Cara agar website Tampil Bagus di Layar Ponsel

cara agar blog tampil bagus di layar ponsel
Sumber gambar: themeforest.net

Membuat website mobile frendly adalah cara agar website tampil bagus di layar ponsel, tab, dan mudah dibaca.

Hal ini penting karena pengguna media mobile semisal ponsel dan tab sudah demikian banyak. Popularitas penggunaan gadget mobile untuk akses internet sudah melebihi penggunaan komputer PC atau notebook.

Masalahnya, kebanyakan desain blog atau website tidak mobile friendly. Apa yang tampil di blog seringk kali tidak bisa terbaca dengan jelas. Pengunjung sebuah website/blog masih harus repot menggeser layar kesisi kanan atau kiri, dan itu mengurangi kenyamanan pengunjung. Karena itu agar blog tampil bagus di layar Hp, kita perlu menggunakan template atau theme blog yang mobile friendly atau responsive.

Beberapa pilihan theme wordpress responsive bisa anda temukan dalam artikel theme wordpress terbaik gratis.

Cara agar tampilan website atau blog pas di segala ukuran layar

Satu-satunya cara paling tepat untuk mengetahui apakah template atau theme blog anda sudah responsive, adalah dengan membukanya di berbagai perangkat. Anda bisa lihat tampilan sebuah blog atau website di layar ponsel dan tab dengan berbagai ukuran layar.

Kalau anda harus melakukan zoom, menggeser layar ke kiri atau ke kanan untuk membaca seluruh isi halaman, maka template blog anda belum responsive atau tidak mobile friendly.

Kalau anda hanya perlu mengetuk layar untuk memperbesar tampilan, maka template atau theme blog anda sudah cukup baik namun belum responsive.

Lebih bagus lagi begitu blog anda dibuka di layar ponsel, maka isi blog sudah bisa terbaca. Anda tidak perlu menggeser layar dan mengetuk layar sekalipun.

Cara agar website tampil bagus di layar ponsel

Mengapa penting tampilan responsive di layar ponsel dan tab. Tidak lain karena pengakses internet menggunakan ponsel kian meningkat drastis dari hari ke hari. Tentang peningkatan jumlah pengunjung web pakai ponsel anda bisa klik supaya blog disukai pengunjung internet yang pakai ponsel.

Kalau anda membuat blog flatform blogspot anda bisa menggunakan template blog standar blogspot yang disediakan blogger.com. Template standar tersebut telah dibuat responsive agar tampil bagus di semua ukuran layar.

Panduan yang harus anda baca jika ingin membuat blog yang bagus untuk bisnis bisa anda temukan dalam artikel buat blog baru.

Untuk blog gratis flatform wordpress.com anda bisa juga gunakan template standar yang juga disediakan pihak wordpress.com. Jadi anda tidak harus repot mencari template responsive untuk blog wordpress.com anda.

Tapi tampilan template standar tersebut tidak menarik dan anda mungkin akan melakukan renovasi, agar tampilan blog anda sesuai selera. Cara agar blog tampil bagus di layar ponsel dan anda tidak perlu lagi melakukan modifikasi, ada baiknya anda cari template yang benar-benar tampil bagus, meskipun anda harus membeli.

Sedangkan untuk website, khususnya website yang dibuat pakai softwsre wordpress. Ada banyak theme website responsive yang bisa anda pakai gratis yang disediakan pihak ketiga. Salah satunya adalah theme dari themeforest.net. Namun pastikan theme yang anda pilih benar-benar theme yang responsive.

Contoh theme yang responsive untuk toko online adalah  tokofashiononline.net dan template blog blogspot biasa adalah blog bisniskecilonline.blogspot.com.

Jika anda mau buat website selain theme banyak lagi yang perlu Anda pertimbangkan. Selengkapnya bisa Anda temukan dalam panduan cara membuat website.

Tinggalkan Balasan