Belajar dari kesalahan untuk sukses bisnis online

belajar dari kesalahan
Setiap pebisnis online sukses umumnya pernah mengalami kegagalan dan melakukan kesalahan. Untuk sukses bisnis online mereka belajar dari kesalahan yang pernah mereka lakukan, lalu merumuskan formula untuk sukses.

Anda barangkali pada mulanya sering membaca cerita sukses pebisnis online. Mereka mendapatkan jutaan uang setiap bulan dari internet hanya dengan modal awal beberapa ratus ribu rupiah saja. Lalu anda termotivasi dan selanjutnya anda mencoba mengikuti jejak mereka.

Setelah bertahun-tahun terjun berbisnis anda menghadapi kenyataan bahwa anda hanya mendapatkan hasil tak seberapa, atau malah tak mendapatkan apa-apa.

Barangkali anda akan berpikir cerita sukses pebisnis online yang pernah anda dengar dan baca dahulu adalah sebuah kebohongan. Lalu anda berhenti dan berputus asa.

Namun tahukah anda bahwa tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan mudah, kalaupun harus sukses lebih cepat umumnya mereka akan lebih cepat pula harus jatuh karena melakukan kesalahan, lalu hanya yang kembali bangkit yang akan jadi pemenang.

Jane Porter menulis sebuah artikel di entrepreneur.com tentang bagaimana sebuah atau beberapa buah kegagalan menjadikan seorang Pebisnis akhirnya sukses menjadi milyuner.

Beberapa poin yang saya dapat dari artikel tersebut dan bagaimana kita belajar dari kesalahan

  1. Kegagalan yang pernah anda alami adalah modal untuk sukses di masa depan.
  2. Kegagalan yang anda alami mengatakan bahwa ada yang salah yang telah anda lakukan, ada yang seharusnya anda lakukan namun tidak anda lakukan. Anda harus belajar dari kesalahan yang telah anda lakukan.
  3. Berkumpullah dengan orang yang pernah gagal untuk mengumpulkan setiap informasi penyebab kegagalan yang mereka alami. Berdiskusi dengan mereka hingga anda akan tahu apa yang harus dan tidak seharusnya anda lakukan agar sukses di masa depan.
  4. Jangan takut gagal, karena kegagalan adalah modal untuk sukses. Lihatlah kegagalan dari sisi lain dan anda akan tahu betapa anda telah mengalami kemajuan yang sangat pesat.
  5. Kegagalan mengajarkan kita untuk lebih giat lagi belajar. Setidaknya belajar dari pengalaman kita atau pengalaman orang lain yang pernah gagal, agar kegagalan yang sama tidak berulang.
  6. Kegagalan menjadi sebuah ujian. Apakah kita mau dan mampu bangkit kembali untuk tetap fokus pada tujuan semula.
  7. Kegagalan dalam bisnis menjadikan kita sebagai seorang yang berpengalaman. Kegagalan membuat kita menemukan cara yang efektif untuk mempercepat pencapaian kesuksesan.
  8. Perjelas apa yang anda inginkan dari blog/website yang anda kelolah.

 

Belajarlah dari kegagalan agar sukses pada akhirnya

Saya menulis artikel ini terinspirasi dari artikel tersebut. Bahwa kegagalan yang pernah dialami akan menjadi pengetahuan yang sangat berharga. Dengan pernah mengalami kegagalan dalam bisnis orang akan tahu cara yang salah dalam sebuah bisnis. Semakin sering gagal semakin banyak ia mengetahui cara yang salah dalam bisnis.

Namun tentu saja mengalami kegagalan yang sama karena melakukan kesalahan yang sama menunjukkan kita tidak belajar dari kesalahan.

Dua buah blog saya, blog carabisnisonline.net yang semua posting artikelnya saya pindahkan ke biajobisnis yang sedang anda baca ini dan blog satunya lagi pernah berada di posisi yang jauh lebih baik dari sekarang.

Pasca google mengeluarkan update algoritma google panda dan algoritma google penguin awal 2012 lalu, blog carabisnisonline.net jatuh hingga kehilangan lebih dari separuh peringkat halaman pertama untuk prasa kata kunci yang mendatangkan kunjungan. Blog yang satunya bahkan harus kehilangan lebih dari 90% peringkat halaman pertama.

Itu adalah sebuah cerita kegagalan saya mengelolah blog. Apa lantas saya putus asa lalu memutuskan berhenti ?. Tidak, saya belajar dari kesalahan dalam pengelolaan blog tersebut. Pada akhirnya saya mengetahui bahwa setelah mengelola blog selama lebih dari 3 tahun kemampuan menulis saya menjadi jauh lebih baik dari 3 tahun lalu. Itu sebuah kesuksesan menurut saya. Tentang ukuran sukses mengelola blog anda bisa baca artikel ini ukuran sukses mengelolah blog.

Keberhasilan saya yang lain adalah saya berhasil mengetahui beberapa kesalahan yang seharusnya tidak saya lakukan, dan beberapa hal yang seharusnya saya lakukan. Semua itu pengalaman yang sangat berharga.

Bayangkan kalau saya tidak pernah mengalaminya atau saya harus mengalami kegagalan yang jauh lebih parah dari itu suatu saat nanti, barangkali saya akan lebih susah untuk bangkit. Jadi saya masih beruntung karena pernah gagal lebih awal.

Supaya anda terhindar dari kegagalan dalam bisnis online, sejak awal anda hendaknya memulai dengan benar. Baca panduan cara memulai bisnis online untuk mengetahui langkah-langkah yang seharusnya anda lakukan sejak awal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *