Mengapa perlu website toko online untuk jual produk

mengapa perlu website toko online
Mungkin anda punya toko di pinggir jalan, punya lapak di mall di kota anda, lalu mengapa perlu website toko online untuk jual produk barang anda yang selama ini anda jual melalui toko tersebut.

Alasan mengapa perlu website toko online untuk jual produk

1. Meniadakan batasan jarak dan waktu

Kalau anda jualan hanya di mall di kota anda maka konsumen produk anda hanya sebatas mereka yang ada di kota anda dan di sekitarnya. Sementara kalau anda juga jualan di toko online maka produk julan anda bisa dilihat dan terlihat oleh lebih banyak orang dari manapun dan dimanapun mereka berada di  seluruh dunia.

Orang-orang bisa akses internet dari mana saja dan bisa melihat website apapun dan dimanapun tanpa harus dibatasi jarak dan waktu.

Tidak anda kendala dan hambatan bagi pengakses internet yang berdiam di Jayapura, Bali atau di Amerika Serikat sana untuk bisa dengan mudah melihat isi website toko online yang anda kelola dari kamar tidur anda di Palembang. Inilah alasan mengapa perlu membuat website toko online.

2. Bisa mendapatkan pengunjung dari orang-orang baru

Karena sifatnya online maka akan selalu ada orang-orang baru yang bisa melihat website anda setiap hari, sementara kalau anda jualan offline toko anda hanya akan terlihat oleh orang-orang yang bertempat tinggal atau sehari-hari lewat di lokasi yang sama.

Di toko fisik Anda hanya bisa mengandalkan nama besar dan popularitas toko anda, sementara dengan website toko online anda bisa pula mendapatkan pengunjung baru melalui mesin pencari google. Orang yang selama ini tidak kenal toko anda menjadi tahu hanya dengan melihat link menuju toko online anda di mesin pencari seperti Google misalnya. Begitu mereka klik, produk di toko online anda akan terlhat oleh mereka.

Artikel terkait:
Cara buat website
Cara memilih nama domain untuk toko online.

3. Hanya butuh sedikit biaya operasional

Berikut ini biaya yang mungkin akan anda keluarkan untuk website toko online anda.

  • Biaya pemasaran dan periklanan. Anda hanya perlu menampilkan toko online anda di google dan itu bisa anda lakukan secara gratis. Anda bisa pula pasang iklan PPC dan itupun hanya menghabiskan sedikit anggaran. Selain dari 2 saluran pemasaran diatas anda masih bisa pula lakukan pemasaran melalui media social semisal facebook, twitter dan google+.
  • Bandingkan dengan pemasaran untuk toko offline, anda memang bisa menggunakan saluran pemasaran online, namun pengunjung yang melihat iklan toko anda di media online tidak bisa serta merta dengan klik iklan anda mereka bisa langsung melihat jualan anda.
  • Bayar gaji sedikit karyawan. Anda hanya butuh sedikit karyawan, anda bisa menyesuaikan kebutuhan akan karyawan mengikuti perkembangan toko online anda. Dengan toko online anda bisa memperkerjakan 1 orang untuk berbagai jenis pekerjaan dari proses pemesanan hingga tahap pengiriman barang. Anda tidak butuh penjaga toko, anda tidak perlu kasir, anda juga bahkan bisa lakukan semuanya seorang diri.
  • Biaya pembuatan dan perawatan toko online kecil sekali. Harga buat website toko online profesional dimulai dari Rp.600.000,- hingga beberapa juta rupiah satu kali untuk selamanya. Termasuk juga dalam biaya ini adalah memperpanjang hak pakai nama domain setiap tahun, sewa hosting kira-kira Rp.30.000,- per bulan yang dibayar setiap 3 bulan atau per tahun, biaya jasa Optimasi toko online atau jasa SEO kalau anda tidak bisa lakukan sendiri.
  • Bahkan anda bisa pula buat tanpa harus bayar seperti website toko online abante cart. Tentang membuat toko online dengan abante cart silahkan klik membuat website toko online abantecart.

4. Menghilangkan biaya perjalanan dan menghemat waktu konsumen

Konsumen tidak harus repot keluar rumah bawa kendaraan di tengah kemacetan yang bikin stress, mereka juga tidak harus berdesak-desakan di bis kota hanya untuk mendatangi toko anda. Belum tentu juga setelah melihat jualan anda mereka otomatis membeli.

Kalau anda juga punya toko di mall, pengunjung yang tinggal di kota yang sama dengan anda bisa terlebih dahulu melihat produk toko anda secara online, baru setelah tertarik pada suatu produk mereka bisa langsung mendatangi toko anda, jadi mereka bisa lebih menghemat waktu.

5. Bisa memberikan informasi lebih banyak

Melalui toko online anda bisa menyajikan informasi lebih banyak dan mendetil tanpa harus menyiapkan kertas, atau menempelkan informasi di dinding toko anda yang memiliki space terbatas.

Di toko online anda bisa kasih informasi apapun, sebanyak berapapun dan konsumen akan lebih mudah mencari informasi yang mereka inginkan terkait dengan toko dan produk yang dijual di toko anda hanya dengan beberapa klik.

6. Toko online buka 24 jam

Konsumen ingin beli baju, sementara waktu menunjukkan jam 11 malam, tidak mungkin mereka keluar rumah untuk mendatangi toko di mall. Belum lagi kebanyakan mall jam segitu sudah pada tutup. Sementara siang hari mereka sibuk kerja dan hampir tidak punya waktu luang, bahkan di akhir pekan.

Mereka bisa berkunjung ke toko online yang jual baju kapanpun mereka mau dari kamar tidur. Setelah menemukan produk yang menarik minat mereka hanya butuh beberapa kali klik, kemudian transfer uang pembayaran, dan beberapa hari kemudian pesanan pun sampai kerumah. Bahkan kalau konsumen berada di kota yang sama anda bisa antarkan hari itu juga. Mudah sekali bukan.

Dengan membaca beberapa kelebihan diatas semoga bisa menjadi alasan mengapa perlu membuat website toko online. Namun barangkali anda pemula yang ingin punya toko online blogspot, karena tidak mau keluar uang membuat website. Agar blog toko online yang anda buat bisa lebih optimal mendukung bisnis anda, silahkan baca panduan cara bikin blog.

Tinggalkan Balasan