Lomba menulis di blog bisa merugikan SEO anda

lomba menulis di blog
Mengikuti kontes blog baik lomba menulis di blog atau kontes SEO barangkali menjadi salah satu cara menguji sekaligus membuktikan kemampuan blogging atau teknik SEO anda, selain tentu saja untuk mendapatkan pemasukan dari uang hadiah yang disediakan penyelenggara. Tapi, disamping keuntungan yang akan anda dapatkan kalau menjadi pemenang, ada sisi buruk yang bakal merugikan anda.

Mengapa lomba menulis di blog atau kontes SEO merugikan

Mari kita bahas lebih lanjut.

1. Anda menulis konten yang tidak disukai Gooogle Panda

Penyelenggara kontes biasanya mengharuskan peserta membuat link dofollow menuju website/blog tertentu yang ditetapkan penyelenggara, biasanya pula mengharuskan peserta memakai anchor teks tertentu pula. Persyaratan itulah yang bisa merugikan blog anda.

Algoritma Google panda mensyaratkan bahwa blog berkualitas itu salah satunya memiliki konten yang unik. Unik disini bukan hanya isi posting yang berbeda dari blog orang lain, namun juga judul artikel posting dan achor teks yang digunakan untuk membuat link dalam artikel tersebut, dan kemana link diarahkan. Semakin mirip artikel di blog anda dengan artikel di blog orang lain semakin ia tidak bernilai di mata Panda. Tentang pengertian google panda silahkan klik apa itu algoritma google panda.

Sementara kontes seo pastilah diikuti oleh banyak blog yang semuanya membuat link dofollow beserta anchor teks yang sama atau relatif sama.  Artinya anda dan peserta blog lain dalam kurun waktu yang sama telah gotong-royong membajiri google dengan artikel dengan tofik yang sama beserta teks link dofollow menuju blog yang sama, menggunakan anchor teks yang juga sama. Dan ini menimbulkan kecurigaan Google bahwa ada sebuah praktek mirip membeli link yang dilakukan penyelenggara, sementara anda adalah salah satu penjualnya.

Google sangat tidak menyukai praktek jual beli link, dan karenanya pembeli dan penjual link akan terkena hukuman. Minimal akan diturunkan peringkat blog tersebut di SERP Google.

Beda misalnya kalau pesertanya hanya 20 orang, barangkali tidak akan menarik perhatian robot google dan insinyurnya. Tapi, 300 blog dalam kurun waktu tertentu membuat artikel dengan tema sama, atau mungkin judul yang relatif sama beserta teks link dofollow yang juga sama menuju satu atau 2 blog yang sama pastilah bisa terdeteksi google. Ini menimbulkan kecurigaan Google bahwa itu adalah sebuah praktek pemberian backlink kepada blog tujuan dengan imbalan.

2. Lomba menulis di blog yang bagaimana yang boleh anda ikuti

Karena kebanyakan lomba menulis di blog biasanya mensyaratkan persyaratan yang sama, maka sangat sedikit kalau bisa dikatakan tidak mungkin mengikuti kontes blog yang tidak merugikan upaya optimasi blog anda.

Kalau anda harus mengikuti kontes blog, baik kontes SEO atau kontes blog yang disebut apapun pastikan hanya ikuti kontes yang pesertanya sedikit dan atau tidak mengharuskan anda mencantumkan teks link tertentu menuju URL tertentu, atau gunakan blog yang anda anggab tidak penting.

Saya melihat beberapa kontes SEO sepertinya tidak diikuti oleh blog yang punya reputasi bagus, baik reputasi dalam artian memiliki ranking alexa yang ramping atau PR yang tinggi.  Entah secara kebetulan kebanyakan blog peserta kontes beberapa waktu kemudian turun peringkat di halaman Google.

Kalau anda sudah terlanjur ikut kontes sejenis maka nanti setelah pemenangnya diumumkan lebih baik anda segera hapus postingan yang anda ikutkan dalam kontes.

Maaf, saya tidak bermaksud mengatakan penyelenggara kontes yang mengadakan lomba menulis di blog telah merugikan anda.  Saya percaya mengadakan kontes menulis beserta persyaratan membuat teks link dofollow lebih merupakan cara terbaik dan cara tercepat mempopulerkan blog atau produk mereka. Mereka pasti menyadari kalau di era apa itu algoritma ranking google penguin ini praktek mendongkrak peringkat melalui kontes tidak memberi pengaruh yang berarti, malah bisa saja merugikan blog tujuan link.

Baca juga ini cara SEO on page

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *