Apa Penyebab Blog dihapus Google atau hilang peringkat

 

apa penyebab blog dihapus google

Apa penyebab blog dihapus Google sepertinya pertanyaan yang menarik untuk dicari jawabannya, mengingat di tahun 2013 ini banyak blog populer yang dihapus Google, atau setidaknya menghilang dari halaman pertama.

Dalam beberapa bulan sebelum Agustus 2013 ini blog-blog tersebut  menduduki halaman pertama google untuk banyak kata kunci yang kebetulan juga menjadi target blog ini. Karena dominan tampil di halaman pertama google, mereka memiliki ranking alexa yang sangat ramping. Saya sangat takjub melihat blog-blog penomenal tersebut.

Saya katakan penomenal karena saya baru beberapa bulan terakhir ini mengenal blog-blog tersebut, itupun karena sangat menonjol kepopulerannya. Pada awalnya mereka tidak terlihat di halaman 2, 3, 4, 5, lalu tiba-tiba muncul di halaman awal di peringkat tiga besar pula.  Tidak begitu penomenal kalau blog tersebut berusia tua, namun faktanya banyak dari mereka baru berusia beberapa bulan saja.

Manakalah mereka turun peringkat secara drastis, apalagi hingga dihapus google, menjadi sangat menarik untuk dipelajari untuk mencari tahu apa penyebab blog dihapus Google.

Dalam artikel ini saya ambil contoh blog ittaqi-tafuzi.blogspot.com. Mengapa saya tertarik membahas blog ini ?. Tidak lain karena dominasinya di halaman pertama Google dalam beberapa bulan yang lalu, lalu tiba-tiba di awal Agustus 2013 dihapus atau terhapus dan tidak online lagi. Saya tidak mengetahui berapa usia blog ittaqi-tafuzi jadi faktor usia saya kesampingkan. Saya sorot hanya halaman homepage blog tersebut.

Sebenarnya ada puluhan penyebab blog dihapus atau turun peringkat di halaman google secara drastis. Karena saya hanya mengambil contoh pada blog Mas Abu Kholid maka saya hanya menuliskan penyebab blog beliau dihapus blogger.com.

Berikut ini apa penyebab blog dihapus Google (kasus: blog ittaqi-tafuzi)

1. Teks yang tampil di Cache Google versi lengkap berbeda dengan versi cache Google hanya teks

Halaman homepage blog Mas Abu Kholid ini menampilkan isi yang sama persis seperti tampilan normalnya ketika dilihat versi cache Google lengkap ( jepretan 29-7-2013 jam 23:55:01), URLnya adalah: “http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:RZIKpw55i4cJ:ittaqi-tafuzi.blogspot.com/+ittaqi-tafuzi.blogspot.com&cd=1&hl=id&ct=clnk”. Namun berbeda ketika dilihat di versi cache hanya teks, URL nya ini: “http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:RZIKpw55i4cJ:ittaqi-tafuzi.blogspot.com/+ittaqi-tafuzi.blogspot.com&hl=id&strip=1”.

Kalimat yang ditampilkan di Cache Google versi hanya teks jauh lebih banyak, termasuk beberapa buah link dofollow. Ini terlihat untuk 2 buah judul artikel yang dimuat di home page blog tersebut, yaitu artikel yang berjudul “cara paling gampang belajar bisnis online dengan video” dan “jual blazer korea murah, jual baju online korea murah”.

Coba anda lihat gambar yang merupakan screen shot home page blog tersebut versi cache Google lengkap (saya hanya ambil gambar sebagian kecil dari apa yang tampil di homepage).  Sementara apa yang tampil di cache Google versi hanya teks 7 kali lebih banyak (mungkin hampir semua isi artikel tersebut). Sayangnya saya tidak bisa memuat kalimat-kalimat yang tampil untuk cache versi hanya teks tersebut karena terlalu panjang.

Sebagai pembanding saya mencoba melihat cache Google versi hanya teks untuk homepage blog carabisnisonline.net.  Kalimat yang tampil di versi full dan versi hanya teks sama.

2. Banyak menampilkan iklan khusus dewasa

Saya tidak yakin menampilkan konten berupa iklan obat khusus orang dewasa menjadi alasan kuat untuk menghapus blog Mas Abu kholid ini. Namun tidak tertutup kemungkinan ini juga memperkuat alasan Google. Kalau untuk konten parnagrafi seperti gambar dan video dewasa, blogger.com sendiri memang mengharuskan blog blogspot memasang semacam kalimat warning dengan tujuan menyarankan hanya pengunjung berusia dewasa yang boleh melihat konten blog tersebut. Depkominfo sendiri juga tidak menyukainya, karena itu website/blog sejenis sering diblokir.

3. Banyak menampilkan iklan banner (ada 14 buah iklan banner) 

Ada banyak iklan banner yang tampil, terbanyak iklan produk orang dewasa, termasuk juga gambar banner dengan link aktif menuju situs eksternal di home page posisi teratas ( untuk obat kuat orang dewasa), Termasuk juga teks link menuju artikel yang memiliki teks links dofollow menuju situs ekternal, ditulis di bagian menubar atas

4. Halaman home page menampilkan 2 buah teks link yang sama namun menuju URL yang berbeda

Teks link “cara menghilangkan jerawat” satu menuju artikel posting, satunya lagi menuju situs eksternal ahongherbal.com/2013/06/vimax-pill.html. Teks link menuju situs eksternal ini tidak terlihat di cache versi lengkap atau mungkin teks link ini teks ALT banner iklan vimax-pill.

Saya kira beberapa kesalahan seperti diatas adalah apa penyebab blog dihapus google. saja google sudah punya alasan untuk menghapus blog tersebut. Namun untuk lebih jelasnya saya rasa Admin blog ittaqi-tafuzi sendiri bisa memberi jawaban yang lebih jelas.

Artikel ini saya tulis agar kita berhati-hati dalam menggunakan teknik SEO, khususnya SEO on Page. Analisa saya ini (maaf kalau saya salah) dimaksudkan agar apa yang terjadi pada blog Mas Abu Kholid tidak terjadi pada blog kita. Kepada Mas Abu Kholid saya meminta maaf karena mencoba mengulas blog Anda.

2 thoughts on “Apa Penyebab Blog dihapus Google atau hilang peringkat

    • Maaf saya baru balas komentar Anda. 2 bulan terakhir ini saya jarang cek komentar yang masuk.

      Untuk kata kunci pencarian apa yang Anda maksudkan.

      Apakah saat ini peringkat blog Anda seperti yang anda katakan sudah kembali naik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *