2 cara SEO curang yang tidak dianjurkan namun terkadang efektif

cara seo curang

Ada banyak infomasi tentang cara SEO curang yang sering dipraktekkan orang, berikut ini 2 cara yang tidak saya anjurkan walaupun terkadang bisa efektif menaikkan peringkat. Teknik SEO ini tidak saya lakukan,  walaupun saya sering melihat masih banyak yang pakai.

Sementara anda sudah pasti tahu bahwa SEO itu adalah bagaimana membuat artikel yang anda tulis tampil di posisi terbaik di halaman search engine populer seperti Google. Tidak perduli apapun cara yang digunakan, asalkan tampil di peringkat atas google semua cara yang memungkinkan pastilah digunakan.

Saya lebih suka membuat konten yang ditujukan kepada manusia, karena itu setiap artikel yang saya tulis saya usahakan lebih user friendly.  Meskipun demikian saya sendiri memaknai user friendly itu menurut pemahaman saya sendiri, yang boleh jadi beda dengan blogger lain.

Artikel terkait: cara optimasi SEO on page.

Berikut ini beberapa cara SEO curang yang tidak dianjurkan walaupun sering efektif

1. Membuat link menuju halaman yang sama

Maksud saya, anda membuat link menuju posting yang sama dengan posting di mana link tersebut dibuat. Contohnya link ini teknik seo yang tidak perlu dilakukan. Jadi logika saya mengatakan anda memaksa robot google secara berulang-ulang menelusuri konten yang sama.

Saya sering menemukan banyak blog yang menggunakan teknik ini. Saya tidak katakan bahwa teknik ini tidak efektif, karena faktanya banyak posting blog yang memuat pola link seperti ini tampil di halaman pertama google. Bahkan ada juga blog yang bahkan memuat 4 buah link sejenis menggunakan anchor teks yang berbeda.

Link seperti itu tentu tidak anda maksudkan agar diklik pengunjung, karena klik link tersebut tidak berguna, hanya akan membuat pengujung berputar-putar di tempat yang sama. Namun boleh jadi robot google memberi nilai link tersebut sebagai dukungan kepada link tujuan, dan sang robot tidak mengetahui kalau link tersebut link akal-akalan.

Kebanyakan blog besar khususnya blog luar negeri tidak lagi menggunakan cara SEO curang seperti ini. Tidak juga digunakan untuk optimasi blog kecil saya ini. Bahkan judul posting di blog carabisnisonline.net saya buat tidak lagi berupa link, kecuali bila ia berada di homepage.

2. Mendapatkan backlink dengan cara membeli

Backlink itu sangat penting untuk blog anda, penting juga untuk blog saya. Karena sangat penting, banyak blogger mati-matian berusaha mendapatkan banyak backlink dengan segala cara.

Cara yang digunakan untuk mendapatkan backlink bisa dengan berkomentar di banyak situs, termasuk situs yang tidak relevan. Termasuk juga menjadi penulis tamu di blog populer, bertukar link dengan blog teman, bahkan termasuk membeli ribuan backlink secara instan.

Dari semua cara diatas yang paling tidak saya sukai adalah membeli ribuan backlink. Namun kalau anda menjual 10 backlink berkualitas, saya pertimbangkan untuk membelinya. Indikasi anda membeli ribuan backlink adalah bila blog anda berusia muda namun punya ribuan backlink.

Bagaimana mungkin alat ukur seperti mozbar yang terpasang di browser web anda menginformasikan sebuah blog berusia muda, katakanlah 4 bulan punya 10.000 backlink. Saya rasa hampir tidak mungkin mendapatkan 10 ribu backlink dalam kurun waktu 4 bulan. Apalagi dilakukan dengan cara biasa, misalnya berkomentar di blog tetangga, menjadi penulis tamu di blog populer, submit artikel di banyak situs. Jadi untuk mendapatkan backlink sebanyak itu jelas anda harus membelinya.

Boleh beli backlink asalkan anda bisa memastikan sumber backlink itu akan selalu baik

Sebenarnya tidak mengapa membeli backlink asalkan anda tahu dari mana backlink yang anda dapatkan berasal, dan anda harus batasi jumlahnya agar nampak wajar. Jadi kalau anda mau beli backlink, beli saja 10 buah setiap bulan misalnya. Penting juga untuk diingat, ada kemungkinan suatu saat nanti blog anda dihukum karena ribuan backlink yang anda dapatkan tidak disukai google penguin.

Ada kemungkinan website dimana link menuju blog kita ditempatkan suatu saat nanti berubah menjadi situs tidak bernilai, misalnya menjadi situs spammer. Bisa jadi pula situs tersebut menjual backlink ke banyak situs lain. Situs penjual backlink tidak disukai google. Link yang berasal dari situs tersebut menjadi tidak bernilai. Nantinya akan membuat blog kita ikut terkena dampak negatifnya. Lalu kita akan memasukkan situs-situs tersebut ke dalam daftar disavow link.

Jari-jemari tangan anda tentu akan bengkok kalau harus menelusuri 10.000 ribu backlink. Apalagi mendata semua backlink tersebut dan meminta admin blog sumber link anda menghapus link berpengaruh negatif tersebut, atau memuatnya kedalam daftar disavow link.

Demikianlah 2 cara SEO yang tidak dianjurkan untuk meningkatkan peringkat blog di google. Terserah anda apakah mau menggunakan cara tersebut atau cara lain.

Baca juga yang ini cara SEO.

One thought on “2 cara SEO curang yang tidak dianjurkan namun terkadang efektif

Tinggalkan Balasan