Cara mengetahui template blog SEO friendly dengan tool gratis

cara mengetahui template blog seo friendly
Bagaimana cara mengetahui template blog seo friendly ?. Ini pertanyaan yang sangat penting untuk segera anda jawab, begitu anda mau memulai membuat blog anda online. Ini juga hal pertama yang menjadi pertimbangan dalam memilih template blog yang baik, agar lebih memberi peluang blog tampil di halaman pertama search engine.

Lalu apakah template blog carabisnisonline.net sendiri seo friendly. Saya sendiri tidak mengetahui definisi SEO friendly yang tepat. Barangkali apa yang dikatakan website SEO audit atau website analisa SEO suatu blog lebih bisa dijadikan patokan dalam menentukan apakah blog atau website kita sudah seo friendly atau seo unfriendly.

Saya gunakan seomastering.com, sebuah website audit seo gratis untuk menguji seberapa bagus poin SEO blog carabisnisonline.net menurut web auditor seo tersebut. Hasilnya: cukup mengecewakan.

Anda bisa mengetahui apakah blog atau template blog seo friendly yang anda gunakan berdasarkan metrik-metrik berikut ini:

Analisa keamanan situs seperti:

  • Apakah mengandung malware, virus, kode spy.

Informasi rating situs seperti:

  • Real pageRank.
  • TrustRank (site authority).
  • Google Page Rank.
  • Alexa ranking.

Analisa search engine dan media sosial, seperti:

  • Jumlah Google backlink.
  • Jumlah Alexa links.
  • Jumlah link keluar.
  • Jumlah klik facebook, Google+ 1, twitter, linkedin.
  • Status error kode HTML, kode CSS.
  • Kecepatan loading situs.
  • Link checker untuk mengetahui link error dan masih banyak lagi.

Informasi yang kita dapat dari hasil analisa seomastering.com bisa menjadi masukan yang sangat berguna untuk menentukan langkah-langkah perbaikan yang perlu dilakukan, agar blog kita lebih SEO friendly, sehingga terlihat bagus di mata search engine.

Hasil analisa website tersebut menginformasikan kepada saya bahwa blog ini tidak bersahabat dengan search engine. Banyak kesalahan mendasar yang saya lakukan dalam SEO, baik dilihat dari jumlah dan perbandingan link masuk dan link keluar, juga dari banyaknya error pada kode HTML dan CSS. Jadi semua kekurangan yang tergambar dari hasil analisa tersebut bisa menjadi penghambat untuk sukses menampilkan banyak artikel di halaman pertama google untuk kata kunci populer.

Kecepatan loading yang semula punya poin 70 untuk versi desktop dan 75 untuk versi mobile, setelah diperbaiki sedikit meningkat menjadi 75 dan 81. Masih jauh dari poing tertinggi yaitu 100. Menghilangkan kode error pada HTML dan CSS cukup sulit dilakukan untuk saya yang hanya punya sedikit kemampuan coding.

Jadi cara mengetahui template blog seo friendly atau tidak dan bagaimana membuat template blog seo friendly, ada baiknya menggunakan tool ini, disamping informasinya cukup lengkap juga gratis. Meskipun sebenarnya ada banyak alat analisa SEO yang juga gratis, namun apa yang diinformasikan oleh website ini cukup memuaskan.

Baca selanjutnya cara SEO yang benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *