Cara meningkatkan pengunjung blog dengan backlink

 

cara meningkatkan pengunjung blog

Memang benar bahwa salah satu cara meningkatkan pengunjung blog adalah dengan menambah jumlah artikel yang tampil di halaman pertama google untuk sebanyak mungkin keyword pencarian populer yang ramai pencari. Mengapa demikian ? dan apa yang harus dilakukan.

Saya mulai artikel ini  dengan bercerita seputar blog carabisnisonline.net. Mungkin tidak berlebihan kalau dikatakan saya tidak pantas lagi digelari newbie karena saya sudah ngeblog selama lebih dari 3 tahun dan pernah posting lebih dari 300 artikel.

Saya juga pernah buat blog di wordpress.com, weebly, google blog, wordpress.org, dan tentu saja blogger.com. Jumlah blog yang pernah saya buat tidak kurang dari 10 buah.

Punya juga belasan Nama domain atas nama saya, dan hanya beberapa saja yang sudah digunakan untuk blog atau website yang tidak banyak pengunjung.

Paragraf diatas hanya dimaksudkan untuk transfaransi kepada anda yang baca artikel ini, saya tidak punya tendensi apa-apa. Saya bermaksud mengatakan bahwa ada yang tidak maksimal dalam usaha saya untuk menjadikan blog dan saya sendiri lebih dikenal, sehingga bisa meningkatkan jumlah pengunjung blog ini. Ketidak maksimalan itu berupa link atau backlink.

Saat ini blog carabisnisonline.net berusia 3 tahun, memiliki hanya 120 artikel, beberapa darinya artikel copas (semuanya sudah saya hapus). Yang luar biasa kurangnya adalah blog carabisnisonline.net hanya mendapatkan 35 backlink dengan nilai Page authority 29, Domain Authority 22 dan Page Rank 0.

Saya katakan luar biasa karena dengan usia 3 tahun seharusnya dan sebaiknya ia telah mendapatkan ratusan backlink, PR minimal 1. Sebagai perbandingan bahwa ada sangat banyak blog dengan usia 1 tahun punya 1000 backlink.

Mengapa backlink itu saya pikir sangat penting ?. Tidak lain karena backlink adalah salah satu indikator utama kualitas konten yang karenanya bisa mempengaruhi ranking di halaman Pencarian Google.

Kenapa blog ini tidak punya banyak backlink, tidak lain karena saya sangat jarang berburu backlink misal dengan berkomentar di blog orang lain, submit artikel di banyak website article submission, atau menulis sebagai guest blogger. Namun alhamdulillah karena lebih fokus belajar bagaimana menulis yang baik, kemampuan menulis jauh lebih baik dari 3 tahun lalu. Untuk mengetahui cara menulis yang baik anda bisa klik cara menulis artikel berkualitas.

Cara meningkatkan pengunjung blog dan mendapatkan backlink adalah:

 

1. Menulis artikel yang banyak dicari pengunjung internet

Ini poin pertama yang harus anda dan saya perhatikan. Seberapa banyak backlink yang dimiliki sebuah blog bila ia berisi artikel yang yang tidak banyak dicari pengunjung tentu blog tersebut akan tetap sepi.

Jadi sebelum menulis artikel terlebih dahulu melakukan riset kata kunci untuk mengetahui prasa kata kunci yang paling banyak diketik di search engine. Lalu menulis artikel dengan tofik seputar prasa kata kunci tersebut.

Anda bisa menggunakan google keyword tool untuk mengetahui kate kunci google populer yang banyak diketik pengunjung di google. Informasi tentang google keyword tool silahkan klik alat untuk mengetahui kata kunci yang banyak diketik pengunjung internet.

2. Bergabung di forum online

 

Ada banyak forum online yang mengizinkan kita menulis posting yang memuat link aktif, dan saya lebih suka memilih forum berbahasa Indonesia.

Meskipun ada banyak juga forum yang pada akhirnya menjadi ladang link, tapi setidaknya bergabung di forum dan menerbitkan posting yang berisi link menuju situs ini menjadi salah satu cara efektif mendapatkan backlink.

Kalaulah nanti forum tersebut terkena hukuman Google maka untuk tidak terkena imbasnya mungkin dengan mudah kita bisa menghapus link yang terarah menuju blog kita.

3. Menulis di website orang lain

Saya pernah satu kali diberi kesempatan menjadi blogger tamu di blog blogodolar.com hampir 1 tahun yang lalu. Tapi, link yang dibuat di blog tersebut tidak menuju blog ini melainkan menuju blog saya yang lain, yang saat ini tidak lagi saya perhatikan, meskipun ia tetap online.

Jadi saya akan dengan suka cita menyambut tawaran kalau anda berkeinginan menampung tulisan saya (bukan copy paste artikel saya). Menulis di blog orang lain juga salah satu cara mendapatkan backlink yang berkualitas, sekaligus cara meningkatkan pengunjung blog bila ia ditulis di blog yang populer dan relevan.

Anda akan dirugikan kalau artikel yang sama yang terbit di blog anda juga diterbitkan di blog orang lain, bagaimanapun dan dimanapun, meskipun ia memuat link dofollow menuju blog anda.

4. Submit link di banyak website

Bukannya saya tidak pernah submit link atau artikel sama sekali. Dahulu kala beberapa bulan awal ngeblog saya telah bergabung dengan blogcatalog.com. Jadi artikel saya pernah dan selalu submit di website tersebut.

Saya berhenti bergabung di blogcatalog karena beberapa alasan seperti ia tidak lagi pilihan yang populer dan beberapa artikel saya yang ber URL website tersebut malah lebih bagus peringkatnya dari sumber yang adalah URL blog saya.

Saya juga berpendapat kalau anda mau submit artikel maka jangan anda submit link dengan membuat isinya sama persis dengan isi yang ditulis di blog anda, blog kemana link artikel yang di submit menuju.  Sebaiknya gunakan judul yang berbeda, dan isi yang berupa kalimat yang tidak sama dengan artikel anda.

Mengapa demikian ?. Tidak lain agar artikel ini tetap benar-benar unik, yang isinya tidak sama dengan URL apapun dan di manapun. Meskipun lintas.me membatasi jumlah karakter yang bisa anda submit untuk setiap link, tetap saja anda jangan gunakan paragraf manapun di blog anda.

Unik-isme itu adalah apa yang paling memberi nilai pada blog dan anda sendiri sebagai penulis.

5. Berkomentar di blog tetangga

Barangkali anda tidak percaya dan merasa heran kalau saya katakan saya jarang berkomentar di blog orang lain, walaupun ada jumlahnya tidak sampai 20 buah yang link komentar terarah ke blog carabisnisonline.net. Bukan karena saya jarang berkunjung ke blog orang lain, melainkan hanya lebih suka baca artikel mereka tanpa meninggalkan jejak.

Saya lebih banyak menautkan link di komentar saya menuju blog informasibisnis.net dan celakanya karena saya tipe blogger yang masih malu-malu menggunakan anchor teks yang berbeda, khususnya menggunakan prasa kata kunci, maka blog tersebut malah berlebihan menggunakan anchor teks yang sama, menuju URL yang sama pula. Akibatnya ia dihukum turun peringkat. Untuk mengetahui penyebab blog turun peringkat silahkan klik penyebab blog turun peringkat di google.

Jadi saya menyarankan kalau anda mau menebar link di komentar sebaiknya gunakan teks link yang beragam menuju URL yang beragam pula, jangan gunakan anchor teks yang sama untuk URL yang berbeda.

Demikianlah cara meningkatkan pengunjung blog dengan mendapatkan backlink dari blog atau website orang lain.

2 thoughts on “Cara meningkatkan pengunjung blog dengan backlink

    • Maaf baru balas komentar Anda.

      Saya pikir saat ini memberikan Komentar di blog orang lain tidak lagi berperan untuk ranking blog.

      Sedangkan komentar yang banyak dan relevan yang dimiliki sebuah posting berpengaruh positif untuk ranking posting tersebut.

      Memberikan komentar di blog orang lain lebih pada untuk tujuan mempromosikan blog Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *