Internal link yang baik untuk struktur blog kuat dan optimal

internal link yang baik
Membangun internal link yang baik dan benar adalah salah satu cara agar struktur website atau blog anda juga baik dan kuat. Bangunan link internal atau bagaimana profil link diantara posting dalam blog anda menentukan kesehatan situs anda. Selain itu juga mempengaruhi peringkat di halaman hasil pencarian google.

Biajo bisnis hanya memiliki tidak sampai 200 judul artikel posting, karena itu cek backlink internal dan memperbaiki profile link internal blog ini masih cukup mudah dilakukan, tidak juga membutuhkan waktu yang relatif lama.

Bagaimana dengan blog yang sudah memiliki 1000 judul artikel. Tentu saja melakukan cek backlink atau memperbaiki profil link dengan membuat internal link yang baik, menjadi pekerjaan yang akan menguras energi dan menyita banyak waktu luang anda. Jadi buruan segera pelajari tentang apa dan bagaimana anda menautkan link antara artikel di blog anda. Mumpung jumlah artikel yang anda terbitkan belum cukup banyak segera buat daftar tautan link antara artikel dalam blog anda.

Apa manfaat mendata link dan memastikan blog anda punya internal link yang baik

Berikut ini alasan mengapa Anda harus mendata, mencatat dan memperhatikan bagaimana bangunan internal link dalam situs anda

1. Untuk memastikan anda tidak melakukan over optimasi kata kunci

Algoritma penguin edisi baru yang sekarang ini sudah cukup cerdas. Google penguin mampu melihat dan menganalisa apakah profile link blog anda bagus dan alami.

Sementara itu cukup sulit menerkah bagaimana bangunan link yang baik menurut algoritma google. Namun banyak ahli SEO mengatakan bahwa profile backlink inernal yang bagus itu salah satunya adalah menggunakan variasi kata kunci yang beragam. Kemudian juga menautkan link yang merata menuju setiap halaman dalam sebuah blog.

Maksudnya begini. Blog anda punya 100 judul artikel dan pastilah 100 judul artikel tersebut menargetkan minimal 100 prasa kata kunci atau bahkan lebih. Lalu agar posisi artikel anda bagus di google, anda biasanya berusaha mendapatkan backlink untuk artikel-artikel tersebut. Anda mungkin membeli backlink maupun mencari backlink gratis dari situs lain.

Andai untuk 1 artikel mendapatkan 10 buah backlink internal dofollow dan semuanya menggunakan teks link yang sama, maka besar kemungkinan anda dianggab telah over optimasi untuk prasa kata kunci tersebut.

Jadi untuk tujuan membangun internal link dan profil backlink yang baik, sebaiknya gunakan beragam anchor teks untuk link menuju artikel tersebut. Ini berlaku baik untuk link internal maupun link yang anda tanam di blog orang lain.

Dengan bertambahnya backlink yang menggunakan beragam kata kunci peringkat akan membaik untuk banyak keyword pencarian. Lalu lambat laun pengunjung blog anda meningkat. Informasi tambahan kalau anda ingin menambah jumlah pengunjung blog anda silahkan klik cara meningkatkan jumlah pengunjung blog.

2. Untuk memastikan penyebaran link yang benar sehingga tercipta profil internal link yang baik

Anda menerbitkan 300 posting dan 50 posting darinya tidak mendapatkan tautan internal sama sekali, sementara ada 100 posting yang berlebihan mendapatkan backlink internal. Ini menunjukkan profile link internal di blog anda tidak sehat.

Lakukan pendataan setiap anda membuat link internal dan menanam backlink di blog orang lain berikut prasa kata kunci yang anda gunakan. Mencatat link internal dalam blog Anda agar anda bisa lebih mudah mengetahui jika terjadi penyebaran link yang tidak merata.

3. Untuk memastikan tidak terjadi persaingan antara posting dalam blog Anda

Dengan cek internal Link Anda akan mengetahui apakah Anda telah membuat Link menuju lebih dari 1 posting/halaman menggunakan tekslink yang sama.

Seharusnya untuk 1 buah tekslink yang berupa keyword pencarian hanya boleh terarah kepada sebuah posting atau halaman yang sama. Walau berapapun jumlah Link yang Anda buat.

4. Menilai efektifitas sebuah backlink mempengaruhi peringkat

Terus menerus menambah backlink itu perlu, namun sering kali sulit menilai apakah link yang sudah kita buat efektif meningkatkan peringkat blog di Google. Apalagi kalau anda tidak secara rutin memonitor peringkat posting anda di halaman SERP mesin pencari.

Anda perlu terus-menerus memonitor peringkat dan mencatat kapan anda membuat link. Catat pula apa keyword yang digunakan, di mana link menuju blog anda ditempatkan. Dengan begitu anda bisa menilai apakah blog dimana anda pasang link memberikan dukungan positif, atau malah sebaliknya.

5. Sebagai informasi yang berguna untuk pedoman membangun link di masa depan

Dari data yang terkumpul anda bisa menganalisa bagaimana profil link internal dan link masuk ke blog anda. Apakah telah terjadi penggunaan prasa keyword yang sama secara berlebihan. Apakah penyebaran link di blog anda sudah cukup merata dan lain-lain.

Tanpa melakukan pendataan yang rutin anda akan kesulitan mengetahui semua error yang terkait dengan bangunan link di blog anda.

Data tersebut bisa menjadi pijakan dari mana dan bagaimana memulai membangun internal link yang baik untuk blog bisnis anda. Kemudian juga menentukan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki profil link internal blog anda.

6. Untuk memastikan struktur situs Anda baik

Dengan melihat Link internal dalam blog/WEBSITE Anda Search Engine akan mengetahui artikel atau halaman mana dalam situs Anda yang dianggap penting untuk sebuah keyword pencarian.

Posisi paling atas dalam struktur sebuah situs yang baik adalah halaman beranda, kemudian dibawahnya adalah halaman kategori. Di bawah tiap halaman kategori adalah halaman posting utama. Di bawah posting utama adalah halaman-halaman pendukung posting utama tersebut.

Tautan internal link yang baik akan menghasilkan struktur website yang kuat.

Untuk keperluan membuat daftar backlink internal dan external diatas anda bisa gunakan Microsoft Excel atau buat program komputer database. Anda bisa juga mengetahui profil backlink blog atau cek backlink blog anda menggunakan tool google webmasters (sekarang search console). Anda bisa juga gunakan software cek backlink yang tersedia di penyedia layanan SEO.

Salah satu tool gratis yang sering saya gunakan adalah: Screaming Frog SEO spider. Saya sendiri tidak pernah menggunakannya layanan SEO berbayar, jadi saya tidak bisa merekomendasikan software apapun.

Baca selanjutnya artikel cara SEO 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *