Bagaimana mengelola bisnis online dan apa yang harus anda lakukan

Ada banyak aktifitas rutin yang harus dilakukan dalam proses mengelola bisnis online. Tidak hanya semata memajang gambar produk di website, lalu menunggu order dari pembeli.

Artikel ini berisi panduan singkat untuk Anda mengelola bisnis online. Untuk anda yang ingin bisnis di internet terlebih dulu baca artikel panduan cara bisnis online. Artikel tersebut cukup panjang dan menjelaskan secara lengkap langkah-langkah memulai bisnis online.

Ada beberapa kegiatan rutin yang perlu dilakukan oleh setiap pebisnis online dalam proses menjalankan bisnis internet ini.

Yang utama anda lakukan tentu saja memajang semua produk yang mau anda jual di blog atau website, termasuk juga menulis semua artikel penawaran jasa yang anda kerjakan. Karena itu keberadaan blog/website itu sebuah keharusan.

mengelola bisnis online

Berikut ini 3 hal yang harus anda lakukan dalam proses  mengelola bisnis online

1. Membuat blog atau website

Anda memang bisa berjualan menggunakan website atau blog milik orang lain, bisa pula memajang gambar produk dan artikel penawaran jasa di web terkenal, baik yang berbahasa Indonesia maupun bahasa apapun.

Hanya saja karena anda menumpang di website orang lain, maka ada ketentuan yang harus anda patuhi, dan terkadang ia akan membuat anda tidak bisa melakukan sesuatu yang anda pikir seharusnya anda lakukan.

Berbeda dengan milik sendiri, anda bisa lakukan apapun sesuka hati anda. Jadi membuat website dan blog sendiri adalah pilihan terbaik agar bisnis ONLINE terwujud dengan baik. Alasan yang mendasar mengapa anda seharusnya melakukan bisnis online menggunakan blog atau website sendiri silahkan klik bisnis online menggunakan website sendiri.

Salah satu pilihan populer untuk bisnis online adalah blog blogspot. Blog blogspot ini gratis dan akan online selamanya. Membuatnya mudah dan tidak pake lama. Namun bisnis online menggunakan website jauh lebih baik ketimbang blog blogspot.

2. Mengelola dan merawat blog

Jika anda berbisnis online pakai website, anda masih harus membuat blog. Tentang mengapa blog perlu untuk bisnis online silahkan baca artikel apa manfaat blog untuk bisnis online.

Setelah membuat blog selanjutnya anda harus kelola. Tidak bisa mengisi blog dengan beberapa artikel saja, lalu kemudian duduk diam menunggu pembeli menghubungi anda.

Anda masih harus merawat blog agar selalu sehat dan teroptimasi dengan baik.

Mengapa penting merawat blog ?. Tidak lain agar ia selalu bernilai baik dimata mesin pencari seperti Google. Mengapa mesin pencari Google ?. Google akan menjadi sumber utama dari mana pengunjung yang akan mungkin menjadi pembeli produk anda.

Jadi secara terus-menerus anda harus merawat blog anda agar selalu memenuhi standar kualitas Google. Sehingga blog anda akan efektif untuk media pemasaran.

Termasuk dalam kegiatan mengelola dan merawat blog adalah:

a. Memastikan desain blog Search engine friendly

Desain blog yang search engine friendly itu adalah blog yang semua bagiannya mudah ditelusuri oleh mesin pencari.

Anda memang harus membuat tampilan blog nampak sangat indah, tetapi harus diperhatikan jangan sampai keindahan yang anda ciptakan malah membuat blog lambat loading.

Blog yang nampak sangat indah, seringkali lambat loading. Sementara blog yang lambat loading tidak bernilai baik menurut standar search engine.

b. Mengisi blog secara teratur

Anda harus mengisi blog secara teratur, misalnya setiap 3 hari sekali 1 artikel, setiap minggu, atau setiap 10 hari sekali. Kalau anda bisnis online pakai blog Anda bisa juga isi blog anda dengan gambar produk, selain tentu saja artikel penawaran jasa, artikel apapun sesuai dengan tema blog anda. Misalnya blog anda adalah toko online jualan sepatu, maka anda isi blog dengan artikel seputar sepatu.

c. Memonitor kesehatan blog

Memonitor kesehatan blog adalah bagian yang sangat penting dan tidak boleh anda abaikan, selain memonitor halaman lain di website anda.

Terkadangkita terlalu asik menulis posting artikel, terlalu bersemangat menerbitkan gambar produk terbaru, lalu lalai memeriksa kesehatan blog.

Akibatnya setelah beberapa bulan peringkat blog kita bagus, lalu tiba-tiba merosot menghilang dari halaman pertama.

Apa yang harus anda lakukan untuk mempermudah anda memonitor kesehatan blog adalah:

  • Mendaftarkan website dan blog di akun google webmasters tool. Ini harus anda lakukan. Akun google webmasters tool akan memberikan informasi yang sangat berguna tentang status kesehatan website dan blog anda. Ia akan memperlihatkan error yang blog anda punya. Tool tersebut akan memberikan hampir semua informasi yang anda butuhkan untuk memonitor kesehatan blog. Memastikan blog anda selalu sehat menurut tool tersebut sama dengan memastikan blog anda memenuhi standar kualitas google.
  • Menggunakan tool analisa pihak ketiga. Kalau menurut anda melihat kesehatan blog mengandalkan Google webmasters tool  saja tidak cukup, ada banyak website yang menyediakan tool-tool atau software yang bisa anda gunakan untuk memonitor kesehatan blog anda atau meningkatkan performa-nya. Kebanyakan adalah software berbayar.

Tetapi sebenarnya tool google webmasters sudah mencukupi untuk memonitor kesehatan blog anda yang masih baru.

3. Mempopulerkan website dan blog dan Belajar SEO

SEO adalah bagian dari usaha anda mempopulerkan bisnis anda, selain melalui kehadiran anda dengan mengusung merek bisnis anda di media sosial semisal facebook, Google+ dan media sosial lainnya.

Termasuk dalam usaha mempopulerkan web atau blog adalah dengan menempatkan link menuju blog kita di blog orang lain.

SEO adalah singkatan dari search engine optimization, atau bagaimana cara agar website dan blog anda berperingkat bagus di halaman mesin pencari untuk prasa keyword tertentu.

Mengapa penting tampil bagus di halaman mesin pencari ?, tidak lain agar situs anda mendapatkan kunjungan dari pengunjung yang tertarget. Mengapa pengunjung tertarget ?. Pengunjung tertarget adalah pengunjung yang paling mungkin menjadi pembeli produk jualan anda.

Demikianlah 3 hal yang harus anda lakukan sebelum dan ketika menjalankan bisnis online. Apakah setelah mengikuti petunjuk diatas anda pasti sukses ?, Tidak ada jaminan, namun setidaknya anda telah menjalankan proses dengan benar.

Artikel terkait tentang nasehat untuk yang suksesk atau gagal dalam bisnis online silahkan klik tips sukses bisnis online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *