistem Windows mobile, samsung dengan Android, blackberry dengan Blackberry OS, Iphone dengan iOS, dsb.

Smartphone itu sendiri bisa disebut mobile online device atau ponsel dengan kemampuan layaknya sebuah komputer. Namun ia memiliki kekurangan yang nyata seperti ukuran layarnya yang kecil dan pengoperasiannya yang lebih rumit ketimbang menggunakan PC. Karena itu anda akan sangat kesulitan membuat blog atau website menggunakan smartphone.

Anda bisa saja membuat blog blogspot untuk bisnis online menggunakan ponsel, namun ada banyak fitur pada sebuah blog yang sulit atau tidak mungkin dibuat menggunakan ponsel.

Jadi kalau anda mau menjalani semua proses bisnis online lewat hp android semata-mata, sepertinya bisnis online yang anda lakukan tidak akan berkembang lebih jauh. Meskipun anda bisa bisnis online menggunakan ponsel, sebaiknya anda lakukan adalah mengkombinasikan penggunaan komputer dan ponsel.

Memaksimalkan kegunaan ponsel untuk bisnis online

Anda telah mendapatkan gambaran tentang bisnis online yang mensyaratkan keberadaan blog atau website sebagai tempat anda memajang tulisan atau gambar produk yang anda mau jual secara online.

Karena keterbatasn ukuran layar pada sebuah ponsel, sebaiknya anda buat blog atau website menggunakan komputer, baik komputer desktop maupun notebook. Misalnya anda bisnis baju online, maka bagian dari proses bisnis baju tersebu yang bisa anda lakukan menggunakan ponsel adalah proses transaksi jual beli.

Banyak fitur dari website atau blog yang bisa dikoneksikan dengan sebuah ponsel secara otomatis. Misalnya setiap terjadi pemesanan produk/jasa yang anda tawarkan secara otomatis akan ada pemberitahuan ke ponsel pintar anda.

Bisnis online itu mensyaratkan keberadaan sebuah website atau blog, namun anda tidak harus mempunyai blog atau website sendiri. Anda bisa gunakan website orang lain untuk menjual produk atau jasa anda.

Anda input produk/jasa anda di blog/website orang lain, lalu selanjutnya untuk proses transaksi anda bisa gunakan ponsel. Jadi anda bisnis online gratis tanpa modal, karena tidak pakai modal buat website.

Akan tetapi bisnis online pakai website sendiri jauh lebih baik untuk jangka panjang karena banyak sekali keuntungannya jika pakai website sendiri. Tentang mengapa bisnis online sebaiknya pakai website sendiri silahkan klik bagus mana bisnis online pakai website milik sendiri atau punya orang.

Cara bisnis online yang lain menggunakan ponsel adalah dengan memanfaatkan media sosial semisal Google+, facebook, twitter, dan media sosial lainnya. Anda bisa gunakan Facebook untuk bisnis online lewat facebook dan lewat Google+ menggunakan ponsel.

Anda update status di Google+ atau facebook menggunakan ponsel yang berupa penawararan produk atau jasa anda. Orang yang tertarik dengan produk tersebut akan mengghubungi anda, itu juga sebuah bisnis online.

Kesimpulan dan saran.

  1. Anda bisa bisnis online menggunakan ponsel dengan batasan tertentu.
  2. Ponsel yang bisa digunakan untuk bisnis online adalah smartphone atau ponsel pintar.
  3. Smartphone yang sebaiknya anda pilih adalah smartphone dengan OS terbaru, misalnya Smartphone dengan OS Android ICS keatas dengan ukuran layar selebar mungkin.
  4. Untuk pengembangan bisnis online lebih baik anda membuat blog atau website sendiri.
  5. Cara termudah bisnis online menggunakan ponsel adalah memanfaatkan media sosial seperti Google+, Facebook, dan media sosial lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *