Cara Menulis Artikel di Blog Bisnis yang baik

cara menulis artikel di blog bisnis
Mengetahui cara menulis artikel di blog bisnis sangat penting untuk mendukung tercapainya sukses bisnis online. Artikel di blog bisnis tentu berbeda dengan artikel biasa.

Artikel adalah konten yang paling dominan dalam sebuah blog atau website. Blog yang secara teratur menerbitkan konten baru akan dianggap lebih bernilai dan disukai baik oleh pengunjung maupun mesin pencari.

Kendalanya adalah bahwa menulis artikel yang berkualitas tidak mudah, dan karena itu banyak orang yang akhirnya memutuskan mundur dari kegiatan blogging, hanya karena merasa sangat terbebani oleh keharusan menerbitkan tulisan baru secara teratur, sementara mereka merasa tidak mampu menulis.

Mengapa kemampuan menulis artikel sangat penting bagi pengelola blog bisnis ?.

Tulisan adalah apa yang memberi nilai pada sebuah blog atau website.  Meskipun anda bisa mengisi blog hanya dengan gambar atau video, namun tetap saja anda masih harus menulis.  Informasi yang perlu anda sampaikan kepada pembaca blog anda tidak selalu bisa disampaikan melalui sebuah gambar atau video, belum lagi membuat video dan gambar itu juga bukan pekerjaan mudah, malah untuk kebanyakan orang lebih sulit dari menulis.

Kalau anda ingin serius mengelola blog untuk bisnis online mau tidak mau anda harus belajar menulis, dan berusaha menyenangi aktifitas menulis artikel.

Bagaimana cara menulis artikel di blog bisnis yang baik

 

1. Tulis artikel yang relevan dengan tema utama blog

Blog tentang SEO tentu tidak relevan diisi artikel tentang perawatan kecantikan. Tidak juga bagus menulis ulasan hasil pertandingan bola di blog yang membahas tentang bisnis online. Kecuali kalau anda bisa menulis hasil pertandingan sepak bola dari sudut pandang bisnis online.

Menulis artikel yang relevan dengan tema utama blog juga menunjukkan blog kita adalah blog spesial. Blog spesial menunjukkan kita sebagai pengelola blog memiliki pengetahuan yang luas seputar tema utama blog yang kita kelola.

Blog dengan tema utama yang jelas dan sedikit lebih disukai google, dan lebih mudah digunakan sebagai media membangun branding. Sebaliknya blog multi tema menunjukkan seakan-akan anda bukan blogger yang spesial dalam bidang tertentu.

Apakah blog anda blog spesial yang membahas tema tertentu, ataukah blog multi tema bisa dilihat dari tentang apa artikel yang anda tulis di blog tersebut.

2. Tulis artikel yang mudah dipahami

Pengunjung lebih suka membaca tulisan yang mudah dipahami, karena itu lebih baik menulis artikel yang tidak terlalu bersifat teknis, kecuali kalau blog anda benar-benar menargetkan pengunjung level teknis.

Artikel yang mudah dipahami juga akan lebih mudah diambil intisarinya oleh pembaca, sehingga apa yang anda tulis bisa benar-benar memberi masukan pengetahuan kepada pembaca blog anda.

Kalau anda menulis artikel yang menarik, dan mudah dipahami, apalagi kalau tata bahasa, susunan kalimat dalam artikel anda enak dibaca, pembaca pemula akan menikmati apa yang anda tulis dan dikemudian hari mereka akan kembali berkunjung. Sementara artikel yang bersifat teknis seringkali malah sangat membosankan. Pembaca mungkin akan segera menutup blog anda dan tidak akan berniat berkunjung kembali.

3. Tulis artikel dengan gaya anda sendiri

Jangan karena anda menyukai gaya penulisan penulis idolah anda, lalu anda mati-matian menulis seperti mereka menulis, anda menggunakan kata yang biasa mereka gunakan. Menulis dengan gaya anda sendiri jauh lebih baik.

Ada banyak artikel yang membahas tofik yang sama diterbitkan di media online, dan apa yang membedakan satu dari lainnya adalah bagaimana cara artikel tersebut ditulis, apa gaya penulisan yang digunakan, apa kata yang paling dominan, dan ciri-ciri khas lainnya. Semakin beda artikel anda dari milik orang lain semakin ia bernilai unik, dan mesin pencari sangat menyukai artikel unik.

Jadi tulislah dengan gaya bahasa anda sendiri. Contoh: saya tidak nyaman menggunakan kata seperti “agan”, “teman”, “aku” dsb. Karena itu kata “anda”, “saya” lebih sering saya gunakan, meskipun barangkali anda akan menganggap gaya bahasa yang saya gunakan terkesan serius. Ya itulah saya, saya tidak bisa menjadi seperti orang lain.

4. Tulis artikel yang informatif

Menulis artikel yang informatif tujuannya adalah agar pengunjung yang mendatangi blog anda bisa mengambil manfaat yang nyata dari apa yang mereka baca.

Tapi jangan karena bermaksud menyajikan artikel yang informatif lalu anda memberikan informasi yang mengada-ada.  Sekali anda menulis artikel “bohongan” orang tak akan lagi membaca tulisan anda.

5. Tulis artikel yang membujuk pembaca melakukan apa yang anda mau

Karena anda mengelola blog untuk tujuan bisnis, maka anda tidak bisa menghindari dari keharusan menulis artikel yang bernada bujukan, godaan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu yang menguntungkan anda.

Kalau anda bisnis online berupa jasa pembuatan website maka anda pastilah akan menulis artikel yang ujung-ujungnya membujuk pembaca yang ingin membuat website untuk memakai jasa anda. Karena itu tidak salah kalau untuk setiap artikel yang bertofik yang terkait dengan jasa atau produk yang anda jual anda “mengajak” pembaca membeli dari anda.

Namun harap berhati-hati untuk tidak melakukannya berlebih-lebihan, sehingga terkesan anda terlalu bernafsu memanfaatkan kehadiran pengunjung agar menjadi konsumen anda.

6. Kalau anda merasa tidak pandai menulis artikel

Kebanyakan orang pada awalnya tidak pandai menulis, termasuk juga saya. Bahkan hingga kini setelah lebih dari 3 tahun mengelola blog saya baru merasa bisa menulis sedikit lebih baik dari 3 tahun lalu.

Barangkali anda akan berfikir untuk memberi kesan blog anda bagus, sementara anda merasa tidak bisa menulis artikel, lalu anda menyalin (copy paste) tulisan orang lain dan anda terbitkan di blog anda. Kalau itu terus menerus anda lakukan, anda tidak akan bisa menulis artikel sampai kapanpun. Pembacapun akan menjauhi blog anda, dan ucapkan selamat tinggal dunia blogging.

Masih lebih baik anda secara reguler memakai jasa penulis artikel. Anda sebaiknya juga menerbitkan artikel karangan anda sendiri, agar anda lambat laun akan bisa menulis dengan baik.

Kalau anda mau belajar menulis sendiri setidaknya mulai dengan baca ini cara buat artikel.

7. Pastikan artikel anda sesuai dengan perkembangan zaman

Anda harus selalu mengikuti perkembangan dunia blogging dan apapun yang terkait dengan bisnis anda. Karena itu anda perlu update artikel lama agar selalu  sesuai dengan kondisi terkini. Update artikel bisa juga untuk tujuan memperkaya kata kunci.

Demikianlah artikel tentang cara menulis artikel di blog bisnis, semoga bisa memberi masukan kepada anda yang mengelola blog bisnis. Saya sendiri masih dalam tahap belajar bagaimana menulis yang baik.

Tinggalkan Balasan