Cara mengelola blog sendiri dengan baik bagi pemula

Begitu memulai membangun sebuah blog, baik untuk bisnis maupun blog pribadi, anda harus mengetahui cara mengelola blog sendiri. Tanpa dikelola dengan baik blog anda tidak akan efektif untuk alat bisnis online. Anda harus terus menerus mengelola blog dan merawatnya.

Kebanyakan pemula yang mulai blogging tidak mempertimbangkan bagaimana seharusnya mereka memulainya.  Tak heran mereka menghadapi kenyataan bahwa ada banyak masalah dengan blog yang mereka miliki, yang masalah itu timbul sejak awal.
cara mengelola blog
Mengetahui bagaimana memulai blogging yang benar itu penting agar kita tidak harus menghadapi masalah dikemudian hari. Saya sendiri mengalami masalah dengan kedua blog blogspot saya, karena kesalahan dalam perawatannya pada masa lalu.

Artikel ini saya tulis untuk anda yang sudah bisa membuat blog gratis di blogger.com. Kalau anda benar-benar belum bisa membuat blog di blogger.com silahkan baca terlebih dahulu artikel cara membuat blog gratis. Setelah itu lanjutkan membaca artikel ini.

Berikut ini beberapa cara mengelola blog yang baik.

Apa yang perlu ada pada blog yang dikelolah dengan baik

  1. Pastikan anda mengetahui tentang apa blog yang akan anda buat. Biasanya ini terkait dengan keterampilan, pengetahuan anda di dunia nyata, kemudian apa yang anda sukai atau apa passion anda. Ini penting agar anda memiliki blog dengan tema spesifik. Anda bisa menikmati proses panjang pengelolaan blog anda nantinya. Blog dengan tema spesifik juga sangat bagus untuk dijadikan media membangun brand.
  2. Apakah tema atau isi yang akan anda muat di blog adalah tentang sesuatu yang cukup populer. Gunanya untuk memastikan blog anda berpeluang mendapatkan banyak pengunjung. Kalau anda pasang iklan google adsense maka agar iklan adsense diklik blog harus didatangi banyak pengunjung. Jadi anda harus memilih blog dengan tema atau topik bahasan yang cukup populer.
  3. Gunakan template blog/theme yang ramah mesin pencari. Menggunakan template atau theme blog yang ramah mesin pencari agar blog anda lebih mudah ditelusuri robot mesin pencari. Template Blog yang ramah mesin pencari misalnya template yang cepat loading. Template yang struktur pisiknya sudah dioptimasi, kode-kode yang digunakan untuk membangun template ditulis dengan baik.  Anda bisa mencari template gratis ramah mesin pencari melalui Google.
  4. Gunakan nama domain yang cantik. Bukan hanya nomor handphone, nama domain juga harus cantik. Pertimbangkan untuk menggunakan nama domain, dalam hal ini custom domain kalau anda menggunakan blog gratis blogspot. Sebaiknya pilih nama domain yang mudah dieja, berkonontasi positif. Tentang pemilihan nama domain anda bisa baca tips memilih nama domain website.
  5. Buat judul blog anda dengan tepat. Proses pertama dan utama setelah blog anda dibuat adalah menentukan apa judul blog anda. Judul blog anda adalah sebuah kalimat yang menjelaskan secara singkat tentang apa blog anda. Buat judul blog yang baik dan berbeda dengan blog orang lain, apalagi bila blog anda untuk bisnis online. Tujuannya agar judul blog anda unik. Lanjutkan baca juga artikel cara membuat judul artikel yang baik.
  6. Terakhir buat deskripsi yang menjelaskan tentang apa blog anda. Anda perlu membuat deskripsi yang lebih mendetil tentang apa blog anda, untuk blog blogspot disebut juga deskripsi penelusuran. Gunakan kalimat yang menjual yang sesuai untuk menggambarkan tentang apa blog anda. Buat deskripsi yang cukup panjang namun tidak terlalu panjang.

Isi blog dengan konten yang relevan

Setelah semua proses diatas anda lakukan baru anda isi blog anda dengan konten yang relevan. Salah satu konten blog adalah tulisan atau posting. Apa yang anda harus tulis di blog anda adalah semua informasi yang relevan dengan tema utama blog anda.

Anda boleh saja menulis sesuatu yang berbeda dari tema utama blog anda, namun sebaiknya jangan terlalu banyak. Terlalu banyak menulis artikel diluar tema blog anda akan membuat blog anda nampak tidak spesifik.

Brand blog anda terbentuk setelah orang bisa mengasosiasikan blog anda dengan sesuatu yang spesifik. Saya sendiri bermaksud membangun brand, maka nama domain yang saya gunakan dan artikel yang saya tulis semuanya terkait dengan bisnis online.

Anda telah menulis artikel tentang sesuatu yang terkait dengan blog anda, selanjutnya anda perlu merawat blog anda dengan rutin. Apa yang harus anda lalukan untuk memastikan blog anda selalu sehat.

Artikel terkait:
Cara mengisi blog dengan konten yang tepat.

Berikut ini yang perlu anda lakukan dalam proses merawat dan cara mengelola blog

 

  • Daftarkan blog di semua search engine terbesar. Menu setting pada akun blogger.com menyediakan opsi untuk meminta mesin Google menelusuri blog dan mengindex konten dalam blog anda. Anda hanya perlu memilih opsi tersebut. Kemudian ada lagi 2 mesin pencari besar dan blog anda sebaiknya daftarkan pula di 2 mesin pencari besar tersebut, yaitu Yahoo dan Bing.
  • Daftarkan blog di Google search console. Anda harus mendaftarkan blog di akun google search console. Ini berguna untuk memonitor kesehatan blog anda secara keseluruhan dengan lebih mudah. Tidak mendaftarkan blog di akun search console sama dengan tidak pernah memeriksa kesehatan tubuh anda di dokter. Jika demikian, berarti anda tidak mengetahui cara mengelola blog yang baik.
  • Terbitkan artikel secara teratur. Pekerjaan utama seorang blogger adalah menulis untuk mengisi blog. Anda harus menulis artikel secara teratur, misalnya 1 judul setiap hari atau minimal 1 judul per minggu. Tulis artikel yang relevan dengan tema utama blog anda yang tercermin dari kata kunci yang anda targetkan.
  • Riset kata kunci sebelum menentukan apa yang mau ditulis. Riset kata kunci dimaksudkan untuk mencari kata kunci yang bisa mendatangkan pengunjung ke blog anda. Gunakan google keyword tool atau keyword planner. Pilih prasa kata kunci yang banyak diketik orang di Google dengan tingkat persaingan yang tidak terlalu ketat. Gunakan prasa kata kunci tersebut sebagai judul dan tambahkan kata lain agar judul artikel anda unik. Lalu tulislah isi artikel yang relevan dengan judul. Baca cara bikin artikel.
  • Secara rutin monitor kesehatan dan status index blog. Pada langkah kedua anda telah mendaftarkan blog di google webmasters tool. Gunakan tool webmasters tersebut untuk mengetahui apakah ada artikel yang sudah anda terbitkan tidak terindex di google. Apakah telah terjadi duplikasi deskripsi blog dan deskripsi artikel anda.  Tool ini juga bisa memberitahu anda kalau ada malware menginfeksi blog anda, dan lain-laiin.  Tingkat kesehatan blog gratis anda sangat menentukan nilai kualitas blog di mata algoritma Goole Panda.
  • Dapatkan backlink masuk ke blog anda. Backlink berguna untuk menambah bobot nilai artikel anda dan bobot nilai blog anda secara keseluruhan. Meskipun anda bermaksud mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya jangan pernah mendapatkannya secara instan. Misalnya membeli ribuan baclink, sehingga dalam kurun waktu yang singkat blog anda bisa memiliki backlink ribuan. Membeli ribuan backlink beresiko.
  • Pelajari dan pahami algoritma ranking google. Salah satu algortima google yang penting adalah google penguin. Kalau algoritma google menangkap proses dan prosedur mendapatkan backlink yang anda lakukan tidak alami, maka blog anda  bisa terkena hukuman. Jadi berusahalah untuk mendapatkan backlink berkualitas.
  • Pelajari teknik SEO. SEO adalah cara bagaimana agar blog anda lebih disukai oleh search engine. Search engine akan menempatkan blog terbaik di posisi terbaik di halaman hasil pencarian mereka. Mempelajari dan menggunakan SEO adalah cara mengelola blog yang harus anda ketahui.

Demikianlah masukan untuk anda yang ingin mengetahui langkah-langkah bagaimana cara mengelolah blog dan merawatnya dengan benar.

Tinggalkan Balasan