Tips membuat judul blog terbaik untuk brand dan SEO

Tips membuat judul blog terbaik untuk membangun brand dan SEO. Sejak pertengahan bulan September 2013 terjadi kenaikan peringkat untuk salah satu prasa kata kunci yang paling saya targetkan. Padahal semula peringkat terbaiknya hanya tampil di halaman 6 Google.com penelusuran bahasa English dan bahasa Indonesia.

Bisa tampil di halaman 2 Google.com penelusuran bahasa Indonesia dan halaman 3 penelusuran bahasa English sangat menyenangkan. Apalagi judul yang tampil di halaman google adalah “bisnis online”. Seakan Google bermaksud mengatakan bahwa blog miskin backlink ini cukup relevan untuk dijadikan sumber informasi tentang bisnis online.

Namun tidak semua kata yang merupakan judul blog ini bisa terlihat. Artinya judul blog carabisnisonline.net terlalu panjang.

Semula blog carabisnisonline.net berjudul “cara bisnis online, cara membuat blog bisnis online, pemasaran online”. Lalu saya pikir judul blog terbaik agar semua kata dalam judul blog tersebut bisa terlihat di halaman Google, saya menghilangkan kata yang dicetak miring. Anda pasti menduga saya menargetkan 3 prasa kata kunci dengan melihat judul tersebut. Benar sekali, penggantian judul tersebut disamping agar lebih memberi efek branding juga bertujuan agar judul blog tersebut bisa memberikan efek SEO.

Di halaman hasil Google tidak memberi cetak tebal untuk prasa kata “bisnis online” ke-2 dan kata “online” ke-3 yang terdapat pada judul blog tersebut. Jadi saya ambil kesimpulan 2 prasa terakhir tersebut tidak memberi pengaruh apapun seandainya saya hilangkan.

Namun tidak seperti yang saya duga, peringkat prasa kata kunci “bisnis online” merosot ke halaman 6 Google.com penelusuran bahasa Inggris, sementara Google.com penelusuran bahasa Indonesia tetap menampilkannya di halaman 2.

Jadi, apa yang saya amati dari hasil mengubah judul ini menjadi sumber inspirasi saya menulis tips membuat judul blog terbaik untuk membangun brand dan SEO.

Tips membuat dan mengganti judul blog terbaik

1. Buat judul blog yang tepat dari sejak awal

Sejak awal hendak membuat blog kita terlebih dahulu berpikir mau membuat blog tentang apa. Anda harus menentukan tema utama blog. Selanjutnya menentukan kata kunci utama blog kita. Dari penentuan kata kunci utama inilah semuanya berasal.

Jadi menentukan judul blog terbaik yang tepat sangat penting, agar suatu saat kelak dikemudian hari kita tidak harus mengganti judul sama sekali. Seperti pengalaman saya mengubah judul blog sering kali berakibat buruk untuk peringkat SERP blog tersebut. Apa lagi kalau anda mengubahnya dengan judul yang benar-benar berbeda.

Meskipun untuk membangun brand harus dimulai dengan pemilihan nama domain yang cocok. Nama domain carabisnisonline.net tidak cocok untuk branfing. Membuat judul blog terbaik yang tepat cukup mencerminkan anda ingin menjadikan blog sebagai media anda membangun brand online. Karena itu saya pikir judul blog carabisnisonline.net mungkin lebih cocok misalnya “blog bisnis online dan pemasaran online”, tetapi saya tidak berani melakukan perubahan judul blog tersebut secara radikal.

2. Buat judul blog yang menargetkan kata kunci utama

Sama dengan membuat judul artikel posting, membuat judul blog juga disesuaikan dengan apa prasa keyword yang menjadi target. Jadi membuat judul yang mengandung kata kunci utama sangat perlu. Sebaiknya targetkan keyword 2 kata yang ramai pencarian meskipun sangat ketat persaingan. Menang persaingan untuk keyword 2 kata paling populer bisa menjadikan blog anda dan anda sendiri sebagai sebuah brand.

Baca juga tips membuat judul blog menarik

3. Judul blog terbaik itu biasanya hanya targetkan dua prasa kata kunci utama yang relevan

Blog carabisnisonline.net menargetkan 2 kata kunci utama, dan 3 kata kunci pengembangannya. Tapi judul blog tersebut menargetkan 3 prasa kata kunci. Saat ini menaburkan keyword dalam artikel tidak lagi menjadi cara yang efektif untuk muncul sebagai peringkat atas Google. Faktor yang paling menentukan adalah relevansi. Semakin fokus blog anda menargetkan prasa kata kunci di sekitar kata kunci utama semakin ia bernilai lebih di mata mesin pencari.

Maksud saya begini, kalau kata kunci utama yang saya targetkan adalah “bisnis online”, maka saya harus mencari prasa kata kunci pengembangan dari kata kunci utama tersebut. Dan jangan pernah saya menerbitkan artikel dengan target kata kunci yang tidak relevan dengan kata kunci utama.

Saya tidak pernah berhasil meningkatkan peringkat prasa kata kunci “cara membuat blog”, padahal prasa keyword tersebut termuat dalam judul blog itu. Sementara untuk prasa bisnis online dan pemasaran online perlahan-lahan mendekati halaman ke-2. Tidak berlebihan sebenarnya kalau blog tersebut punya banyak backlink, tetapi menjadi suatu hal yang menarik manakalah saya menyadari jumlah backlink yang blog carabisnisonline.net terima sangat sedikit. Itu juga yang menjadi sebab nilai domain authority kecil sekali (DA 20).

Jadi saya asumsikan keyword “bisnis online” lebih relevan dengan “pemasaran online” ketimbang “cara membuat blog”.

4. Jangan sering mengubah judul blog dan judul artikel

Kalau posisi keyword utama blog anda di Google sudah bagus sebaiknya jangan ubah judul blog. Kalau sudah terindex jangan juga mengubah judul artikel meskipun maksud anda agar lebih SEO friendly, karena dalam banyak kasus yang saya alami malahan peringkatnya jatuh.

Karena itu dari sejak awal anda sebaiknya merencanakan dengan baik apa judul untuk artikel yang anda tulis, Anda boleh saja menambah isi artikel anda, misalnya kalau anda anggab itu penting untuk tujuan bisnis online anda. Tentang penulisan artikel untuk bisnis online silahkan klik bagaimana sebaiknya menulis artikel di blog bisnis.

Kalau Google menampilkan judul yang berbeda dengan judul blog atau artikel anda, maka google bermaksud mengatakan kalau artikel anda atau blog anda lebih relevan dengan judul yang google buat, jadi jangan diubah.

Contoh: Google menampilkan blog carabisnisonline.net di halaman hasil pencarian dengan judul “bisnis online”. Jadi maksud google blog kecil saya itu cukup relevan dengan bisnis online. Padahal biasanya judul yang tampil di halaman Google selalu sama dengan judul blog atau judul posting.

Demikianlah sedikit tips membuat judul blog terbaik dan bagaimana mengubahnya. Semoga bisa bermanfaat.

Baca selanjutnya cara SEO

Satu opini pada “Tips membuat judul blog terbaik untuk brand dan SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *