Cara mempromosikan blog melalui komentar yang baik

cara mempromosikan blog

Tidak bisa disangkal lagi salah satu tujuan memberikan komentar di blog orang lain adalah cara mempromosikan blog dan mendapatkan backlink. Meskipun tidak semua komentar menyumbang backlink dofollow. Termasuk kotak komentar intensedebate yang pernah saya gunakan pada blog saya yang sekarang semua posting saya pindahkan ke biajo bisnis.

Meskipun belum tentu memberikan backlink dofollow, tidak berarti kalimat yang ada dalam komentar tidak ditelusuri Google, karena kenyataannya banyak teks dalam komentar yang diberikan pengunjung bisa tampil di halaman SERP google. Jadi dalam hal ini saya diuntungkan dengan bertambahnya keyword yang bisa mendatangkan pengunjung.

Ada teknik yang selalu digunakan oleh komentator untuk mendapatkan backlink yaitu dengan cara membuat link dalam komentar, dan itu memang berpeluang untuk menjadi backlink dofollow untuk blog mereka, tetapi sayang dan mohon maaf saya terpaksa membuat link tersebut nofollow.

Saya ubah menjadi nofollow dengan alasan tidak ingin menjerumuskan blog ini ke dalam perangkap link rusak, atau blog spammer, ladang link dan sebutan menakutkan lainnya. Karena banyak penggiat SEO bilang kalau link dengan format dofollow dalam sebuah komentar yang berlebihan jumlahnya tidak disukai Google.

Ada hal lain lagi yang juga tidak saya sukai yaitu kata-kata yang tidak ditulis dengan benar, seperti disingkat dan menggunakan kata yang bukan kata dalam bahasa Indonesia. Komentar yang mengandung kata-kata seperti ini sering bikin saya serba salah. Mau dihapus kasihan yang beri komentar (mungkin blogger pemula), mau diterbitkan tanpa diedit tidak mungkin. Sementara kalau harus saya edit tentu melelahkan.

Tetapi banyak juga komentar yang saya hapus. Biasanya komentar yang hanya berisi sangat sedikit kata, komentar yang tidak relevan dengan artikel, terlihat seperti spam, dan yang memuat lebih dari satu link.

Membuat komentar adalah salah satu cara mempromosikan blog. Anda bisa secara efektif memperkenalkan diri anda sebagai seorang dengan pengetahuan tertentu dan pengunjung yang ingin tahu lebih banyak tentang anda besar kemungkinan akan mendatangi blog anda, jadi ini adalah juga cara meningkatkan jumlah pengujung blog anda.

Bagaimana cara mempromosikan blog dengan memberikan komentar

1. Berikan komentar yang relevan dengan artikel

Terlebih dahulu anda harus baca semua kalimat dalam artikel agar bisa mengambil kesimpulan atau inti sari artikel. Setelah itu anda baru bisa mengetahui apakah anda bisa menerima apa yang saya tulis, apakah anda jadi ingin mengajukan pertanyaan, atau mungkin anda mau memberikan kritik. Tanpa membaca keseluruhan isi posting bagaimana mungkin bisa memberikan komentar yang relevan.

2. Jangan menyisipkan link dalam komentar

Terus terang yang paling saya takutkan adalah predikat sebagai spammer. Saya juga meyakini blog yang punya banyak link keluar format dofollow menuju blog yang tidak relevan, apalagi kalau ia bercitra buruk di mata Google akan berkurang nilainya.

Mungkin link yang dibuat pengunjung dalam komentar adalah salah satu cara mempromosikan blog mereka, namun saya tidak bisa dan tidak mau direpotkan oleh keharusan memeriksa link tujuan sang pemberi komentar untuk memastikan blog tujuan link berpredikat tidak buruk. Jadi langsung saja saya tambahkan attribute nofollow pada link dalam komentar. Atau bahkan saya hapus. Jadi maafkan saya dalam hal ini.

3. Jangan menyingkat kata

Kebanyakan kata yang disingkat tidak dianggab sebagai sebuah kata atau keyword sama sekali oleh Google. Kebanyakan pencari informasi melalui Google menggunakan kata yang benar dan kalau saja pencari informasi salah ketik di google, maka google seringkali akan bisa menebak apa kalimat yang dimaksudkan oleh pencari informasi.

Misal kalau Anda mengetikkan kata “bisns” di kotak pencarian google, maka google masih akan memberikan saran kata yang benar, misalnya “mungkin maksud anda adalah bisnis”.

Sementara kalau blog anda menulis kata “bisns” maka google tidak menganggab kata tersebut sebagai  “bisnis”. Jadi kata salah tulis tersebut tidak berguna sama sekali.

4. Berikan komentar yang panjang

Tidak berarti semakin panjang semakin baik, tetapi setidaknya dengan komentar yang cukup panjang menunjukkan anda tidak semata-mata ingin mendapatkan backlink.

5. Ungkapkan buah pikiran anda dalam komentar

Ini menunjukkan anda benar-benar membaca isi artikel, dan menangkap poin-poin penting. Lalu anda bisa memberikan tanggapan, baik kritik, masukan saran dan sebagainya.

Anda bisa juga menunjukkan pengetahuan anda melalui komentar yang anda berikan. Pembaca komentar anda akan bisa menilai anda sebagai seorang yang cukup ahli, lalu besar kemungkinan mereka akan tertarik membaca artikel di blog anda.

Selain dari pada itu kalimat yang mengandung keyword yang anda targetkan dan berada disekitar link menuju blog anda yang relevan  besar kemungkinan akan memberikan dampak Co-citation. Dan co-citation adalah salah satu teknik membangun link agar nampak alami. Sebagai mana diketahui bahwa backlink yang dibangun dengan cara alami disukai Google.

Demikianlah apa yang sebaiknya anda lakukan agar komentar anda bernilai dan menjadi cara mempromosikan blog anda dengan baik, karena itu tidak keburu dihapus admin blog bersangkutan. Artikel ini sekaligus juga saran kepada teman-teman blogger pengunjung blog ini untuk memberikan komentar dengan cara yang benar.

Satu opini pada “Cara mempromosikan blog melalui komentar yang baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *