Cara memilih nama domain untuk toko online yang bagus

2 minggu terakhir bulan januari 2014 ini saya berburu nama domain bagus. Berjam-jam waktu saya habiskan setiap hari untuk mencari nama domain yang sekiranya strategis untuk didaftarkan, dan menganalisa nama domain pesaing yang mirip dengan buruan saya.

Prioritas pertama tetap ekstensi dot com, kalau tidak ada terpaksa pilih dot net. Hanya dua ekstensi itu saja yang menarik minat saya. Artikel ini akan menjelaskan cara memilih nama domain untuk toko online

Mengapa saya berburu nama domain ?. Saya berencana suatu saat nanti akan membuat beberapa buah website. Baik untuk website biasa maupun website toko online.

Oh ya kalau Anda mau bikin website lebih mudah silahkan klik cara membuat website. Itu adalah panduan lengkap yang saya buat untuk memandu pemula membuat website dengan software wordpress.

Kita kembali kepada topik artikel ini ya. Prioritas saya sementara ini adalah website toko online. Mencari uang dengan jualan melalui toko online tetap menarik menurut saya. Apalagi keuntungannya lumayan menggiurkan. Saya sendiri sejak 2 tahun lalu membuat 1 blog blogspot toko online fashion.

Karena tidak punya banyak waktu luang dan kebetulan barang yang saya jual beberapa darinya mendapatkan keluhan yang sama dari konsumen, lalu semangat saya mengendor. Jadilah toko online blogspot tersebut terbengkalai selama 1 tahun.

Dibiarkan sekian lama tidak membuat peringkatnya menurun drastis, masih tetap di halaman 1 dan 2 untuk 2 keyword utamanya, hanya saja terlempar dari peringkat 5 besar. jumlah kunjungannyapun nyaris menyentuh angka 0 per hari.

Membiarkan blog toko online tersebut sedemikian lama sebenarnya sebuah keputusan yang salah besar. Mengapa ?, terlepas dari semua kelemahan blog dan produk yang dijual di blog tersebut, setidaknya ia adalah sebuah asset yang bisa saja suatu saat nanti jadi cukup bernilai. Setidaknya ia akan tetap bisa menyumbang recehan ke saku saya.

Jadi kembali tentang nama domain dan mengapa saya kembali menerawang nama domain yang sekiranya strategis untuk dibeli. Strategis disini yang saya maksudkan adalah kemudahannya untuk dioptimasi dan nilai branding yang barangkali bisa tercipta melalui penggunaan nama domain tersebut.

Ada beberapa buah pilihan nama domain yang sudah dan akan saya daftarkan. Saya ini jenis blogger pencinta EMD ( Exact Match Domain), karena itu belasan nama domain yang sudah saya daftarkan kebanyakan EMD, hanya 2 buah yang PMD. Jadi nama domain yang saya pilih tetap kata atau prasa yang berupa kata kunci.

Sebenarnya PMD (Partial Match Domain) lebih bagus karena PMD lebih branding friendly. Tetapi sampai pusing kepala, saya tetap tidak juga bisa menemukan dan memutuskan apa nama domain PMD atau nama domain branding yang cocok untuk saya daftarkan.

Anda perlu mengetahui ada banyak kekurangan domain EMD. Untuk mengetahui apa kekurangan tersebut silahkan baca apa kekurangan nama domain emd.

Saya bermaksud membuat 1 website toko online. Kali ini bukan toko online blogspot. Saya  akan menyerahkan pengelolaannya kepada saudara saya. Saya pikir ini cara efektif mengajarkan mereka bisnis online dengan praktek langsung melalui pengelolaan toko online.

Produk yang akan dijual adalah sandal, sepatu wanita dan sepatu anak, maka pilihan saya jatuh pada sepatuwanita1.com. Mengapa sepatuwanita1.com ?. Saya pikir nama domain tersebut cukup SEO friendly untuk keyword sepatu wanita. Lagi pula saya mau mempelajari seberapa bagus kata yang “tidak lazim tersebut” untuk dioptimasi.

Ketidak laziman tersebut tergambarkan dari fakta bahwa kalau saya ketik sepatuwanita1.com di mesin pencarian google, maka google malah berkata “maksud anda mungkin sepatuwanita.com”dan Google menampilkan hasil pencarian untuk sepatuwanita.com bukan sepatuwanita1.com.

Jadi target awal saya adalah menjadikan sepatuwanita1.com tampil di google dengan hasil pencarian yang benar-benar memuat kata atau keyword sepatuwanita1.com, bukan hasil saran google.

Tapi sebenarnya saya tidak menyarankan anda memilih nama domain yang mengandung kata kunci kalau anda bermaksud untuk membangun toko online anda dalam jangka panjang atau untuk membangun brand online.

Artikel terkait membuat website wordpress:
Theme website wordpress terbaik gratis.

Saran cara memilih nama domain untuk toko online

  1. Nama domain EMD lebih mudah dioptimasi agar toko online anda SEO friendly.
  2. Untuk membangun brand jangan pilih nama domain EMD atau setidaknya pilih saja PMD.
  3. Pilih ekstensi dot com, pilihan kedua yang kurang begitu bagus namun cukup SEO friendly adalah dot id, dot co.id.
  4. Daftarkan nama domain yang sama untuk beberapa ekstensi, setidaknya dot com, dot net, dot info (strategi monopoli).
  5. Seringkali nama domain ekstensi dot com yang sudah didaftarkan belum digunakan, karena itu nama domain ekstensi lain bisa menyalip dot com untuk lebih unggul.
  6. Jangan daftarkan nama domain EMD yang berupa gabungan lebih dari 3 kata, karena cenderung dianggab spam.
  7. Berpikirlah untuk membangun brand dan semuanya dimulai dari pemilihan nama domain yang tepat.

Mungkin anda punya pengalaman menggunakan nama domain serupa, silahkan sharing di komentar anda. Oh ya kalau anda mau buat blog gratis atau toko online blogspot karena pertimbangan untuk menghemat pengeluaran baca terlebih dulu artikel panduan cara membuat blog di blogspot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *