Bagaimana menetapkan harga jual produk jasa

Saya mendapatkan masukan dari seorang teman. Apa yang menarik dari masukannya adalah bahwa dalam menetapkan harga jual produk jasa saya harus realistis dengan harga. Harga yang dimaksud adalah biaya belajar bisnis online dan imternet marketing yang saya adakan.

Meskipun saya tidak sepenuhnya setuju, masukan tersebut sangat membantu saya dalam mengambil keputusan terkait harga produk jasa yang saya jual.

Seperti yang saya tulis pada artikel saya bulan Oktober 2013 lalu, bahwa saya berencana mengadakan kursus atau pelatihan bisnis online dan internet marketing. Biaya untuk mengikuti kursus secara online tersebut adalah Rp.280.000,- untuk masa belajar yang saya bimbing langsung via email dan telepon/SMS selama 3 bulan.

Kenyataannya hanya sedikit sekali yang ikut bergabung, beberapa dari mereka mengatakan biaya segitu kemahalan. Mahal karena mereka tidak merasa yakin akan mendapatkan sesuatu yang lebih bernilai dari uang yang harus mereka keluarkan.

Apakah benar harga segitu kemahalan untuk sebuah jasa yang manfaatnya sangat jelas. Saya merencanakan akan sharing semua yang saya ketahui terkait pengelolaan blog/web dan bisnis online. Sementara saya tahu benar seorang pemula yang kalau harus belajar tanpa bimbingan akan butuh waktu yang jauh lebih lama.

Harapan saya dengan ikut kursus tersebut mereka akan bisa mengetahui cara bisnis online yang benar, sehingga bisa praktek bisnis di internet dan melakukan pemasaran online, sedangkan untuk memperolehnya saya sendiri butuh waktu beberapa tahun.

Apa pertimbangan saya dalam menetapkan harga jual produk jasa

Saya harus menentukan target atau calon konsumen jasa saya. 

Saya tidak berani mengklaim diri saya sebagai seorang yang ahli di dunia internet marketing atau bisnis online. Saya hanya kebetulan sudah lebih dulu memulai belajar dan praktek ketimbang mereka yang saya targetkan untuk menjadi peserta kursus.

Saya mengetahui benar ada begitu banyak yang seharusnya diketahui oleh setiap orang yang bermaksud mencari uang dari internet atau berbisnis online.

Informasi, pengetahuan, tips-tips tersebut sangat berguna sekali agar bisa mengelola blog/website dengan lebih baik. Jauh lebih baik dari saya dulu yang belajar otodidak.

Harapan saya setelah belajar dari saya mereka akan bisa membuat blog secara praktis dan mengelolanya dengan baik agar sukses bisnis online. Jadi harga segitu seharusnya tidak mahal.

Saya mengetahui dalam dunia bisnis saya harus menentukan target pasar untuk bisnis pelatihan yang saya selenggarakan. Dan target saya adalah pemula atau mereka yang baru mau mulai belajar mengelola blog/website dan berbisnis online, sementara mereka adalah orang-orang yang hanya punya anggaran sangat terbatas.

Jadi saya melakukan penyesuaian harga atau saya menurunkan harga menjadi hanya Rp.175.000,- saja. Lebih detil tentang materi pelajaran silahkan klik materi belajar mengelola blog dan bisnis online.

Selain dari paket belajar bisnis online, saya juga jual jasa pembuatan website. Tidak hanya membuatkan pemesan sebuah website melainkan juga mengajarkan teknik dasar SEO.

Harga yang saya tetapkan untuk jasa membuat website ini Rp.600.000,- saja. Saya rasa waktu 2 minggu sudah mencukupi untuk membuatkan anda website sekaligus mengajarkan cara mengelola dan cara SEO dasar untuk website tersebut.

Target market jasa buat website, yaitu pelaku UKM dan pebisnis online pemula yang baru mau terjun berbisnis online.

Saya harus lihat harga yang ditetapkan teman-teman pesaing.

Saya tidak punya metode cari uang yang gampang. Tetapi sudah menjadi komitmen saya untuk semaksimal mungkin membimbing pemula agar mereka benar-benar tahu cara bisnis online dengan benar.

Sementara diluar sana ada banyak jasa yang sama yang target market nya juga pemula. Ada yang menetapkan harga jauh lebih murah, bahkan murah sekali. Namun, saya pikir dengan harga segitu murah apakah mungkin saya bisa fokus memberikan bimbingan.

Mengapa saya sampai kepada kesimpulan demikian?. Membimbing pemula tidak mudah, memastikan setiap peserta melakukannya dengan benar butuh kerja ekstra, dan pasti akan menyita banyak waktu luang saya. Ini haus saya pikirkan

Anda mungkin tidak percaya kalau di dunia offline sana masih ada yang menetapkan harga jutaan rupiah untuk masa belajar yang malahan hanya untuk beberapa kali pertemuan saja.

Bahkan beberapa minggu lalu ada yang launcing produk jasa serupa yang nampak ekslusive. Mereka menetapkan harga jual produk pelatihan tersebut sekitar 20 juta rupiah untuk masa belajar selama 1 tahun.

Jadi saya pikir harga yang tidak sampai 200 ribu rupiah untuk masa belajar secara online selama 3 bulan sangat wajar.

Rendahnya biaya yang saya tetapkan tidak dimaksudkan untuk merendahkan nilai sebuah ilmu pengetahuan, melainkan agar bisa menjangkau lebih banyak orang yang punya sangat sedikit duit. Sementara mereka ingin tau cara cari duit di internet.

Jika anda tertarik ikut belajar bisnis online silahkan hubungi saya via email abdulmajid258@yahoo.com atau KLIK DI SINI untuk baca materi kursus bisnis online terlebih dulu.

Update Nopember 2016: biaya kursus belajar bisnis online & internet marketing menjadi Rp.300.000,-.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *