Ingin bisnis online apa yang harus dilakukan agar terwujud

ingin bisnis online
Ingin bisnis online, tapi anda bingung apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan keinginan anda. Tenang, Saya telah menulis panduan lebih lengkap mengenai ini, silahkan baca panduan kerja online.

Ada sangat banyak orang yang sama dengan anda, begitu juga saya pada awalnya. Jadi wajar-wajar saja, namun tidak berarti anda harus membatalkan niat untuk melakukan langkah selanjutnya.

Bisnis online mengharuskan anda menjual sesuatu, bisa berupa barang, bisa pula jasa. Kendalanya seperti dijelaskan pada alinea pertama, anda tidak mengetahui bagaimana memulainya. Anda tidak mengetahui apa yang mau anda jual, tidak tahu pula jasa apa yang mau anda tawarkan.

Kalau kondisi demikian yang anda alami anda hanya punya 1 daya dorong yaitu “keinginan memulai”, yang harus anda lakukan adalah mencari peluang apa bisnis online yang bisa anda lakukan.

Ada banyak informasi yang beredar di internet tentang peluang usaha yang bisa anda ikuti secara online. Ada banyak tawaran bisnis  yang menjanjikan keuntungan besar, bisa dimulai dengan modal kecil, bahkan tanpa harus membuat anda kerja keras. Banyak dari program-program tersebut bukan bisnis yang sebenarnya.

Bisnis online sama halnya dengan bisnis offline mengharuskan anda terlibat aktif mengelola apapun bisnis yang anda pilih. Tidak begitu anda bergabung, lalu anda cukup tidur saja, serta-merta uang mengalir ke rekening tabungan anda.

Tetapi benar bahwa berbisnis online itu tidak harus dimulai dengan modal besar. Anda bisa mulai bisnis online tanpa modal uang selain hanya modal untuk akses internet.

Berikut ini apa yang harus dilakukan jika ingin bisnis online

1. Cari peluang bisnis dan cobalah bergabung

Saya tidak menganjurkan anda bergabung dengan program bisnis online apapun yang banyak ditawarkan di internet. Anda harus pandai-pandai memilih. Pilih yang terpercaya, dan hati-hati dengan bisnis  yang menjanjikan meraih keuntungan besar hanya dalam waktu singkat.

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang peluang usaha yang anda temukan dan catat dalam sebuah file dalam komputer anda.

Setelah anda menentukan pilihan, cobalah bergabung meskipun anda harus keluar uang, tentu saja mulai dari yang hanya butuh modal sangat kecil. Bisnis itu tidak ada yang gratis, tidak ada yang tanpa modal.

Semua bisnis juga butuh proses untuk sukses, butuh usaha untuk menjadikannya sumber penghasilan.

Beberapa peluang usaha bisnis yang bisa anda kerjakan secara online adalah seperti:

  • Menjadi reseller. Ada banyak website yang menjual produk semisal sepatu, tas, baju dan lain-lain yang juga menawarkan kepada pengunjung untuk menjadi reseller yang membolehkan anda memajang produk jualan tersebut di blog atau website.
  • Menjual produk orang lain. Kalau anda mengenal orang yang punya usaha baik usaha offline maupun usaha online, anda bisa tawarkan untuk menjual produk mereka secara online. Anda bisa mendapatkan komisi dari setiap produk yang terjual.
  • Mengonlinekan bisnis offline anda. Kalau anda adalah usahawan anda bisa pula menjadikan usaha anda online, sehingga anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen.
  • Mengelola blog dan menjadikan blog sumber pendapatan. Setelah blog anda mendapatkan banyak pengunjung anda bisa menjadikannya sumber pendapatan, baik dari iklan yang terpasang di bog anda atau dari mempromosikan produk orang lain.
  • Masih banyak lagi peluang bisnis yang bisa anda ikuti.

Beberapa jenis bisnis online yang bisa anda pilih untuk dilakukan bisa anda temukan dalam artikel macam-macam bisnis online.

2. Buat blog atau website

Bisnis online itu tidak mengharuskan anda memiliki blog atau website sendiri, namun cara strategis untuk bisnis online jangka panjang tidak lain adalah memiliki blog atau website sendiri.

Blog sendiri bisa anda personalisasikan semau anda, anda punya hak penuh untuk mengisinya dengan tulisan dan gambar apapun yang anda mau. Sementara blog atau web milik orang lain memberikan batasan-batasan tertentu yang sering kali membuat anda tidak puas, karena tidak cukup bisa menampung apa maunya anda.

Jadi bikin blog atau website itu sebuah keharusan untuk anda yang mau serius berbisnis online.

Membuat blog itu mudah dan tidak mengharuskan anda keluar uang sedikitpun kecuali untuk beli pulsa internet. Untuk membuat blog silahkan klik cara membuat blog gratis blogspot.

3. Isi blog dan kelolah dengan sungguh-sungguh

Setelah anda membuat blog, anda harus mengisi blog anda dengan tulisan dan gambar apapun yang mau anda tampilkan. Tidak harus setiap hari, anda setidaknya mengisi blog 1 kali setiap 15 hari, atau sebaiknya 2 kali perminggu. Yang penting anda teratur mengisi blog anda. Kalau anda memutuskan untuk mengisinya setiap minggu, maka selalu isi setiap minggu.

Mengapa harus mengisi blog secara teratur ?, tidak lain agar google mengganggab blog anda dikelola dengan baik, karena itu peringkatnya di hasil pencarian google akan juga lebih baik.

Anda bisa isi blog dengan gambar produk yang anda adalah reseller dari produk tersebut, untuk itu anda hendaknya membuat blog toko online. Bisa pula anda isi dengan artikel tentang jasa yang anda promosikan, atau tentang bisnis offline teman yang anda bikin online.

Lalu bagaimana kalau anda tidak mengetahui mau isi dengan apa. Menulis anda tidak bisa, membuat gambar anda tidak tahu, anda bahkan merasa tidak punya pengetahuan apa-apa.

Kalau punya uang anda bisa bayar blogger lain menulis artikel untuk diterbitkan di blog anda, bisa pula beli gambar untuk dipajang di blog anda. Tapi anda tidak punya uang ?, buat saja tulisan semau anda, asalkan bukan hasil salinan dari tulisan orang lain.

Pada awalnya memang tulisan anda akan berantakan, namun lambat laun anda akan mahir merangkai kata, lalu tulisan anda menjadi enak dibaca.

Kalau mengalami kesulitan dalam pembuatan dan pengelolaan blog anda bisa bertanya pada banyak blogger di Indonesia ini, atau anda bisa gabung menjadi member belajar bisnis online di biajo bisnis. Silahkan anda klik pelatihan bisnis online untuk pemula.

Jadi mulailah buat website atau blog dan belajarlah mengelolanya, kalau anda tidak mulai dari sekarang kapan lagi. Saya sendiri baru mulai sejak tahun 2009, dan sekarang tahun 2013, padahal seharusnya saya sudah memulainya sejak 10 tahun lalu.

4. Kesimpulan

 

  • Bisnis online itu adalah menjual barang atau jasa melalui blog atau website. Apapun yang bisa dijual secara offline bisa pula dijual secara online (bisnis online).
  • Tidak usah bingung kalau ingin punya bisnis online, mulailah dengan membuat blog dan isi dengan apapun yang mau anda tulis dan gambar apapun yang mau anda tampilkan.
  • Setelah menjalani proses blogging atau bisnis online beberapa bulan, anda akan mengetahui dengan sendirinya apa yang harus dan tidak seharusnya anda lakukan.
  • Ada banyak peluang bisnis yang bisa anda ikuti, cari informasi sebanyak mungkin dan catat, pilih salah satunya dan mulailah bergabung, namun jangan pernah berpikir mendapatkan uang dari program bisnis yang anda ikuti itu mudah, apalagi bisa membuat anda cepat kaya.

Tinggalkan Balasan