Cara membuat deskripsi penelusuran blog menarik

cara membuat deskripsi penelusuran blog menarik
Cara membuat deskripsi penelusuran blog menarik penting kita ketahui. Namun tidak hanya itu, karena tidak jarang blog kita tampil di halaman pertama untuk keyword yang tidak ditargetkan. Karena itu deskripsi penelusuran yang dibuat boleh jadi tidak memuat penjelasan apapun terkait keyword tersebut. Sehingga meskipun keyword sudah tampil di halaman pertama belum tentu ia mendatangkan pengunjung.

Home page blog carabisnisonline.net bisa tampil di halaman pertama dan ke 2 untuk beberapa keyword utama yang paling saya targetkan selama ini. Berperingkat bagus pula untuk keyword yang saya abaikan.

Tidak semua keyword yang mendatangkan pengunjung tersebut terjelaskan dalam deskripsi penelusuran yang saya buat. Jadi meskipun posisi sudah bagus di halaman hasil pencarian google.

Halaman google untuk keyword yang terabaikan tersebut menampilkan deskripsi yang tidak menarik.

Saya menyadari semula blog carabisnisonline.net ditargetkan untuk blog niche yang menargetkan prasa kata kunci yang sama dengan nama domain. Namun dalam perjalanannya ia malah bisa search engine friendly untuk beberapa keyword yang beragam.

Brand atau branding saya artikan sebagai sesuatu sebutan yang dikaitkan dengan saya atau blog tersebut.

Blog carabisnisonline.net bisa dijadikan sarana membangun brand online. Namun demikian nama domain carabisnisonline.net atau carabisnisonline tetap tidak bisa dijadikan sebuah brand. Beda dengan biajo bisnis yang sekarang ini rumah baru semua artikel posting yang semula ada di carabisnisonline.net.

Karena blog ini tampil di halaman atas untuk beberapa keyword cukup penting, maka mau tidak mau saya harus menyesuaikan konten blog tersebut agar benar-benar relevan dengan keyword-keyword tersebut.

Langkah pertama yang harus saya lakukan adalah mengetahui cara membuat deskripsi penelusuran blog yang cocok untuk home page. Deskripsi hendaknya menjelaskan tentang apa blog itu terkait dengan prasa kata kunci diatas, dan membuat ia terbaca menarik agar memperbesar peluang diklik pengunjung.

Bagaimana cara membuat deskripsi penelusuran yang menarik

Saya (seharusnya) awali dengan membuat deskripsi penelusuran yang menarik perhatian pengunjung. Deskripsi yang menarik itu adalah satu atau beberapa rangkaian kalimat yang membujuk dengan tujuan agar pengunjung tertarik untuk klik judul website atau blog kita yang tampil di hasil penelusuran google.

Saya rasa anda sudah mengetahui cara membuat deskripsi penelusuran untuk blog blogspot. Kalau anda belum jelas secara singkat saya informasikan bahwa blogger.com pada menu “setelan” sudah menyediakan kotak isian untuk membuat deskripsi penelusuran untuk home page blog anda. Sementara cara membuat deskripsi penelusuran untuk halaman posting anda bisa isi di menu edit posting blog.

Untuk blog wordpress.org cara membuat deskripsi penelusuran untuk home page bisa pula dibuat melalui menu setelan di dashboard. Sementara untuk halaman posting biasanya secara default deskripsi penelusuran yang tampil di halaman google adalah beberapa kata atau kalimat yang anda tulis di posisi awal pada paragraf pertama. Kalau anda menggunakan plugin SEO yang banyak tersedia menyertai theme yang anda gunakan. Anda bisa membuat deskripsi nyaris semau anda.

Deskripsi penelusuran search engine, baik untuk halaman home maupun halaman posting, hendaklah anda buat menarik. Ia harus berupa kalimat yang menjelaskan secara singkat tentang apa blog atau posting blog anda, sehingga lebih memperbesar peluang halaman blog atau halaman posting artikel anda diklik pengunjung.

Tetapi anda tidak mungkin membuat deskripsi penelusuran yang memuat semua prasa kata kunci yang kebetulan tampil di halaman 1 google.

Membuat deskripsi penelusuran yang memuat semua prasa keyword tersebut dalam satu atau dua kalimat yang wajar dan singkat sulit dilakukan. Apalagi google membatasi jumlah karakter untuk setiap deskripsi penelusuran yang bisa tampil di halaman hasil pencarian.  Jadi kita hanya mengandalkan deskripsi yang sudah ada dan menambahkan satu dua kata yang menarik.

Tidak setiap prasa kata kunci yang tampil di halaman pertama google bisa terjelaskan oleh deskripsi penelusuran yang ditampilkan di halaman SERP Google.

Mengetahui cara membuat deskripsi penelusuran yang menarik saja tidak cukup

Kalau blog kita tampil di posisi yang bagus di halaman hasil pencarian mesin pencari untuk sebuah prasa kata kunci, tentu timbul harapan agar pengunjung mendatangi blog kita melalui prasa kata kunci tersebut.

Cara memperbesar peluang diklik pengunjung adalah dengan cara membuat deskripsi penelusuran yang menarik terkait dengan prasa kata kunci tersebut.

Akan tetapi membuat deskripsi yang menarik saja tidak cukup. Seringkali keyword yang membawa pengunjung mendatangi blog kita tidak kita targetkan, maka boleh jadi malahan mereka menemukan artikel kita tidak relevan. Tentu saja mereka akan kecewa, lalu menekan tombol back dan membuka link lain di halaman google.

Perilaku pengunjung diatas bisa memberi sinyal kepada google kalau blog kita tidak bernilai. Terkait dengan hal ini silahkan anda klik apa pengaruh perilaku pengunjung terhadap peringkat SERP.

Untuk itu kita harus membuat link menuju artikel terkait prasa kata kunci tersebut di homepage atau halaman posting. Bisa pula membuat menu dengan judul sama atau sesuai dengan keyword tersebut.

Misalnya kalau biajo bisnis ini tampil di halaman pertama untuk prasa keyword “cara seo on page yang benar“, tentu sebaiknya saya membuat menu atau link yang bisa membawa pengunjung segera menemukan artikel terkait.

Menu yang dibuat bisa berupa link menuju sebuah artikel tentang cara seo yang benar atau link menuju kategori artikel terkait.

Saya pikir agar lebih muda ditemukan kita sebaiknya membuat menu tersebut di menu bar bagian atas. Pilihan lain di sidebar kalau menu bar atas tidak bisa lagi menampung.

Demikianlah cara membuat deskripsi penelusuran menarik. Semoga artikel ini bisa memberikan tambahan informasi untuk anda yang ingin menjadikan blog anda dibaca pengunjung.

Baca juga dasar-dasar cara SEO

3 thoughts on “Cara membuat deskripsi penelusuran blog menarik

Tinggalkan Balasan